Aliran Modifikasi Mobil Sedan yang Cocok Buat Anak Muda

Bingung mau pilih aliran modifikasi mobil sedan yang mana? Yuk, simak beberapa jenis gaya modifikasi berikut ini.

aliran modifikasi mobil sedanMobil sedan adalah salah satu jenis mobil yang banyak digandrungi oleh anak muda, khususnya di Indonesia.

Selain memiliki performa yang cukup baik, mobil sedan juga memiliki tampilan eksterior yang kekinian dan sesuai dengan kebutuhan anak muda seperti halnya untuk keperluan modifikasi.

Layaknya busana, tren modifikasi pun tergolong cepat berubah mengikuti selera peminatnya.

Ada beberapa jenis aliran modifikasi mobil sedan kece dan super keren yang bisa kamu jadikan referensi untuk memodifikasi si mobil sedan kamu. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

modifikasi JDM

Aliran modifikasi JDM (Japanese Domestic Market)

Aliran modifikasi mobil sedan pertama adalah JDM, yaitu gaya modifikasi ala Jepang yang saat ini terkenal di kalangan anak muda.

JDM atau kepanjangan dari Japanese Domestic Market merupakan jenis modifikasi mobil dengan menggunakan komponen mobil yang langsung berasal dari Jepang dan kebanyakan tidak dijual di Indonesia.

Baca juga: Catat! Ini Kata Polisi Soal Memodifikasi Kendaraan Bermotor

Aliran JDM dapat digolongkan menjadi dua jenis. Pertama adalah pure JDM, di mana semua komponen yang digunakan langsung didatangkan dari Jepang.

Kemudian, yang kedua adalah JDM style, di mana masih ada komponen yang digunakan tidak berasal dari Jepang.

Bagi kamu yang ingin modifikasi mobil namun tetap dapat digunakan sehari-hari, aliran modifikasi mobil sedan ini mungkin sangat cocok buat kamu.

Mengingat keunggulan dari jenis aliran modifikasi JDM ini yaitu simpel, enak dilihat, dan bisa dibawa harian.

modifikasi retro

Aliran modifikasi retro

Bagi yang menyukai gaya klasik, nampaknya aliran modifikasi mobil sedan ini pas buat kamu. Jenis aliran modifikasi retro merupakan modifikasi yang mengembalikan mobil seperti saat diproduksi di mana pada jenis aliran ini sangat mengutamakan orisinalitas dari mobil yang akan dimodifikasi.

Biasanya, modifikasi ini dilakukan pada mobil-mobil klasik atau mobil era tua. Namun, kalian harus siap-siap merogoh kantong agak dalam, mengingat biaya modifikasi mobil untuk tipe retro sangat tinggi karena kelangkaan komponen-komponennya.

Baca juga: Regulasi Warna Lampu Kendaraan yang Berlaku di Indonesia

Tetapi, bagi kalian yang sangat menyukai gaya modifikasi klasik dan dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan, pasti worth it deh.

modifikasi hellaflush

Aliran modifikasi hellaflush

Kemudian hellaflush, aliran modifikasi ini sangat cocok untuk diterapkan buat kalian yang beraliran agresif yang menonjolkan perubahan pada kaki-kaki, khususnya pelek lebar dan offset yang membuat jarak antara body mobil dengan kaki-kaki akan sangat rendah.

Prinsip dari aliran modifikasi hellaflush yaitu mobil dibuat serendah-rendahnya dengan tanah. Semakin rendah mobilmu, maka akan terlihat semakin keren.

Baca juga: Jangan Modifikasi Aksesoris Ini di Mobil Jika Tidak Ingin Ditilang Polisi

Lalu, untuk mencapai titik rendah mobil tersebut, ban mobil bergaya hellaflush selalu keluar dari sarangnya, alias miring dan menonjol.

Kamu akan mudah menemukan aliran modifikasi mobil sedan hellaflush di Indonesia untuk referensi, terutama di lokasi pameran mobil.

modifikasi street racing

Aliran modifikasi street racing

Aliran modifikasi ini cocok bagi kalian yang sangat suka dengan mobil balap, namun tetap dapat dijadikan daily cars. Pada bagian eksterior, modifikasi street racing menggunakan body kit ala balap yang ditambahkan dengan spoiler atau sayap di bagian belakang mobil.

Selain itu, aliran modifikasi ini menggunakan tambahan stickers bernuansa racing pada bodi dan pelek. Sedangkan pada bagian interior modifikasi mobil dilakukan dengan mengganti jok biasa dengan jok racing yang dipadukan dengan setir, dan tampilan dashbor bernuansa racing juga.

Lalu, bagian mesin dapat diubah dengan penambahan komponen yang dibutuhkan atau meng-upgrade mesinnya agar mobil kalian semakin kental dengan nuansa racing.

modifikasi vip

Aliran modifikasi VIP

Ini adalah aliran modifikasi mobil yang sudah terkenal dan mempunyai golongan kelas sejak tahun 90-an. Aliran VIP adalah modifikasi sederhana yang biasanya dilakukan untuk mobil-mobil Eropa, seperti BMW, Peugeot, dan lain sebagainya.

Untuk bagian luar biasanya sang modifikator mengganti pelek standar dengan ukuran yang lebih besar, sekitar 18 sampai 21 inchi. Kemudian, pelek tersebut dibalut dengan ban tipis.

Baca juga: Bagaimana Regulasi Mobil Double Cabin di Indonesia?

Gaya modifikasi VIP dirasa cocok bagi kamu yang mengutamakan kenyamanan berkendara. Bagian dalam interior mobil disulap menjadi semewah mungkin, mulai dari bahan kulit sampai dengan penambahan minibar.

Nah, itu tadi beberapa aliran modifikasi mobil sedan yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk memodifikasi mobil sedan kamu.

Kamu pilih yang mana? Apapun pilihannya, sebaiknya kamu mempertimbangkan biaya yang akan dikeluarkan dan juga sesuai dengan regulasi yang sudah ditetapkan, ya.

Penulis: Fikri Ramadhan