Search Cars

Otomotif

EV Smart Mobility Toyota Dukung Pemulihan Wisata Bali

50 Toyota di Indonesia hadirkan Mobility Happiness melalui EV Smart Mobility di Bali. Apa saja kendaraan elektrifikasinya?

Toyota COMS

Berkomitmen untuk menghadirkan Mobility Happiness for All di perayaan ulang tahun ke 50 Toyota di Indonesia, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan pilihan produk elektrifikasi yang lengkap.

Selain itu, ada juga sebuah ekosistem yang terintegrasi bagi masyarakat luas untuk mendapatkan pengalaman baru dalam bermobilitas dengan menggunakan kendaraan elektrifikasi Toyota melalui EV Smart Mobility di The Nusa Dua, Bali.

Baca juga: Mobil Listrik Toyota C+pod Dikenalkan di Jepang

“EV Smart Mobility merupakan sebuah project besar bagi kami yang menjadi bagian penting dari perjalanan 50 tahun Toyota di Indonesia,” kata Susumu Matsuda President Director PT TAM.

EV Smart Mobility

Mempopulerkan teknologi elektrifikasi

Sejak bertransformasi menjadi perusahaan mobilitas, Toyota tidak hanya mengembangkan produk–produk terbaik namun juga mengembangkan berbagai layanan yang memberi kemudahan akses dan kenyamanan kepada masyarakat dalam bermobilitas.

Baca juga: Evolusi Premium SUV, 70 Tahun Sejarah Toyota Land Cruiser

Upaya ini dimulai dari layanan yang berbasis digital seperti Halobeng, Toyota Live Showroom, dan Toyota Virtual Expo, hingga layanan berbasis usership seperti KINTO.

Toyota juga telah turut mendukung keinginan positif pemerintah dalam mempopulerkan kendaraan elektrifikasi sejak tahun 2009 dengan memperkenalkan Toyota Prius Hybrid Electric Vehicle.

Teknologi elektrifikasi Toyota pun terus berkembang dan kini TAM memiliki 10 line-up kendaraan elektrifikasi yang terdiri dari 1 Battery Electric Vehicle (BEV), 1 Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan 8 Hybrid Electric Vehicle (HEV).

Baca juga: Unitnya Terbatas, Kini Toyota GR Yaris Sudah Bisa Dipesan

Secara total sejak awal diperkenalkan hingga Februari 2021 lalu, TAM telah membukukan penjualan kendaraan elektrifikasi lebih dari 4.000 unit, dan akan terus melakukan upaya untuk menciptakan permintaan kendaraan listrik dalam skala besar.

Toyota C+pod

Dalam rangka memperingati perjalanan 50 tahunnya di Indonesia, Toyota juga menghadirkan ecotourism yang terintegrasi dengan kendaraan elektrifikasi Toyota berteknologi (BEV) dan (PHEV).

Hal ini dilakukan sebagai bentuk realisasi dari komitmen untuk mempopulerkan teknologi serta untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap teknologi elektrifikasi.

EV Smart Mobility ini didukung oleh 13 partnership yaitu PT Astra International Tbk., Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), PT Aisin Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor, PT Denso Indonesia, PT KDDI Indonesia, PT Asuransi MSIG Indonesia, PT Panasonic Gobel Indonesia, dan PT Sugity Creatives.

Selanjutnya ada PT Toyota Astra Financial Services, Toyota Industries Corporation, PT Toyota Tsusho Indonesia, dan TCD Asia Pacific Indonesia.

Selain itu, Toyota juga bekerjasama dengan PT Serasi Auto Raya (SERA), yang akan menangani aktivitas operasional EV Smart Mobility.

Baca juga: GRMN, Mobil Berperforma Tinggi Racikan Toyota Gazoo Racing

“Kami harap EV Smart Mobility ini tidak hanya dapat mendukung program pemerintah Indonesia dalam mengembangkan kendaraan elektrifkasi, tetapi juga dapat berkontribusi terhadap lingkungan yang lebih baik,” kata Djony Bunarto Tjondro President Director PT Astra International Tbk.

Toyota COMS

Kendaraan elektrifikasi Toyota di EV Smart Mobility

Guna memberikan pilihan lengkap bagi pengguna, EV Smart Mobility menyediakan 3 line-up kendaraan elektrifikasi Toyota dengan total 30 unit yang terdiri dari 20 unit Toyota COMS (BEV), 5 unit Toyota C+pod (BEV), dan 5 unit Toyota Prius PHEV.

Toyota COMS dan Toyota C+pod dapat digunakan oleh masyarakat dan turis di dalam kawasan The Nusa Dua Bali dan sekitarnya.

Baca juga: Perbedan Label Pure GR dan GR Sport di Mobil-mobil Toyota

Sementara Toyota Prius PHEV dapat digunakan sebagai layanan airport transfer dari dan ke kawasan Bandara Ngurah Rai serta sebagai kendaraan untuk bermobilitas di wilayah Bali.

“Dengan menginisiasi ecotourism yang terintegrasi dengan produk-produk Toyota di dalam EV Smart Mobility ini, kami harap lebih banyak masyarakat yang dapat merasakan kendaraan BEV dan PHEV Toyota,” ujar Henry Tanoto Vice President Director PT TAM.

Lebih dari itu, sebagai bagian dari upaya untuk menerapkan green dan renewable energy, EV Smart Mobility juga dilengkapi dengan teknologi panel matahari atau solar panel guna memenuhi kebutuhan shelter/station untuk mengisi daya listrik pada kendaraan elektrifikasi Toyota.

EV Smart Mobility

Cara menggunakan EV Smart Mobility

Untuk dapat menggunakan layanan pada EV Smart Mobility, pengguna dapat datang langsung ke station di depan central parkir The Nusa Dua (di depan Bali Collection) atau ke station di area pintu masuk Pulau Peninsula The Nusa Dua.

Baca juga: Harga Mobil Hatchback Terbaru untuk Persiapan Lebaran 2021

EV Smart Mobility juga dapat diakses secara digital melalui aplikasi mTOYOTA dan TRAC To Go.

Toyota juga melengkapi unit Toyota C+pod dan Toyota Prius PHEV dengan fitur Digital Key sehingga pengguna dapat melakukan seluruh akses secara digital, mulai dari booking, payment, hingga akses seperti membuka dan mengunci pintu mobil dan juga menyalakan mobil hanya dengan menggunakan smartphone pengguna.

Hadirnya kemudahan digitalisasi ini, pengguna dapat menggunakan kendaraan tanpa perlu melakukan kontak langsung dengan banyak orang sehingga penerapan protokol kesehatan akan semakin baik.

“Saya senang sekali atas inisiatif Toyota berkerjasama dengan ITDC dan pihak lainnya untuk semakin meningkatkan penggunaan kendaraan ramah lingkungan di kawasan pariwisata di Nusa Dua,” tutup Gubernur Bali, Wayan Koster.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.