Beli Mobil Baru Atau Mobil Bekas? Ini Keuntungannya

23 August 2017

Prosesi membeli kendaraan baru merupakan hal paling menyenangkan. Ya, banyak keuntungan ketika membeli mobil dalam kondisi baru ketimbang meminangnya dalam keadaan bekas pakai (second).

 

Salah satu uniqe selling point-nya, paling tidak Anda tidak perlu khawatir soal kondisi mobil, baik dari bodi, mesin, kaki-kaki, kelistrikan serta fungsi-fungsi lainnya. Semua dijamin baru! Tentunya hal ini menambah kenyamanan ketika Anda berkendara.

 

Keuntungan membeli mobil baru:

1. Garansi

Keuntungan pertama yakni soal garansi. Pihak pabrikan biasanya memberikan garansi terhadap produknya. Seperti Toyota memberikan garansi selama 4 tahun atau 50 ribu kilometer.

 

Tergantung mana yang lebih dulu dicapai. Jadi tak perlu khawatir jika terjadi masalah pada mobil Anda selama masih dalam garansi.

2. Servis Gratis

Manfaatkan fasilitas gratis jasa servis dan sparepart. Manfaat layanan ini mengurangi pengeluaran Anda. Oh ya, perawatan mobil pun dilakukan pada bengkel resmi dan dilakukan oleh mekanik-mekanik yang telah mendapat sertifikasi.

 

3. Tarif Premi Asuransi Rendah 

Perlindungan ekstra terhadap mobil perlu diperhatikan dengan asuransi. Menariknya untuk mobil baru akan dihargai tarif premi lebih rendah.

 

Alasannya jelas, karena mobil bekas memiliki risiko lebih yang lebih tinggi, apalagi usia mobil di atas 5 tahun. Contohnya, Toyota Avanza keluaran 2017, asuransi komprehensif 2,55 persen dari harga jualnya. Sementara Avanza kelahiran 2013, premi asuransinya 2,97 persen.

 

4. Banyak Diskon Atau Promo

Pihak diler kerap memberikan promo atau diskon khusus pembelian mobil baru. Solusi lainnya, Anda bisa manfaatkan pameran nasional seperti Indonesia International Motor Show (IIMS) atau Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) guna mendapatkan harga spesial pameran.

 

5. Produk Terbaru

Asyiknya membeli mobil baru bisa menjadi yang pertama memiliki produk keluaran terbaru atau model yang disegarkan (facelift) dari pabrikan. Dengan begitu, kendaraan yang Anda up to date dengan desain serta fitur yang terbaru.

Tips Beli Mobil Baru

Di pasaran ada banyak jenis mobil yang beredar mulai dari city car, hatchback, multi purpose vehicle (MPV), sport utility vehicle (SUV), Sedan hingga double cabin. Tetapi Anda harus bijak sebelum membeli mobil, sebaiknya sesuaikan dengan bujet dan kebutuhan.

 

Berikut beberapa tips tata cara membeli mobil baru idaman biar tak  menyesal di kemudian hari.

  • Buat keputusan 

Putuskan terlebih dulu apa yang Anda inginkan dari sebuah mobil. Apakah fiturnya, model, transmisi, harga, atau performa? Sebaiknya, Anda memiliki dua atau tiga pilihan mobil, sehingga bisa dibandingkan dan disesuaikan dengan dana yang ada. Jangan terjebak dengan rayuan salesman/girl.

 

  • Gali informasi mobil

Gunakan internet, brosur, tanya teman, atau pengguna lain untuk mendalami informasi mobil yang menurut Anda ideal dengan kebutuhan. Cek perbadingan spesifikasi teknis, daftar harga, dan melihat kemungkinan program diskon, ketersediaan spare parts, layanan after sales service-nya, termasuk pertimbangan biaya pasca pembelian.

 

  • Test drive

Kalau poin di atas terpenuhi, maka silakan test drive. Untuk menambah wawasan yang memadai tentang karakter dan membuktikan kemampuan mobil sebelum benar-benar ditebus. Selain itu sebagai bahan referensi untuk membandingkan mobil satu dengan lainnya.

 

Dapatkan persetujuan awal untuk kredit Buat Anda yang memilih jalur kredit, pastikan dapat persetujuan awal dari bank atau perusahaan leasing yang akan digunakan. Sehingga, Anda bisa menyesuaikan bunga yang ditawarkan, harga mobil dan jangka waktu kreditnya. Selain itu, juga menentukan down payment (uang muka) dan cicilan bulanannya.

Beli Mobil Bekas Serasa Baru

Bagi yang memiliki dana terbatas, Anda bisa membeli mobil bekas namun senyaman membeli mobil baru di Mobil88. Sejumlah fasilitas dan pelayanan siap membantu Anda selayaknya membeli mobil baru.

 

Anda akan diberikan buku garansi untuk setiap pembelian produk baik tunai maupun kredit. Isinya, dokumen kendaraan terjamin tidak terkait kasus hukum, mobil tidak pernah mengalami tabrakan, tidak teredam banjir, odometer asli bukan putaran, dan nomor rangka dan nomor mesin tertera di BPKB dan STNK. Sehingga membeli mobil bekas lebih terjamin.

lihat produk

SHARE