Search Cars

Travel & Lifestyle

Aturan Lomba 17 Agustus Di Tengah Masa Pandemi

Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia identik dengan lomba. Ini aturan lomba 17 Agustus di masa pandemi.

lomba 17 agustus

Di tengah pandemi virus corona, tentu akan ada sedikit keterbatasan dalam merayakan Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia.

Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus selalu memberikan kesan tersendiri.

Ya, di tanggal tersebut, masyarakat Indonesia banyak mengisi hari kemerdekaan dengan melakukan berbagai kegiatan, seperti upacara bendera atau mengadakan perlombaan dari anak-anak hingga orang dewasa yang menyenangkan seperti lomba balap karung, makan kerupuk, hingga panjat pinang.

Sayangnya, kemungkinan perlombaan tersebut ditiadakan. Alasannya adalah protokol kesehatan yang mengharuskan orang untuk selalu menjaga jarak dan tidak berkerumun.

Baca juga: 8 Makanan Khas Indonesia untuk Merayakan Hari Kemerdekaan

Supaya lebih jelas, berikut rangkuman aturan lomba 17 Agustus di tengah masa pandemi dari berbagai daerah.

Lomba 17 Agustus ditiadakan

Dari ibu kota, pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta telah meminta agar masyarakat tetap menerapkan jaga jarak bila ingin mengadakan lomba 17 Agustus.

Satpol PP melarang masyarakat membuat lomba yang mengumpulkan orang banyak dan tidak physichal distancing, seperti panjat pinang dan sebagainya.

Baca juga: Makna dan Filosofi Lomba 17 Agustus yang Jarang Diketahui

Selama lomba membuat kerumuman dan tidak bisa menjaga jarak, sebaiknya tidak dilaksanakan. Maka dari itu, masyarakat dihimbau agar dapat melaksanakan lomba secara virtual di tengah masa pandemi ini.

Atau, kamu juga bisa menyaksikan perlombaan tradisional 17-an secara virtual dengan melibatkan sembilan publik figur bersama Insan Astra YouTuber, dan juga Konser Musik Kebangsaan secara virtual pada rangkaian acara #SemangatMajukanIndonesia di akun YouTube SATU Indonesia pada 16 Agustus 2020 pukul 19.30 WIB.

Larangan lomba juga berlaku di kota-kota lain

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Sekertaris Daerah telah mengeluarkan surat edaran berkaitan dengan Pelaksanaan Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia di tengah pandemi.

Dalam surat edaran tersebut, masyarakat Surabaya diminta agar tak menggelar kegiatan lomba dan acara yang dapat menimbulkan kerumunan yang berpotensi memperluas penyebaran virus yang belum ditemukan vaksinnya ini.

Sedangkan di Bandung, Jawa Barat, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung, melarang masyarakat untuk mengadakan lomba dalam perayayaan Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia guna mencegah risiko penularan Covid-19.

Baca juga: Cara Seru Merayakan HUT Kemerdekaan RI di Rumah dengan Keluarga

Selain itu, imbauan agar tidak mengadakan lomba 17 Agustus pun diikuti kota-kota lainnya seperti Depok,Tangerang, dan Bekasi.

Masyarakat dilarang mengadakan lomba 17 Agustus secara tatap muka. Larangan tersebut tertuang dalam surat edaran Wali Kota Depok Nomor 003.1/377-Huk/Promentasi tertanggal 10 Agustus 2020 yang merujuk pada surat edaran Menteri Sekretaris Negara nomor: B 492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020 dan surat edaran Gubernur Jawa Barat Nomor 003.3/119/Humaspro terkait Pedoman Tata Laksana Peringatan 17 Agustus di Tengah Pandemi Corona.

Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia

Dikutip dari Kompas.com, Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengeluarkan surat edaran 003.1/1793/HUMAS-PROTOKOL/2020.

Baca juga: Hal Unik di Balik Layar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Isi surat tersebut memuat sejumlah poin, salah satunya yakni masyarakat diminta untuk meniadakan acara kegiatan yang sifatnya mengundang kerumunan, termasuk lomba 17 Agustus yang biasa dibuat oleh masyarakat untuk menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia.

Sementara, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi juga mengimbau warganya untuk meniadakan kegiatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia yang sifatnya mengundang kerumunan. Begitu juga dengan lomba 17 Agustus.

Jadi, sebaiknya masyarakat mengikuti imbauan tersebut guna menekan penularan virus corona di Indonesia. Sebagai gantinya, banyak lho lomba virtual dan lomba 17 Agustus yang bisa dimainkan di rumah bersama keluarga.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.