BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition Meluncur di Indonesia

Meluncurkan dua mobil yang kencangnya identik dalam satu waktu sekaligus, ini dia impresi pertama BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition.

BMW X4 M Competition dan BMW X4 M Competition

BMW Group Indonesia tidak pernah berhenti meluncurkan produk-produk terbaiknya. Seperti pada hari ini (16/7), melalui aplikasi video conference yang disiarkan langsung dari BMW M-Town, Jakarta, ada dua mobil yang dilucurkan dan kencangnya identik.

“Akhirnya, inilah penampilan perdana dua mobil sport yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh penggemar BMW M di seluruh Indonesia!” jelas Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

Dua mobil tersebut adalah BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition. Keduanya masing-masing masuk dalam Sports Activity Vehicle (SAV) dan Sports Activity Coupé (SAC).

BMW X4 M Competition dan BMW X4 M Competition

Sebagai informasi, M atau divisi M pada BMW berdiri pada tahun 1972. Pada awalnya divisi M bernama BMW Motorsport GmbH. Divisi ini memiliki tugas untuk meracik mobil-mobil BMW agar siap untuk tempur di arena balap.

Baca juga: Berapa Harga BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition?

Perlu diketahui, semua BMW Seri M sudah melewati serangkaian tes, salah satunya adalah tes kecepatan dan ketahanan di fasilitas milik BMW di Nürburgring, Jerman. Termasuk juga untuk BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition.

Lantas bagaimana impresi keduanya dan berapa harganya? Simak impresi BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition dari Seva.id.

BMW X4 M Competition dan BMW X4 M Competition

Kencang identik

Sebagai penyandang gelar M dan Competition tentu performa mesin adalah andalan dari BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition.

Keduanya memiliki tenaga yang luar biasa, hingga 510 daya kuda dengan torsi puncak 600 Nm antara 2.600 dan 5.950 RPM.

Lalu, dua mobil ini mampu melesat dari 0 hingga 100 kilometer per jam hanya dalam waktu 4,1 detik saja. Sedangkan kecepatan maksimalnya adalah 250 kilometer per jam yang diatur secara elektronik, dan konsumsi bahan bakarnya 13,5 kilometer per liter.

BMW X4 M Competition dan BMW X4 M Competition

Di Nürburgring, baik BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition dapat mencatat waktu 7,58 menit. Performa tersebut didapat dari penggunaan mesin baru S58 yang merupakan hasil dari pengembangan mesin sebelumnya, S55.

Mesin berkapasitas 3.000 cc enam silinder segaris ini dipadukan dengan inovasi terbaru dari teknologi BMW M TwinPower Turbo yang hadirkan dua turbocharger mono-scroll.

Baca juga: BMW 320i Touring M Sport, Station Wagon untuk Dikoleksi

Teknologi injeksi High-Precision terbaru juga meningkatkan tekanan injeksi maksimum, dari 200 bar hingga 350 bar, yang memungkinkan campuran ruang bakar dengan sangat efisien. Paket teknologi ini dibulatkan oleh VALVETRONIC valve timing variabel penuh serta Double-VANOS variable camshaft timing.

BMW X4 M Competition dan BMW X4 M Competition

Pengendalian yang optimal

Mesin performa tinggi yang baru ini bekerja sama dengan transmisi Steptronic M delapan percepatan dengan Drivelogic dan menggunakan sistem all-wheel-drive M xDrive terbaru.

M xDrive dan Active M Differential di gandar belakang memungkinkan sistem all-wheel-drive BMW untuk membagi tenaga dari mesin antara keempat roda sesuai kebutuhan sehingga menghasilkan traksi, kelincahan dan stabilitas arah yang optimal.

Baca juga: Keunggulan Teknologi dan Fitur BMW di X Series

Lalu, mobil akan tetap stabil bila dipacu pada kecepatan tinggi berkat BMW M-specific steering (dengan M Servotronic dan variable-ratio) serta rem BMW M compound brakes yang kuat.

Sistem kontrol suspensi dan berbagai mode berkendara BMW M xDrive, karakteristik mesin dan transmisi serta set-up steering dapat diatur dengan satu sentuhan tombol.

Sistem DSC (Dynamic Stability Control) juga memungkinkan putaran slip roda yang dikendalikan dalam M Dynamic Mode dan juga dapat dimatikan.

BMW X4 M Competition dan BMW X4 M Competition

Eksterior sesuai selera

Beralih ke bagian eksterior, BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition bisa dipilih sesuai selera.

Meski begitu, keduanya tetap membawa aksen eksklusif dengan bentuk High-gloss Black untuk kidney grille surround BMW, tutup spion khas, gills BMW M, dan spoiler belakang atau duck tail di BMW X4 M Competition.

Baca juga: All New BMW X6, Si Buas yang Tampil Unik dan Elegan

Pada bagian kaki-kaki, pelek ringan BMW M berukuran 21 inci V-spoke style 765 M dalam warna Bi-color high-sheen atau Jet Black menopang bodinya yang kekar.

BMW X4 M Competition dan BMW X4 M Competition

Sistem penerangan full LED

Penerangan di kedua mobil ini juga sudah full LED dengan pancaran sinar khas BMW yang tegas. LED adaptif dengan distribusi cahaya variabel, lampu cornering, dan BMW Selective Beam untuk lampu jauh yang tidak menyilaukan.

Setelah itu, untuk menunjukkan kesan sporty, terpampang sepasang muffler kembar di tiap sisinya pada bagian belakang mobil.

Bagi yang berjiwa petualang, tentu BMW X3 M Competition Sports Activity Vehicle (SAV) tentu bisa jadi pilihan tepat. Sedangkan untuk yang berjiwa dinamis, BMW X4 M Competition sebagai Sports Activity Coupé (SAC) adalah pilihannya.

BMW X4 M Competition dan BMW X4 M Competition

Interior khas BMW M

Masuk ke dalam mobil, jok berdesain M Sport bucket-style dapat disetel secara elektrik dengan berbalut leather Merino yang dapat dipilih dalam varian black atau varian dua warna, yaitu Sakhir Orange/Black dan Adelaide Grey/Sakhir Orange.

Baca juga: Keistimewaan Edisi Terbatas BMW M5 Edition 35 Years

Pelapis leather Merino dalam skema warna baru Midrand Beige/Black dengan aplikasi Alcantara tersedia secara eksklusif untuk dashboard dan doortrim BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition.

Kokpit khusus berdesain khas BMW M dengan BMW M leather steering wheel, dan gearshift BMW M menciptakan suasana sporty dan mewah.

BMW X4 M Competition dan BMW X4 M Competition

Walaupun interiornya tampak sangat terfokus pada pengalaman berkendara yang sporty, tapi versatilitas yang diasosiasikan dengan semua model BMW X tetap dipertahankan.

Kenyamanan pun tercipta di jok belakang dengan pengaturan reclining serta dapat dilipat dengan konfigurasi 40:20:40, sehingga memungkinkan kapasitas bagasi ditingkatkan hingga maksimum 1.600 liter di BMW X3 M Competition dan 1.430 liter di BMW X4 M Competition.

Baca juga: Impresi Pertama Mobil SAV BMW Termegah, BMW X7

Kesan lapang tercipta berkat penggunaan atap panoramic dan penerangan interior atmosferik disediakan oleh pencahayaan ambien standar, yang menawarkan enam pilihan warna dan dapat diaktifkan melalui menu iDrive.

Nah, kamu suka yang mana, BMW X3 M Competition atau BMW X4 M Competition?