Search Cars

Berita Terbaru

Waspada Modus Ganjal ATM, Pria dan Sindikatnya di Kabupaten Kudus Berhasil Menggondol Uang Hampir 1 Miliar!

Waspada Modus Ganjal Atm

Seorang pria di kabupaten Kudus, Jawa Tengah, berhasil diringkus oleh Kepolisian Resort Kudus usai berhasil menguras uang tunai sebesar Rp 939 juta dengan menggunakan metode ganjal atm pada mesin atm untuk mencuri pin atm milik korban loh Sobat SEVA! Usut punya usut, kejadian ini baru terkuak ketika korban melapor ke pihak bank terkait pada 4 Maret 2024 lalu guna dilakukan pengecekan terhadap rekeningnya, dan benar saja, saldo pada rekening korban raib oleh pelaku yang berinisial AE asal Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan bersama sindikatnya.

Apa itu Ganjal ATM?

Metode ini seringkali digunakan untuk memanipulasi mesin ATM agar tidak dapat mengeluarkan kartu kembali kepada pengguna, pelaku kejahatan ini memanfaatkan kesempatan untuk menguras habis saldo korban. Lebih lengkapnya pada konferensi pers yang dilakukan oleh Mapolres Kudus, Wakapolres Satya Adi Nugraha menjelaskan, metode yang digunakan oleh pelaku kejahatan ATM tersebut ternyata menggunakan sebuah alat khusus, pelaku berhasil menahan atau mencongkel mesin ATM, yang memungkinkan mereka untuk mengganjalnya sehingga disebut sebagai ‘congkel ATM’ atau ‘ganjal ATM’. Insiden ini terjadi pada tanggal 2 Maret 2024 di area ATM PG Rendeng.

Waspada Modus Ganjal Atm

Korban Merupakan Pensiunan ASN

Tambah Satya mengenai kronologinya, korban yang juga merupakan pensiunan ASN sedang ingin melakukan transaksi, saat korban melakukan transaksi, para pelaku yang sudah siap dengan peran masing-masing, termasuk ganjal ATM, memperhatikan dengan seksama, ada yang pura-pura memberi saran transaksi, sementara yang lainnya siap mengambil kartu. Lebih lanjut, diketahui bahwa saat korban menekan PIN-nya, pelaku dengan cermat menghafalnya dan kemudian mengambil uang dari rekening korban. Setelah menyadari PIN telah diketahui, mereka dengan cepat menguras uang korban sejumlah Rp 939 juta, korban yang merasa ada yang tidak beres, sempat melapor ke bank pada tanggal 4 Maret 2024, hanya untuk menemukan bahwa seluruh uangnya telah hilang. Tidak lama setelah itu, korban juga melaporkan insiden ini kepada pihak kepolisian 

Waspada Aksi Ganjal Atm

Satya juga memberi peringatan kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap jenis kejahatan ini, “Apabila Anda mengalami masalah dengan kartu ATM yang tertelan atau tidak bisa dikeluarkan dari mesin ATM, segera hubungi bank terkait, jangan menerima bantuan dari orang asing di sekitar mesin ATM, dan akan lebih aman langsung melapor ke bank,” ujarnya.

Nah itu dia berita mengenai ganjal atm yang banyak dibicarakan, maka dari itu kita harus terus waspada ya Sobat SEVA! Tapi nih jika kita bisa hitung-hitung, kehilangan uang sebesar Rp 993 juta itu setara dengan membeli hampir 2 unit mobil Toyota Fortuner dan 8 unit mobil Daihatsu Ayla lho Sobat SEVA! Gak kebayang dong jika nantinya uang tersebut bisa hilang!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.