Begini Sejarah Panjang Pelat Nomor Kendaraan di Indonesia

By Reka Harnis - November 17, 2020

Bagaimana awal mula penerapan pelat nomor kendaraan? Yuk, simak sejarah pelat nomor kendaraan berikut ini.

Sebuah akun di Twitter dengan nama pengguna @almascatie mengunggah sebuah foto secarik kertas kuno yang berisikan nama-nama kota lengkap dengan pelat nomor kendaraan.

Tertulis kalimat “Letter Auto Dari Nederlandsch Oosch-Indie” di bagian atas kertas tersebut. Sementara di bagian bawahnya, terdapat 39 nama kota dan kabupaten yang masih menggunakan ejaan kuno Belanda.

Mulai dari Bantam (Batam), Batavia (Jakarta), Bandoeng (Bandung), Buitenzorg (Bogor), Cheribon (Cirebon), Jocjakarta (Yogyakarta), Soerakarta (Solo), Borneo (Kalimantan), Celebes (Sulawesi), hingga Amboina (Ambon).

Pada sisi kanan nama kota tersebut juga tertulis kode pelat nomor untuk masing-masing daerah yang hingga saat ini hampir semuanya masih digunakan oleh pemerintah sebagai kode wilayah pada pelat nomor kendaraan.

Misalnya Jakarta dengan kode plat B, Bogor (Buitenzorg) plat F, Bandung plat D, hingga Palembang dengan plat BG. 

Bagaimana? Ternyata sejarah pelat nomor kendaraan di dunia maupun di Indonesia cukup menarik, ya?

Nah, pelat nomor ini ada juga kaitannya dengan pajak kendaraan. Bila kamu ingin memperpanjang pajak, balik nama, dan urusan lainnya, kamu bisa menggunakan layanan eDokumen Seva.id.

Bagaimana caranya? Gampang banget, kamu tinggal klik button yang ada di bawah ini. Yuk, kunjungi eDokumen Seva.id sekarang.

eDokumen Seva.id

Berita Terkait

Author