Benarkah Pewangi Helm Bisa Membunuh Virus Corona?

By rekaharnis - May 20, 2020

Pewangi helm dapat menjadi alternatif untuk membunuh virus corona. Benarkah demikian?

pewangi helm

Sejak munculnya wabah virus corona di Indonesia, berbagai cara dilakukan agar terhindar dari virus ini. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan tubuh dan benda-benda di sekitar.

Hal ini membuat beberapa barang mendadak langka di pasaran, salah satunya adalah desinfektan. Cairan ini banyak digunakan untuk mencegah penularan virus dan bakteri.

Tingginya kebutuhan akan desinfektan, membuat Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia melakukan riset, untuk mencari alternatif dari senyawa kimia tersebut.

Dikutip dari laman resmi LIPI, ada beberapa produk yang bisa dijadikan alternatif sebagai pengganti cairan desinfektan. Menurut data LIPI,  ada beberapa produk rumah tangga yang mengandung konsentrasi bahan aktif dan sesuai untuk desinfeksi. Bahan aktif tersebut terbukti efektif melawan virus corona berdasarkan dari studi literatur yang dilakukan.

Baca juga: Cegah Corona dengan Membersihkan Interior Mobil Secara Mandiri

Jika produk desinfektan yang aktif terhadap virus corona tidak tersedia, produk desinfektan lain yang memiliki aktivitas virucidal terhadap virus berselimut (enveloped virus) juga dapat digunakan.

Setidaknya, ada 11 bahan aktif yang bisa digunakan untuk campuran disinfektan, di antaranya adalah Accelerated hydrogen peroxide (0.5%), Benzalkonium chloride/quaternary ammonium/alkyl dimethyl benzyl ammonium chloride (0.05%), Chloroxylenol (0.12%), dan Ethyl alcohol atau ethanol (62-71%).

Selain itu, ada juga Iodine in iodophor (50 ppm), Isopropanol atau 2-propanol (50%), Pine oil (0.23%), Povidone-iodine (1% iodine), Sodium hypochlorite (0.05 – 0.5%), Sodium chlorite (0.23%), dan Sodium dichloroisocyanurate (0.1-0.5%).

Berdasarkan data yang dihimpun Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, salah satu produk yang bisa dijadikan alternatif sebagai pengganti desinfektan adalah produk pewangi helm.

Berita Terkait

Author