Fakta Menarik MotoGP Emilia Romagna 2020, Marquez Absen

Penggemar MotoGP wajib tahu 5 fakta menarik MotoGP Emilia Romagna 2020 berikut ini. Yuk simak!

MotoGP Emilia Romagna 2020

Gelaran MotoGP 2020 masih terus berlanjut. Memasuki seri ketujuh, gelaran balapan ini resmi digelar di Sirkuit Misano, Italia, pada Minggu (20/9/2020), dengan bertajuk MotoGP Emilia Romagna 2020.

Uniknya, seri Emilia Romagna sendiri merupakan yang pertama kalinya terdapat di kalender MotoGP. Tidak hanya itu, masih ada sejumlah fakta menarik lainnya pada MotoGP Emilia Romagna.

Mau tahu lebih lanjut mengenai fakta menarik MotoGP Emilia Romagna? Yuk, simak rangkumannya di bawah ini.

Marc Marquez absen, Maverick Vinales raih kemenangan perdana MotoGP 2020

Absennya Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, membuat berkurangnya lawan tangguh di MotoGP. Terbukti, Maverick Vinales berhasil merebut pole position pada kualifikasi. 

Kemudian, ia melanjutkan hasil gemilangnya dengan finis pertama di MotoGP Emilia Romagna. Vinales unggul atas Joan Mir (Suzuki Ecstar) di posisi kedua dan disusul oleh Pol Espargaro (Red Bull KTM).

Kini, Vinales mengoleksi 83 poin. Ia menyamai poin Quartararo, tetapi kalah soal jumlah kemenangan pada balapan musim ini. Baginya, kemenangan ini memberi tambahan 25 poin untuk naik ke posisi ketiga klesemen sementara pembalap.

Selain kemenangannya, Vinales juga berhasil mematahkan “kutukan” Sirkuit Misano, yaitu para pemegang pole position tidak akan keluar sebagai pemenang balapan. 

Baca juga: Daftar Pembalap dan Jadwal Lengkap MotoGP 2020

Sebagai informasi, kutukan tersebut sudah berjalan sejak 2010,  tepatnya semenjak Dani Pedrosa meraih kemenangan MotoGP San Marino melalui pole position pada musim 2010.

Pembalap Spanyol kuasai podium

Tak hanya Vinales yang berhasil naik ke podium, ada dua pembalap Spanyol lain yang juga naik podium, yaitu Joan Mir dan Pol Espargaro.

Jika tak melanggar batas trek, sebenarnya Fabio Quartararo bisa mengisi finis ketiga. Sayang, akibat pelanggaran tersebut, Quartararo mendapat penalti waktu tiga detik,  dan Pol Espargaro menggantinya di posisi ketiga.

Baca juga: Jajaran Mobil BMW yang Mengawal MotoGP, Apa Saja Serinya?

Takaaki Nakagami jadi pembalap Honda yang paling cepat

Takaaki Nakagami (LCR Honda) kembali menyelamatkan posisi Honda di Misano. Pasalnya, Nakagami Menjadi pembalap tercepat Honda dan berhasil mencapai finis terdepan.

Nakagami finis di posisi keenam, disusul adik Marc Marquez, yaitu Alex Marquez (Repsol Honda) yang mengakhiri balapan di urutan ketujuh.

Baca juga: Intip Koleksi Mobil Mewah Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan Valentino Rossi

Pencapaian ini membuat Nakagami berhasil menunjukkan konsistensinya yakni dengan selalu finis di 10 besar dari tujuh seri MotoGP 2020 yang sudah digelar.

Andrea Dovizioso masih puncaki klasemen

Meski hanya sanggup finis kedelapan dan gagal meraih podium pada MotoGP Emilia Romagna 2020, namun pencapaian tersebut sudah cukup bagi Andrea Dovizioso (Ducati) untuk mempertahankan posisi puncak klasemen.

Dovizioso bertengger di puncak klasemen MotoGP 2020 kategori pembalap dengan koleksi 84 poin. Akan tetapi, perolehan poin Dovi mulai didekati oleh Fabio Quartararo, dan Maverick Vinales.

Quartararo menempati peringkat kedua, sedangkan Vinales yang mengoleksi poin sama tetapi kalah jumlah kemenangan berada di posisi ketiga klasemen MotoGP 2020.

Baca juga: Deretan Mobil Keren yang Siap Ngebut di Fast and Furious 9

Valentino Rossi dan 6 pembalap lain gagal finis

Nasib baik tak berpihak pada Rossi dan enam pembalap lainnya pada MotoGP Emilia Romagna 2020. Pasalnya, Rossi gagal finis pada balapan MotoGP Emilia Romagna 2020 setelah mengalami kecelakaan pada lap ke-17.

Rossi yang memulai balapan dari urutan ketujuh menjadi pembalap pertama yang mengalami crash. Ia terjatuh pada lap kedua di Tikungan 4. Meski sempat melanjutkan balapan, ia akhirnya menutup gas motornya pada lap ke-17.

Selain itu, beberapa pembalap lainnya juga mengalami kegagalan, yakni Aleix Espargaro (Aprilia), Francesco Bagnaia (Pramac Racing), Tito Rabat (Esponsorama Racing), Iker Lecuona (KTM Tech 3), Jack Miller (Pramac Racing), dan Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing). 

Baca juga: Buka-bukaan Gaji Pembalap MotoGP 2019, Siapa Paling Tinggi?

Bukan cuma 5 fakta di atas, ada hal lain yang siap menyambut kamu di gelaran MotoGP Catalunya 2020.

Pembalap veteran asal Italia Valentino Rossi disebut akan mengumumkan peresmian kepindahannya ke Petronas Yamaha untuk musim 2021 pada Kamis (24/9) pekan ini waktu setempat.

Rossi melakukan tanda tangan kontrak baru dengan tim Petronas Yamaha di Tavullia, sebuah daerah di mana rumah Valentino Rossi berada, yang jaraknya sekitar 10 km dari sirkuit Misano.

Momen penting dalam perjalanan karier pembalap senior tersebut rencananya akan diumumkan sebelum MotoGP Catalunya di Sirkuit Barcelona.

Lalu, menurut rumor yang beredar, Rossi hanya akan memandatangani kontrak 1 tahun. Setelah itu, Rossi pensiun dari MotoGP.

Namun itu masih sekedar rumor. Bagaimana kelanjutannya? Ikuti terus perkembangan MotoGP ya.