Search Cars

Travel & Lifestyle

Waktu Olahraga Terbaik Saat Puasa untuk Menjaga Kebugaran Tubuh

Saat puasa tubuh memang terasa lemas, namun kamu masih melakukan olahraga secukupnya. Supaya tetap fit, ini waktu olahraga terbaik saat puasa.

Waktu Olahraga Terbaik Saat Puasa

Puasa adalah ibadah wajib di bulan Ramadan. Saat puasa umat Muslim diharuskan menahan nafsu, termasuk makan dan minum, dari terbit fajar hingga tenggelam matahari.

Tidak jarang, karena berkurangnya asupan energi dari makanan dan minuman, tubuh jadi terasa lemas. Agar tubuh tetap fit saat berpuasa, kamu tetap perlu berolahraga. Cara mensiasatinya adalah memilih waktu olahraga terbaik saat puasa.

Olahraga juga dipercaya mampu untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Namun, cukup lakukan olahraga ringan untuk mencegah dehidrasi.

Baca juga: 8 Jenis Olahraga di Rumah yang Bisa Kamu Lakukan Setiap Hari

Dianjurkan, olahraga selama puasa cukup dengan intensitas ringan dalam waktu kurang lebih 30 menit saja.

Sementara jenisnya, yang bisa dilakukan #DiRumahAja seperti yoga, jalan-jalan kecil, zumba, angkat beban, push up, sit up, leg lift, dan squat.

Supaya tidak mengganggu ibadah, lakukan olahraga di waktu yang tepat. Untuk mengetahui waktu olahraga terbaik saat puasa, selengkapnya ada di bawah ini.

olahraga di rumah

Sebelum buka puasa

Waktu olahraga terbaik saat puasa yang pertama adalah sebelum berbuka.

Memanfaatkan sisa energi yang ada, olahraga di waktu ini dinilai efektif untuk membakar lemak lebih banyak sehingga mampu menurunkan berat badan. Cocok untuk kamu yang berpuasa sambil berdiet.

Karena sisa energi dalam tubuh tidak banyak, disarankan ketika berolahraga sebelum buka puasa jangan terlalu lama, sekitar 30 menit saja.

Setelah itu, jangan lupa istirahat sejenak, baru menyantap hidangan berbuka puasa yang akan segera mengisi kembali energi di dalam tubuh.

Baca juga: Tips Aman Berpuasa di Tengah Pandemi Virus Corona

Tapi ingat, porsinya jangan balas dendam alias terlalu banyak, kamu hanya perlu makan dan minum secukupnya.

olahraga di rumah

Setelah berbuka puasa

Maksudnya bukan setelah berbuka kamu langsung olahraga kembali melanjutkan waktu sebelum berbuka. Jangan lupa, untuk tunaikan ibadah salat agar pahala puasa semakin berlimpah.

Waktu olahraga terbaik saat puasa ini dianjurkan dua atau tiga jam setelah berbuka, atau sebaiknya dilakukan setelah salat tarawih.

Di sini kamu bisa lakukan latihan yang lebih berat untuk membakar lemak dan membentuk massa otot karena energi di tubuh sudah pulih.

Baca juga: Lemas Saat Berpuasa? Mungkin Kamu Melewatkan 5 Hal Ini

Kamu bisa memilih jenis olahraga sepeti angkat beban, push up, sit up, leg lift, dan squat dengan lama 60-90 menit. Tidak perlu sampai larut malam, karena tubuh juga perlu tidur untuk istirahat.

olahraga di rumah

Setelah sahur

Setelah sahur juga jadi waktu olahraga terbaik saat puasa. Hal ini karena tubuh telah menerima energi dari makanan dan minuman saat sahur, sehingga kamu bisa melakukan olahraga pada saat ini.

Jenis olahraga yang bisa dipilih mirip seperti sebelum berbuka puasa, hanya waktunya jangan lebih dari 30 menit karena tubuh perlu cadangan energi untuk menjalani aktivitas harian.

Baca juga: Tips Diet Tanpa Lesu Saat Berpuasa di Bulan Ramadan

 

Asupan bergizi dan cukup

Jika menjalankan aktivitas olahraga tersebut, kamu juga perlu imbangi dengan makanan yang bergizi.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti ubi, beras merah, atau gandum yang mampu menyimpan energi cadangan pada tubuh.

Begitu pula dengan makanan yang mengandung protein, seperti telur, ikan, ayam, dan lain-lain.

Sementara untuk cairan, asupan yang disarankan adalah 1,5-2 liter per hari. Kamu bisa perbanyak minum air putih dan kurangi minuman manis, termasuk minuman isotonik, serta minuman ber-caffeine tinggi, seperti kopi dan teh.

Minumlah air putih sebanyak 250-500 mililiter sebelum makan, karena saat perut kosong tubuh cenderung lebih cepat menyerap air. Selain itu, meminum air putih sebelum makan juga mampu menahan nafsu makan yang berlebihan.

Baca juga: Hidangan Penambah Nutrisi Tubuh Setelah Olahraga di Bulan Puasa

Jadi, kamu masih bisa menjaga tubuh agar tetap fit dengan waktu olahraga terbaik saat puasa. Yuk, tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan berolahraga di bulan puasa.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.