4 Alasan Lampu Kabin Mobil Harus Dimatikan Saat Berkendara Malam Hari

04 December 2018

Alasan Lampu Kabin Mobil Harus Dimatikan
Berkendara di malam hari tentunya membutuhkan pencahayaan yang lebih terang daripada siang hari. Keadaan di luar kabin yang gelap mengharuskan mobil memiliki penerangan yang cukup, apalagi jika lampu jalan sedang mengalami kendala.

 

Namun, keadaan tersebut tidak berlaku di dalam kabin. Sebaliknya, lampu di dalam kabin mobil harus selalu dimatikan saat berkendara pada malam hari. Mengapa?

 

Ini dia 4 alasan lampu kabin mobil harus dimatikan saat berkendara pada malam hari:
Alasan Lampu Kabin Mobil Harus Dimatikan
1. Mengganggu pengelihatan saat berkendara

Menghidupkan lampu kabin saat berkendara di malam hari dapat membuat mata pengendara menjadi silau, karena intensitas cahaya yang masuk ke pupil mata tidak sesuai dengan yang dibutuhkan.

 

Jika lampu kabin menyala, pupil otomatis akan mengecil sehingga menyebabkan jumlah cahaya yang masuk ke mata menjadi lebih sedikit. Pada saat yang bersamaan, kondisi di luar kabin cukup gelap. Keadaan ini akan mengganggu kemampuan penglihatan.

 

Maka dari itu, lebih baik matikan lampu kabin ketika berkendara di malam hari agar intensitas cahaya yang masuk ke mata sesuai dengan yang dibutuhkan.
Alasan Lampu Kabin Mobil Harus Dimatikan salah satunya membuat aki jadi boros
2. Membuat aki boros

Menyalakan lampu kabin saat berkendara juga akan membuat aki mobil menjadi boros, karena daya listrik dari aki akan terkuras oleh lampu yang menyala dalam waktu lama.

 

Apalagi jika Anda menyalakan lampu secara terus-menerus saat melakukan perjalanan jauh, performa mobil juga pastinya akan menurun akibat tidak mendapatkan daya listrik yang cukup dari aki dan dapat berujung pada mogoknya mobil.
Alasan Lampu Kabin Mobil Harus Dimatikan salah satunya membuat privasi lebih terjaga
3. Mengundang terjadinya kejadian yang tidak diinginkan

Mungkin hal yang satu ini tidak berhubungan dengan performa kendaraan, tetapi sangat penting untuk diketahui. Menjaga privasi kabin merupakan hal wajib bagi pengendara karena menyangkut dengan keamanan di jalan.

 

Apabila lampu kabin mobil menyala sepanjang perjalanan, bukan tidak mungkin penjahat dapat melihat ke dalam mobil serta mengetahui isinya. Mereka akan lebih mudah melakukan aksinya karena sudah mengetahui kondisi di kabin.

 

Untuk itu, jangan lupa mematikan lampu kabin mobil Anda sebelum berkendara untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti tindak kejahatan.

 

Baca juga: Sticker My Family di Mobil Potensi Timbulkan Tindak Kejahatan

Alasan Lampu Kabin Mobil Harus Dimatikan salah satunya menganggu pengendara lain
4. Menganggu pengendara lain

Selain mengganggu kenyamanan diri sendiri, lampu kabin yang menyala juga akan mengganggu pengendara lainnya. Dikhawatirkan, mereka akan terdistraksi oleh suasana kabin, sehingga pandangannya beralih kepada bagian mobil yang terang.

 

Bukan tidak mungkin hal tersebut bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya kecelakaan. Pengendara sudah seharusnya fokus dan memperhatikan segala sesuatu yang terjadi di jalan, jangan sampai lampu kabin menjadi pengalih perhatian.

 

Itu dia 4 alasan mengapa lampu kabin mobil harus dimatikan saat berkendara malam hari. Tetapi, bukan berarti pengendara tidak boleh menyalakan lampu kabin sama sekali, asalkan sesuai kebutuhan dan hanya sesaat, hal ini boleh saja dilakukan. Karena, bukan hanya diri sendiri, pengendara lain pun bisa terkena dampaknya. Untuk itu, gunakan lampu kabin seperlunya, ya.

SHARE