Search Cars

Editor's Pick

7 Hal yang Bikin Kangen Kampung Halaman Saat Tidak Mudik

Kangen kampung halaman saat tidak mudik? 7 Hal ini mungkin bisa bantu kamu bernostalgia.

kangen kampung halamanPemerintah secara resmi sudah mengeluarkan himbauan kepada masyarakat agar tidak mudik pada Lebaran 2020 yang mulai berlaku sejak 24 April 2020.

Himbauan tersebut resmi disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada 21 April 2020 untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 ke berbagai wilayah.

Memang berat merayakan Lebaran tanpa berkumpul dengan keluarga dan kerabat di kampung halaman.

Baca juga: Pemerintah Resmi Terbitkan Larangan Mudik Lebaran 2020

Tetapi, Lebaran #DiRumahAja adalah cara terbaik untuk membantu pemerintah melawan penyebaran serta penularan virus yang belum ditemukan vaksinnya ini.

Keadaan saat ini cukup memprihatinkan memang. Sebagai pelipur lara, siapa tahu bisa bikin kamu tersenyum, berikut 7 hal yang bikin kangen kampung halaman saat tidak mudik.

Berburu tiket

Siapa cepat dia dapat adalah ungkapan yang tepat saat kamu berburu tiket untuk mudik Lebaran. Biasanya, moda transportasi umum seperti bus, kereta api, pesawat, dan kapal laut sudah menerima pemesanan tiket mudik dua bulan sebelumnya.

Tahun ini pun begitu, sebelum wabah virus corona menyerang, sudah ada yang membuka pemesanan tiket untuk mudik. Sayangnya, ketika terjadi pandemi, tiket tersebut harus di-refund atau digunakan lain waktu.

 

Baca juga: THR Bisa Lebih Bermanfaat dan Menghasilkan Saat Tidak Mudik

Aktivitas berburu tiket memang membuat kangen, apalagi buat kamu yang pernah mengalami antre di stasiun atau terminal demi sebuah tiket mudik agar bisa merayakan Lebaran bersama keluarga di kampung halaman.

Macet-macetan

Berapa rekor terlama kamu terjebak di kemacetan saat mudik menuju kampung halaman?

Jauh sebelum adanya Tol Trans Jawa, kala Jalur Pantai Utara (Pantura) dan Jalur Pantai Selatan (Pansela) masih menjadi favorit, mudik dengan kendaraan pribadi bukan hal baru di Indonesia. Macet-macetan pun dijalani demi bisa kumpul bareng keluarga di kampung halaman.

Baca juga: Nostalgia, Mobil Era 90an yang Pernah Jadi Kendaraan Favorit Mudik

Meski melelahkan, aktivitas ini terus dihadapi tiap tahunnya, dan saat tidak mudik seperti saat ini, mungkin terbesit dalam benak, “Duh, kangen macet-macetan nih,” atau “Kangen seru-seruan istirahat di rest area.”

Anehnya, walau telah terjebak kemacatan yang begitu lama dan melelahkan, saat bertemu keluarga, rasa lelah, pegal, emosi, seakan terbayar lunas.

Berdesakan

Mudik dengan transportasi apapun pasti akan membawa banyak barang. Baik itu barang-barang untuk keperluan pribadi atau oleh-oleh untuk keluarga.

Tidak jarang, saking banyaknya barang, kamu harus rela berdesakan. Apalagi yang naik mobil pribadi dengan banyak penumpang. Barang bawaan kadang harus diletakan di atap mobil.

Begitu juga dengan yang mudik naik kereta api. Siapa yang pernah tidur di tidur di lorong karena saking penuhnya peron? Lagi tidur nyenyak tiba-tiba dibangunkan petugas karena hal tersebut dilarang.

Tulisan motivasi

Lebaran tahun 2019 sempat viral pemudik yang menggunakan motor sambil menempelkan tulisan-tulisan motivasi atau tanda permintaan maaf karena mudik belum bawa pasangan.

Cukup menghibur di saat macet, kadang membacanya bikin senyum-senyum sendiri. Malah hal seperti ini dinantikan untuk diabadikan, berharap ketika diunggah ke sosial media bisa viral juga.

Ada-ada saja memang kreativitas pemudik di Indonesia.

Sungkem

Duduk bersimpuh di hadapan orang tua untuk meminta pengampunan dari salah dan dosa atau biasa disebut sungkeman adalah kegiatan yang sering dilakukan sebagian orang saat Lebaran.

Namun, dengan adanya larangan mudik, banyak perantau yang tidak bisa melakukan sungkeman. Walaupun begitu, kamu masih bisa meminta maaf pada orang tua secara online dengan berbagai aplikasi di smartphone.

Baca juga: Hukum Silaturahim Online dan Aplikasi Pendukungnya untuk #LebaranDiRumahAja

Untungnya, bersilaturahim kini bisa dengan menggunakan berbagai media. Jadi, meminta maaf saat lebaran jadi lebih mudah.

Masakan orang tua

Setahun penuh merantau pasti kangen kampung halaman dengan masakan orang tua. Memang, tidak ada yang bisa menandingi rasa masakan orang tua yang disiapkan dengan cinta dan kasih sayang, khususnya makanan khas Lebaran.

Baca juga: Tidak Mudik, Ini Makanan Khas Lebaran yang Bisa Disiapkan di Rumah

Tidak hanya itu, makan bersama dengan orang tua dan anggota keluarga lain jadi momen yang sangat ditunggu-tunggu setelah saling bermaafan.

Bagi-bagi angpao

Hal yang bikin kangen kampung halaman saat tidak mudik terakhir adalah tradisi bagi-bagi angpao. Untuk kamu yang sudah memiliki penghasilan dan menerima THR biasanya akan menyisihkan sedikit rezeki untuk dibagikan kepada keponakan, sepupu, atau tetangga.

Sementara bagi yang menerima angpao, hal ini adalah sesuatu yang membahagiakan. Biasanya yang berpuasa full selama satu bulan angpaonya bakal lebih banyak. Pernah mengalaminya?

Baca juga: Hukum Bayar Zakat Online dan Website serta Aplikasi untuk Menunaikannya

tips aman berpuasa

Jika kangen kampung halaman dan kumpul bersama keluarga, mari bersama-sama mengikuti himbauan pemerintah sembari berdoa agar pandemi ini cepat berlalu.

Tidak perlu khawatir, pemerintah juga sudah menyiapkan hari libur untuk mengganti cuti bersama Lebaran 2020.

Setelah pandemi ini berlalu, kamu bisa melanjutkan kehidupan normal seperti biasa, keluar rumah tanpa masker, nongkrong bareng teman, kerja di kantor, liburan, hingga mudik dan berkumpul bersama keluarga.

Jadi, selalu jaga kesehatan dan tetap #DiRumahAja ya. Setelah pandemi ini selesai, kangen kampung halaman kamu bakal terobati.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.