Catat Agenda Ini Sebelum Traveling di Bulan Maret 2019

04 March 2019

Selama Maret 2019 ada banyak festival yang digelar di Indonesia. Sayang jika terlewatkan. Catat agenda festival Maret 2019 yang wajib dihadiri!

agenda festival maret 2019

Indonesia sejak dulu sudah dikenal memiliki berbagai acara serta festival yang menarik. Tujuannya adalah untuk mengenalkan budaya dan adat dari masing-masing daerah, serta menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

 

Indonesia memiliki 34 provinsi dengan suku, agama, budaya, ras, adat, dan bahasa yang beragam. Tidak heran bila daerah memiliki festivalnya masing-masing. Jangan bingung, semuanya dirangkum dalam 100 Calendar of Events 2019.

 

Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya mengungkapkan, 100 Calendar of Events 2019 tercipta atas prakarsa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Presiden menginginkan agar Indonesia mempunyai event yang berkualitas dan berstandar internasional sehingga dapat menarik kunjungan wisatawan.

 

Berikut agenda festival Maret 2019 yang wajib dihadiri.

Java Jazz Festival 2019

Java Jazz Festival 2019 diselenggarakan pada 1-3 Maret 2019 di Jakarta International Expo (JiExpo), Kemayoran, Jakarta. Ada ratusan musisi jazz dari dalam maupun luar negeri yang memeriahkan pesta musik yang telah digelar sejak tahun 2005 ini.

 

Dari keterangan persnya, Java Jazz Festival 2019 akan menampilkan sederet musisi, baik dari dalam negeri dan mancanegara.

 

Musisi dalam negeri yang bakal meramaikan Java Jazz Festival 2019 antara lain Addie MS & Twilite Orchestra Feat. Lea Simanjuntak & Bob James, Afgan, Akustik Tohpati feat. Sheila Majid, Andien, Barry Likumahuwa Tribute to Roy Hargrove, Dewa Budjana feat. Mohini Dey & Soimah, Endah N Rhesa Extended, Hanin Dhiya, Harvey Malaihollo & The Millennials Sing Motown, Kunto Aji, Maliq & D’Essentials feat. Lala Karmela, Sheryl Sheinafia, Rizky Febian, Teddy Adhitya, The GROOVE, Yura Yunita, hingga ZAD (Zendhy Kusuma, Andra Ramadhan, Denny Chasmala).

 

Sementara untuk artis mancanegaranya antara lain TOTO, H.E.R, Raveena, Allen Hinds & L.A. Super Soul, GoGo Penguin, Harvey Mason featuring Dira Sugandi, James Vickery, Kneebody, Michael Manson feat. Nima Ilayla, Nathan East Band of Brothers, The Funky Knuckles, The Soul Rebels, The Suffers, Tony Monaco Trio, Zsolt Botos, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Festival Teluk Jailolo

Festival Teluk Jailolo merupakan sebuah festival rakyat Halmahera Barat yang melibatkan atraksi budaya yang dikombinasikan dengan kekayaan serta keindahan alam. Festival Teluk Jailolo diadakan setiap tahun oleh Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat.

 

Festival tahunan ini bertujuan untuk membangkitkan kembali kejayaan Halmahera sebagai ibukota rempah-rempah dunia, dan mempromosikan kekayaan alam dan budaya pulau itu.

 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, fitur yang paling menarik dari festival ini adalah pertunjukan seni kontemporer, yang menggabungkan unsur-unsur musik dan tarian tradisional yang akan dipertunjukkan di atas panggung besar yang mengapung di atas laut.

 

Pada 2019 ini, Festival Teluk Jailolo diadakan pada 3-5 Maret 2019 dengan menggelar Sasadu on The Sea, Gelar Kuliner Tradisional, dan Panggung Seni Budaya Moloku Kie Raha yang menyajikan berbagai seni budaya Maluku Utara, hingga Sigofi Ngolo atau ritual pembersihan laut yang dilakukan oleh masyarakat setempat yang melibatkan mempersembahkan sesaji kepada alam.

agenda festival maret 2019

Horas Samosir Fiesta

Berlokasi di Pulau Samosir yang berada di jantung Danau Toba, Sumatera Utara.

 

Danau Toba sendiri adalah danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara yang tengah didaftarkan dalam Jaringan Taman Bumi Global UNESCO ini terbentuk karena proses yang menarik, yaitu letusan supervulkan puluhan ribu tahun yang lalu yang menyebabkan kematian massal, kepunahan pada beberapa spesies makhluk hidup, dan – walau masih diperdebatkan – terjadinya zaman es.

 

Tidak heran bila nama Danau Toba mendunia, tak terkecuali Pulau Samosir yang ada di dalamnya.

 

Horas Samosir Fiesta 2019 ini menampilkan pertunjukan musik, festival budaya, Kompetisi Olahraga-Pariwisata, dan banyak lagi. Selain itu ada juga tiga acara internasional utama, seperti Samosir Music International Festival, Gran Fondo New York (GFNY) Championship Asia, dan Samosir Lake Toba Ultra Marathon.

 

Lewat acara-acara berstandar internasional, Horas Samosir Fiesta ini sukses mendatangkan ribuan wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri.

agenda festival maret 2019

Bali Spirit Festival

Bali Spirit Festival (BSF) merupakan sebuah selebrasi yang menggabungkan yoga, musik, dan tari. Tahun ini, Bali Spirit Festival akan berlangsung pada 24-31 Maret 2019.

 

Digelar sejak 2008, festival yang berlangsung lima hari di Bali Purnati, Ubud ini merayakan kekayaan budaya melalui yoga, ritual penyembuhan, meditasi, dengan hiburan berupa tarian dan musik new age.

 

Untuk acara musik, Bali Spirit Festival sendiri masuk dalam rangking Asia’s Top 6 Music Festival versi Travel Wire. Musisi yang hadir pun tidak hanya dari negeri sendiri tapi juga menghadirkan lebih dari 100 musisi lintas negara.

 

Sebagai salah satu festival yoga terbaik di dunia, Bali Spirit Festival tak hanya menampilkan nama-nama terkemuka di dunia yoga, namun juga mengenalkan musik Tradisional Bali.

 

Ada juga latihan capoeira bersama, meditasi, hingga seminar tentang gizi dan kesehatan. Keluarga pun dapat mengajak anak-anak mengikuti sejumlah aktivitas seperti yoga anak yang mulai banyak peminatnya.

 

Berminat? Tiket Bali Spirit Festival 2019 sudah bisa dipesan melalui www.balispiritfestival.com.

agenda festival maret 2019

Exciting Banten on Seba Baduy

Exciting Banten on Seba Baduy merupakan bentuk penguatan dan upaya untuk terus mengembangkan kebudayaan Banten yang kaya.

 

Tahun 2018 lalu, Pemerintah Provinsi Banten menyambut ribuan warga Baduy yang membanjiri Kota Serang.

 

Tahun ini, berbagai atraksi seni budaya pun sudah disiapkan untuk wisatawan. Pasti banyak keseruan dengan menyaksikan langsung tradisi Seba Baduy. Lebih dari itu wisatawan akan melihat gambaran keteguhan dan kesederhanaan dari sikap dan penampilan masyarakat adat Baduy atau yang sering disebut Urang Kanekes ini.

 

Ya, Seba Baduy adalah waktu dimana warga masyarakat Suku Baduy “turun gunung” dari desanya untuk mengunjungi Bapak Gede (Gubernur Banten) dengan membawa hasil bumi pisang, sayuran, dan gula merah sebagai tanda pengakuan dari masyarakat adat Baduy.

 

Exciting Banten on Seba Baduy digelar tanggal 24 hingga 31 Maret 2019. Konon, Exciting Banten on Seba Baduy telah berlangsung ratusan tahun dan kini telah jadi agenda rutin setiap tahun.

 

Kapan lagi membaur dengan Suku Baduy di tengah kota?

Bangka Culture Wave

Bangka Cultural Wave Festival atau Festival Kebudayaan dan Alam Bangka ini telah diselenggara sejak tahun 2015 di Kota Sungailiat dalam bentuk pertunjukan berjalan. Dengan tema yang berbeda beda, mulai dari Naga Penyu, Akademi Budaya ChengHo Dunia (ABCD) hingga Ibu Bumi.

 

Bangka Cultural Wave Festival 2019 berlangsung sekitar dua minggu, mulai 24 Maret 2019 hingga 5 April 2019 dan diisi dengan pertunjukan seni, pameran, pelepasan penyu, bazar, pertemuan komunitas, dan parade lampion.

 

Untuk semakin memeriahkan acara ini, panitia akan menyelenggarakan pertunjukan musik tari yang dilakukan oleh seniman terbaik dari lokal, domestik dan luar negeri.

 

Bangka Cultural Wave Festival 2019 juga menjadi sebuah kegiatan dalam menyambut perayaan Sembahyang Kubur (Ceng Beng) yang dirayakan masyarakat Tionghoa.

 

Bangka memang sangat eksotis. Bukan hanya pantainya, kulinernya juga enak. Ditambah lagi dengan keunikan danau kaolin.

 

Transportasi menuju ke Kota Sungailiat juga mudah karena akses darat sangat lancar. Lama perjalanan sekitar 1 jam. Kelebihannya, jalan darat ini akan menyajikan view pantai yang eksotis.

 

Menarik ya?!

agenda festival maret 2019

Tour de Bintan

Tour de Bintan  adalah ajang balap sepeda berstandar internasional yang menggabungkan olahraga dan pariwisata.

 

Tiap tahunnya terdapat beberapa nomor kompetitif yaitu, The Double (250 kilometer), The Classic (150 kilometer), dan The Challenge (82 kilometer).  Sedangkan Criterium merupakan nomor yang menawarkan sensasi rekreasi bersepeda sambil mencari tantangan baru pada jalur 3,4 kilometer. Untuk nomor kompetitif terbagi menjadi empat kategori: kategori 1, 2 dan 3 untuk pria, serta kategori wanita.

 

Untuk ke-sembilan kalinya, Tour de Bintan 2019 akan diselenggarakan pada 29 Maret 2019 hingga 31 Maret 2019 di Bintan Lagoon Resort.

 

Untuk tahun ini, Tour de Bintan terbagi atas lima kategori.  Pertama adalah Individual Time Trial 17 Kilometer pada 29 Maret 2019. Kedua, pada 30 Maret 2019, Kategori Gran Fondo Classic 140 Kilometer.

 

Ketiga, pada 30 Maret 2019 pula, Gran Fondo Challenge 82 Kilometer. Seluruh kegiatan pertama hingga ketiga berlokasi di area Terminal Simpang Lagoi. Selanjutnya, kategori keempat dan kelima adalah Kategori Gran Fondo Century 108 Kilometer dan Gran Fondo Discovery 55 Kilometer pada 31 Maret 2019 di kawasan Bintan Lagoon Resorts.

 

Suka olah raga sekaligus wisata? Yuk daftar di www.tourdebintan.com.

 

Mumpung masih banyak waktu, jangan lupa beli tiket dan meriahkan agenda festival Maret 2019, yuk!

Author

Sing with me, sing for the year. Sing for the laughter and sing for the tear. Sing with me, it's just for today. Maybe tomorrow the good Lord will take you away. - Dream On, Aerosmith -

SHARE