Berpotensi Penyakit, Barang Ini Jangan Dipinjamkan ke Teman

 Benda yang tak boleh dipinjamkan kepada orang lain

Banyak di antara kamu yang mungkin masih sering sharing sesuatu kepada teman, contohnya sharing makan bahkan sampai meminjam barang-barang yang sifatnya pribadi.

 

Meskipun meminjam barang kadang bisa menunjukkan rasa solidaritas, tetapi ada juga, lho, beberapa benda yang tak boleh dipinjamkan kepada orang lain, termasuk ke teman. Alasannya sederhana. Sebab, bertukar benda dengan teman bisa berisiko terhadap penularan penyakit.

 

Lantas, benda apa saja yang tak boleh dipinjamkan kepada teman?

 

Earphone

Mungkin buat sebagian orang earphone adalah teman. Kamu selalu membawanya ke mana-mana. Bahkan, jika sehari tanpa earphone, rasanya kegiatan kamu menjadi tak seru.

 

Akan tetapi, jika melihat pada penggunaannya, pemakaian earphone memang lebih dikhususkan untuk telinga pribadi saja. Saat earphone dipinjamkan kepada orang lain, earphone bisa menjadi perantara bakteri sehingga bisa menyebabkan infeksi saluran telinga atau pun gangguan pendengaran.

 

Hal itu disebabkan juga oleh kebersihan telinga masing-masing pengguna maupun bakteri yang ada dan mengendap di dalam jaringan katup earbud.

 

Make up

Buat sebagian perempuan memang terkesan wajar jika memakai make up bersama-sama. Bahkan, ada juga di antara kamu yang tak masalah jika harus sharing lipstik maupun lip gloss dengan teman. Akan tetapi, baik lipstik maupun lipgloss ternyata tak boleh dipakai bersama-sama.

 

Pemakaian lipstik secara bersama dengan orang lain pun bisa memicu risiko penyakit tertular, lho, seperti Herpes Labialis. Penyakit itu bisa dibawa melalui aliran darah yang ada di bibir masing-masing pengguna.

 

Jadi, coba dipikirkan kembali saat mau meminjamkan lipstik kepada teman, ya.

 

Sisir

Benda yang tak boleh dipinjamkan kepada orang lain berikutnya adalah sisir. Sisir juga bisa menjadi benda yang menyebabkan penyakit bila dipakai bersama-sama.

 

Hal itu bisa disebabkan oleh bersih atau tidaknya kepala orang yang menggunakan sisir itu. Bila kamu meminjamkan sisir kepada orang lain, yang katakan saja sedang terinfeksi penyakit kulit, kamu juga bisa terinfeksi penyakit kulit tersebut. Misalnya kurap atau bahkan kutu rambut.

 

Untuk itu, demi menjaga kesehatan kepala, ada baiknya kamu tetap stay healty dengan tak sembarangan berbagi sisir kepada orang lain.

 

Gunting kuku

Meski kadang kita berpikir kalau gunting kuku tidak berpotensi menimbulkan infeksi penyakit, tetapi ternyata tak demikian. Gunting kuku juga bisa menimbulkan risiko mengantar bakteri jamur kuku. Terlebih bila penggunaan gunting kuku dilakukan secara bergantian dengan orang lain.

 

Ditambah lagi, jika setelah selesai memakai gunting kuku, ada baiknya sisa-sisa kuku yang telah dipotong itu harus segera dibersihkan. Jangan biarkan sisa kuku berceceran di lantai. Sebab, bila sisa kuku dibiarkan berserakan, kuku dapat berkembang biak menjadi jamur.

 

Demi meminimalisasi hal tersebut, sedapat mungkin benda ini tidak digunakan bersama dan pakaiannya pun harus rapi.

 

Nah, setidaknya itulah beberapa benda yang tak boleh kamu pinjamkan kepada orang lain.  Khusus untuk earphone, lipstick, bahkan sisir yang biasa dipinjamkan kepada teman saat perjalanan pun sedapat mungkin jangan dilakukan. Hal itu dilakukan agar perjalananmu makin menyenangkan. Yuk, tetap utamakan kesehatan!