3 Cara Mudah Melakukan Perawatan Rem ABS

By Aulia Riski Chandra - December 12, 2018

Saat ini, setiap produsen mobil, berlomba dalam menempatkan teknologi yang menunjang, dari sisi keselamatan penumpang dan pengemudi. Salah satu teknologi yang digunakan adalah, ABS (Anti-lock Braking System). Mungkin beberapa masyarakat Indonesia pernah mendengar tentang Rem ABS, namun, sedikit yang mengetahui fungsi dan cara kerja Rem ABS tersebut.

 

Rem ABS atau yang disebut juga dengan Anti-Lock Braking System adalah sebuah sistem rem yang ada di kendaraan mobil ataupun motor agar tidak terjadi penguncian roda saat pengendara mengerem secara mendadak. Sebelum ada di beberapa jenis kendaraan bermotor, sistem ini sudah digunakan pada pesawat terbang. Beberapa pengendara tanpa disadari atau tidak suka melakukan rem mendadak yang tentunya dapat membahayakan si pengendara.

 

Jika mobil Anda tidak dilengkapi dengan sistem ABS, maka keempat roda akan terkunci. Hal ini mengakibatkan mobil tetap meluncur dan susah dikendalikan. Secara teori, sistem ini menghindari penguncian terhadap keempat roda, dengan roda yang tidak terkunci, mobil lebih mudah dikendalikan. Selain itu, semua bagian ban mobil akan melakukan pengereman, yang dapat menghindari ban panas.

 

Karena peran rem ABS yang begitu penting untuk menjaga keselamatan saat berkendara, ada baiknya Anda selalu mengecek dan merawatnya dengan baik agar tidak cepat rusak. Berikut beberapa tahap perawatan rem ABS yang wajib Anda ketahui:

Jangan Menginjak Pedal Rem Terlalu Sering

Salah satu tahap perawatan rem ABS adalah dengan cara tidak terlalu sering menginjak rem. Ternyata menginjak pedal rem terlalu sering bisa menyebabkan rem blong. Kebiasaan ini padahal sering sekali dilakukan pengendara mobil, yaitu mengerem mendadak dan tiba-tiba.

 

Biasanya pengendara yang mengalami keadaan darurat kerap kali melakukan rem mendadak. Ketika Anda menginjak pedal terlalu sering saat berkendara berarti telah mengirim sinyal yang tidak dibutuhkan sensor ABS. Pijakan demi pijakan pada pedal akan membuat sensor mengalami keausan dengan cepat.

 

Apabila sensor mengirim sinyal yang salah ke komputer mobil, maka ABS akan beralih ke posisi mengunci walaupun si pengemudi tidak melakukan pengereman.

 

Membersihkan Sensor

Cara mudah melakukan perawatan rem ABS berikutnya adalah dengan cara membersihkan sensor rem. Sensor ABS terletak di kaliper rem yang apabila ingin membersihkannya Anda harus berhati-hati. Jika kaliper rem sudah rusak dan aus, lalu Anda mau memperbaikinya di bengkel, maka bengkel yang bersangkutan sebaiknya telah memahami tentang rem ABS.

 

Untuk membersihkan sensor, Anda bisa menggunakan cairan spray pembersih yang dijual di toko onderdil. Ada baiknya Anda membersihkan sensor dua bulan sekali, dan bagian yang bermagnet sangat penting untuk dibersihkan. Perlu Anda ketahui bahwa sensor yang kotor juga akan mempengaruhi kerja dari sistem pengereman ABS.

 

Mengganti Minyak Rem

Salah satu cara mudah melakukan perawatan rem ABS adalah dengan cara mengganti minyak rem ABS. Jika minyak rem sudah berkurang, maka segeralah ganti dengan yang baru. Karena mekanisme kinerja rem ABS juga bergantung pada adanya minyak rem.

 

Selalu Ingat tanggal kadaluarsa dari minyak rem, perhatikan pula tabung minyak rem yang terdapat ruang udara dapat muncul bakteri ataupun unsur kimia lainnya yang terbawa udara. Saat inilah bisa terjadi reaksi kimia yang besar, sehingga kualitas oli juga akan berubah. Perhatikan pula indikator ABS yang berada di dashboard mobil untuk mengecek kondisi rem ABS.

 

Itulah beberapa cara mudah melakukan perawatan rem ABS. Rem ABS merupakan komponen penting dalam keamanan dan keselamatan berkendara, oleh karena itu selalu periksa Rem ABS agar keselamatan Anda selalu terjaga.

Berita Terkait

Author