Search Cars

Tips & Rekomendasi

5 Tips yang Bisa Bantu Millenials Mengatur Keuangan Setelah Gajian 

Kamu termasuk orang yang sulit untuk mengatur keuangan setelah gajian? Kalau iya, mungkin tips di bawah ini cocok buat kamu.

mengatur keuanganGajian adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar karyawan. Uang hasil bekerja selama sebulan pasti sangat berharga untuk menambah tabungan atau belanja bulanan. Namun, kadang kekhilafan saat berbelanja sering terjadi. Padahal, kamu sudah mengatur keuangan dengan baik, tapi tetap saja ‘kebobolan’.

 

Biasanya, ada saja barang yang sangat menggiurkan untuk dibeli, mungkin sepatu, baju, smartphone, dan sebagainya. Akhirnya, tanpa sadar gaji kamu mulai menipis, padahal tanggal gajian bulan depan masih jauh. Tabungan bulanan jangan-jangan juga lupa diisi.

 

Masalah inilah yang sering dihadapi oleh sebagian millenials. Belum lagi wish list yang mengantri untuk dibeli di situs-situs belanja online.

 

Kalau sudah begini, bisa-bisa gaji habis begitu saja tanpa sisa. Untuk menghindari hal tersebut, mungkin tips di bawah ini bisa membantu kamu dalam mengatur keuangan sehingga tidak khilaf saat menggunakannya.

 

Pahami prioritas

Jangan pernah menyepelekan pentingnya menentukan prioritas. Agar gaji bulananmu dapat digunakan secara hemat dan optimal, mulailah menentukan kebutuhan-kebutuhan penting untuk dibeli. Dengan begitu, kamu bisa merencanakan pengeluaran dengan lebih baik.

 

Baca juga: Tips Membeli Barang dengan Harga Murah di Situs Belanja Online

 

Namun, seringkali promo-promo yang ditawarkan oleh situs belanja online membuat kamu lupa dengan kebutuhan prioritas. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan  “5 Question Rule” seperti berikut ini.

 

1. Apakah saya benar-benar membutuhkan barang ini?; 2. Apakah saya akan sering memakai barang ini?; 3. Apakah saya benar-benar mampu membeli dan merawatnya?; 4. Apakah barang ini worth it untuk dibeli?; 5. Apa guna dari barang ini setelah dibeli?

 

Buat daftar belanja

Lalu, buatlah daftar barang yang akan dibeli. Daftar ini akan memudahkan kamu berbelanja sesuai kebutuhan sehingga tidak membeli barang yang tidak perlu. Meski terlihat sederhana dan mudah, hal ini justru sering dilupakan dan disepelekan.

 

Padahal, daftar belanja adalah salah satu cara terbaik yang harus dilakukan ketika ingin mengatur keuangan menjadi lebih baik.

 

Mulai berinvestasi

Kemudian, kamu bisa mulai berinvestasi dari hasil gaji bulanan. Ada banyak jenis investasi yang bisa kamu manfaatkan, misalnya emas, deposito, reksadana, obligasi, dan lain sebagainya. Untuk memulainya, kamu bisa menganalisis dan menentukan produk investasi apa yang paling sesuai dengan kamu.

 

Baca juga: Millenials Berwirausaha? Coba Terapkan Ide Bisnis Ini

 

Dengan berinvestasi kamu akan siap dengan segala resiko finansial yang akan datang. Karenanya, tidak ada salahnya memulai investasi dengan menyisihkan sebagian gaji kamu. Namun, sebelum berinvestasi, pastikan kamu punya target agar investasi yang kamu lakukan memiliki tujuan jelas.

 

Mencatat Pengeluaran Dan Pemasukan

Setelah itu, catat semua pengeluaran dan pemasukan perbulan. Jangan sepelekan jumlah yang keluar maupun yang masuk ke dompet kamu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak uang yang sudah kamu keluarkan, apakah yang melebihi pemasukan atau tidak.

 

Kamu juga bisa menganalisis mana pengeluaran yang tidak diperlukan. Saat ini, ada banyak sekali cara untuk mempermudah pencatatan pengeluaran dan pemasukan, dari mulai dengan cara ditulis manual atau melalui aplikasi-aplikasi yang tersedia di gadget kamu.

 

Bersedekah dan Bersyukur

Kalau yang satu ini bisa membuat kamu menjadi lebih bahagia dengan apa yang kamu miliki sekarang. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Jorge Moll dari National Institute of Health di Amerika Serikat, orang yang rajin bersedekah akan lebih bahagia daripada yang tidak bersedekah.

 

Baca juga: 6 Hal yang Membuat Harga Jual Mobil Menjadi Tinggi

 

Lalu, jangan lupa untuk terus beryukur dengan apa yang kamu miliki. Karena seberapa besar gaji kamu, kebutuhan dan gaya hidup kamu tentunya juga akan bertambah, kecuali jika kamu bersyukur. Dengan bersyukur kamu jadi bisa menahan godaan agar tidak membeli barang-barang yang hanya sekedar keinginan namun sebenarnya tidak begitu dibutuhkan.

 

Jadi, mengatur keuangan adalah hal penting yang harus dilakukan setiap orang agar rencana jangka pendek dan panjang yang sudah dibuat terukur dengan baik.

 

Kalau mau lebih hemat lagi, kamu bisa menggunakan aplikasi Sejalan, yang dapat mengantarkan kamu ke tempat tujuan yang sejalan dengan Kapten. Aplikasi berbasis ride sharing ini juga menyediakan berbagai macam promo menarik yang bisa membuat pengeluaranmu lebih sedikit.

 

Untuk itu, ayo download Sejalan sekarang agar pengeluaranmu lebih hemat dan perjalanan jadi menyenangkan.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.