Etika Naik Pesawat Terbang yang Harus Dipahami

Naik pesawat memang menyenangkan dan cenderung lebih cepat. Sebelum menggunakan pesawat, Anda perlu ketahui dulu etika naik pesawat terbang, di antaranya seperti berikut.

 Transportasi udara menjadi moda kendaraan yang paling diandalkan saat melakukan perjalanan jauh. Ketika naik pesawat, perjalanan akan lebih cepat karena terhindar dari rutinitas transportasi darat, kemacetan.

 

Selain itu, perjalanan naik pesawat terbang juga terbilang cukup nyaman. Setiap penumpang dapat memilih tempat duduk maupun tipe ruangan yang diinginkannya. Belum lagi fasilitas yang disediakan di setiap maskapai pun diklaim mampu memberikan pelayanan istimewa kepada para penumpang.

 

Meski terlihat lebih unggul dari transportasi lain, ternyata ada aturan yang perlu Anda penuhi. Aturan tersebut berkaitan dengan prosedur atau etika naik pesawat yang sedapat mungkin dipahami.

Bagasi kabin punya semua orang

Perjalanan naik pesawat kurang lebih sama dengan perjalanan darat. Banyak orang yang mempersiapkan perjalanannya matang-matang, mulai dari mempersiapkan bekal perjalanan, baju, hingga pernak-pernik lain yang dibawa ke koper masing-masing.

 

Baca juga: Bandara Terunik Di Dunia yang Punya Fasilitas Mewah

 

Sebelum Anda menggunakan pesawat, perkirakan dulu jumlah dan besaran barang yang akan dibawa. Pasalnya, bila Anda membawa banyak barang, Anda mungkin saja akan mengurangi luas bagasi kabin penumpang lainnya.

 

Sedapat mungkin pilih lebih dulu barang-barang yang akan Anda taruh di dalam bagasi kabin. Jangan sampai barang bawaan Anda mengurangi jatah bagasi penumpang lain, ya. Karena bagasi kabin pesawat merupakan hak bersama yang harus digunakan bersama-sama.

 

Jangan membawa yang dilarang

Terkait mekanisme membawa barang bawaan di atas, sebenarnya ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Salah satunya seperti perihal membawa barang yang berbau dan hewan peliharaan.

 

Apabila Anda ingin liburan naik pesawat dan hendak mengajak hewan kesayangan, Anda perlu mengetahui lebih dulu prosedur dalam membawa hewan peliharaan ke pesawat. Anda bisa mencari informasi seputar aturan membawa hewan peliharaan di setiap maskapai.

 

Baca juga: Simpel, Ini Cara Packing Banyak Barang yang Mudah Dilakukan

 

Karena setiap penumpang yang membawa hewan peliharaan ke dalam pesawat dapat dikenai biaya tambahan atau diharuskan melengkapi dokumen terkait hewan peliharaannya masing-masing.

Hargai hak sesama penumpang

Tak jauh berbeda dengan aturan umum di transportasi lainnya, ketika Anda naik pesawat, privasi sesama penumpang adalah hal penting yang perlu dijaga dan tak boleh dilanggar.

 

Terlebih mengenai batasan kursi yang digunakan. Setiap penumpang yang duduk di dekat jendela berhak atas pemandangan ekslusif dari luar jendela dan penumpang yang duduk di tengah berhak atas dua armrest di kedua tangannya.

 

Sebisa mungkin jaga sikap dan gerak-gerik Anda agar tidak mengganggu kenyamanan penumpang lain. Karena, pernah ada beberapa kasus yang viral di dunia maya soal terganggunya kenyamanan penumpang pesawat akibat sikap salah seorang penumpang yang membawa makanan berbau dan anak kecil yang menangis dalam pesawat.

Dokumentasikan foto seperlunya

Mengabadikan gambar maupun video saat naik pesawat terbang memang menjadi kegiatan yang menarik. Anda bisa mendapatkan foto yang instagramable dan dapat menjadi kenangan tersendiri yang mengingatkan Anda akan sebuah perjalan.

 

Baru-baru ini hadir larangan untuk mengambil foto saat naik pesawat, karena beredarnya foto yang dianggap merugikan pihak maskapai tersebut.

 

Dengan demikian, untuk menghindari itu, ada baiknya Anda mendokumentasikan foto-foto yang tidak merugikan orang lain maupun pihak maskapai, seperti foto diri sendiri atau pemandangan di luar pesawat.

 

Jadi, agar perjalanan Anda lebih menyenangkan sedapat mungkin penuhi etika naik pesawat terbang seperti di atas, ya. Selamat liburan.