Aturan Baru Pengendalian Mobilitas PSBB Jakarta 2020

By Reka Harnis - September 15, 2020

Terdapat 5 faktor yang menjadi fokus dalam pelaksanaan PSBB baru, salah satunya adalah pengendalian mobilitas. Yuk simak aturannya beriku ini.

pengendalian mobilitas

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali berlaku di Jakarta pada Senin (14/09/20) lalu hingga 14 hari ke depan. Pemberlakuan kembali PSBB ini ditujukan untuk menekan penyebaran Covid-19. 

Serangkaian aturan kembali diterapkan, tak terkecuali untuk para pengendara. Hal ini tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 88 tahun 2020, tentang Perubahan atas Pergub Nomor 33 Tahun 2020, tentang PSBB dalam penanganan Covid-19 di Jakarta.

Terdapat 5 faktor yang menjadi fokus dalam penerapan PSBB kali ini, salah satunya adalah aturan pengendalian mobilitas. Meski tak ada larangan untuk bepergian, ada serangkaian protokol yang wajib dipatuhi.

Berikut aturan pengendalian mobilitas yang diutarakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berdasarkan Pergub 88/2020 pada Minggu (13/09/20) lalu.

  1. Kapasitas kendaraan maksimal 50%
  2. Kendaraan pribadi boleh diisi maksimal 2 orang per baris kursi, kecuali yang berdomisili satu rumah. Bila tidak satu domisili maka harus mengikuti ketentuan maksimal 2 orang per baris.
  3. Kebijakan ganjil-genap ditiadakan selama PSBB.
  4. Motor berbasis aplikasi diperbolehkan mengangkut barang dan penumpang, dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat.
  5. Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day ditiadakan.

Baca juga: Tips Anti Stres Buat Para Ibu yang WFH Sambil Mengurus Anak

Merujuk pada aturan pengendalian mobilitas tersebut, ganjil genap memang ditiadakan selama PSBB, namun tilang elektronik tetap berlaku. 

Artinya, segala pelanggaran kecuali ganjil genap akan tetap terbidik kamera pengawas dan akan ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Mengacu pada pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), berikut adalah jenis pelanggaran yang akan ditindak.

Berita Terkait

Author