Cara Mudah Menghilangkan Panik Saat Belajar Mengendarai Mobil Manual

By Ferdi Julias - Desember 12, 2019

Tidak perlu panik, ada beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk belajar mengendarai mobil manual.

mobil manualSebagian orang mungkin masih merasa bingung dan grogi saat mengendarai mobil manual, apalagi bagi yang masih belajar. Ketakutan akan resiko-resiko yang terjadi membuat rasa panik mengendari mobil manual semakin tinggi.

 

Tetapi, jangan jadikan hal tersebut sebagai halangan untuk belajar mengendarai mobil manual. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir rasa panik dan takut ketika berkendara.

 

Untuk lebih jelasnya, dapat Anda simak di bawah ini yang mungkin dapat membantu Anda belajar mengendarai mobil manual.

 

Atur posisi tempat duduk

Mengatur posisi tempat duduk merupakan sesuatu yang penting ketika berkendara. Pertama-tama adalah atur ketinggian jok sehingga Anda memiliki pandangan yang cukup luas. Sesuaikan ketinggian jok dengan kebutuhan Anda agar pandangan tidak terhalang dashboard.

 

Baca juga: Cara Merawat dan Menjaga Jok Mobil Berdasarkan Jenis Bahan Pelapis

 

Lalu, sesuaikan jarak jok dengan pedal gas, rem, dan kopling. Jangan sampai posisi jok terlalu jauh sehingga Anda kesulitan ketika ingin menginjak pedal-pedal tersebut. Aturlah jarak tempat duduk sesuai dengan kebutuhan Anda agar dapat berkendara secara optimal.

 

Selanjutnya perhatikan sandaran jok Anda, apakah sudah membuat Anda nyaman atau belum. Hal ini sepertinya terlihat sepele, tapi sangat bermanfaat ketika mobil berakselerasi, karena punggung merupakan bagian penopang tubuh yang akan merasakan sesuatu pada saat berkendara.

 

Posisi duduk yang tepat akan membuat Anda nyaman di dalam mobil. Jadi, jika Anda sudah merasa nyaman, kepanikan saat menyetir pun otomatis akan berkurang.

 

Pahami fungsi dari berbagai alat yang ada

Berbagai fungsi dari alat-alat yang berada di kabin wajib dipahami oleh pengendara agar tidak salah saat menggunakannya. Untuk itu, pahami berbagai pedal yang terdapat di bawah. Pedal yang paling kanan adalah pedal gas, lalu pedal tengah adalah rem, dan yang paling kiri adalah pedal kopling.

 

Baca juga: 6 Fitur Canggih di Mobil yang Jarang Digunakan

 

Tepat di sebelah kiri Anda, terdapat tuas transmisi dan rem tangan (rem parkir). Tuas transmisi berguna untuk mengatur tenaga serta kecepatan mobil, sedangkan rem tangan merupakan alat yang digunakan saat Anda berhenti atau parkir.

 

Selain alat-alat tersebut, pahami juga berbagai macam fitur yang dapat membantu Anda dalam berkendara, seperti Electronic Stability Control (ESC), cruise control, dan lain-lain. Lalu, lakukan percobaan pada semua alat dan fitur agar Anda lebih memahami bagaimana cara penggunaannya.

 

Jalankan perlahan

Apabila sudah mengatur tempat duduk dan memahami fungsi fitur pada mobil, sekarang saatnya Anda mencoba untuk menjalankan mobil. Caranya adalah dengan menginjak kopling, lalu masukkan gigi satu.

 

Setelah itu, turunkan rem tangan dan lepas kopling pelan-pelan bersamaan dengan menginjak pedal gas. Berbeda dengan mengendarai mobil matik, Anda hanya perlu menurunkan rem tangan dan injak gas perlahan.

 

Jika masih grogi melakukannya, Anda dapat mendengarkan musik yang disukai di mobil atau hal lainnya yang dapat menghilangkan rasa panik, asalkan tidak mengganggu fokus Anda ketika berkendara.

 

Belajar dengan profesional

Belajar dari seorang profesional yang ahli dalam bidang mengemudi sepertinya solusi paling tepat untuk menghindari panik, karena pengajar profesional sudah sangat memahami bagaimana menangani pengemudi pemula yang biasanya takut untuk memulai.

 

Baca juga: Panduan Menjaga Jarak Kendaraan Saat Mengemudi

 

Untuk itu, bagi Anda yang ingin mendapatkan teknik mengemudi dari pengajar profesional, ada baiknya untuk mengikuti kursus menyetir mobil. Selain pengajar yang sudah profesional, mobil di kursus mengemudi sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga lebih aman digunakan untuk belajar.

 

Perbanyak jam terbang

cara mengemudi salahTerakhir adalah perbanyak jam terbang dengan cara melakukan banyak latihan. Jika sudah terbiasa, rasa grogi pasti akan hilang denga sendirinya. Anda dapat melakukan latihan sendiri dengan mengendari mobil di tempat sepi dan luas, misalnya di lapangan, parkiran, atau tempat lainnya.

 

Namun, apabila masih tidak pede, mintalah bantuan dari teman atau saudara yang sudah akrab dengan Anda untuk mendampingi. Tentunya mereka juga sudah harus mahir dalam mengemudi, jadi dapat menolong Anda saat kebingungan.

 

Semoga tips di atas dapat bermanfaat serta membantu Anda untuk menghilangkan rasa grogi saat belajar mengemudi. Oiya, lakukan di tempat yang aman ya agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain. Selamat belajar!

Berita Terkait

Author