Search Cars

Otomotif

Wajib Dicoba, Resep Sukses Membangun Komunitas Ala TOSCA

Membangun komunitas tidaklah gampang. Seringkali baru terkumpul beberapa anggota kemudian stuck atau mentok tidak ada kegiatan yang menyatukan, bahkan tak jarang justru bubar. Bagaimana caranya supaya awet?

TOSCA (Toyota Sienta Community Indonesia) adalah satu di antara banyaknya komunitas yang terbentuk di kalangan pehobi otomotif. Komunitas ini terbilang sukses dalam memanajemen kelompoknya, baik dari segi internal maupun eksternal.

 

Lantaran kesuksesan itu, nama besar TOSCA—sebagai komunitas pecinta Toyota Sienta pabrikan TAM—pun banyak mencuri perhatian masyarakat. Hal itu lantas membuat komunitas yang baru menginjak usia 3 tahun ini mempunyai sekitar 1.000 anggota aktif yang menyebar di berbagai provinsi di Indonesia.

 

Tak sampai di sana saja, komunitas ini pun turut menunjukkan eksistensinya sebagai komunitas yang berkembang. Dengan membuat grand design komunitas yang jelas, mulai dari visi-misi, program kerja, hingga tata kelola SDM yang terbilang apik.

 

Nah, bagi Anda yang ingin mengembangkan komunitas otomotif, Nandang Sugiato, ketua umum TOSCA, saat Seva.id wawancarai Selasa lalu (12/9) membagikan resep sukses membangun komunitas ala TOSCA yang bisa menjadi tolok ukur Anda.

 

Tetapkan Tujuan yang jelas

Tak banyak yang mengerti bahwa konsep antara komunitas dan klub berbeda. Terkadang, kesalahpahaman terhadap konsep itu tak jarang membuat komunitas gagal dalam mem­-bounding kelompoknya.

 

Pada dasarnya, komunitas adalah kelompok yang saling berinteraksi karena adanya satu ketertarikan yang sama. Aturan yang diterapkan dalam komunitas dinilai lebih fleksibel dibanding klub yang cukup kaku dan sangat formal.

 

“Kita kalau di TOSCA tak pernah memaksa anak-anak (anggota) buat ikutan kopdar atau agenda lain. Semua kegiatan yang kami buat tujuannya untuk senang-senang. Jadi, kalau mereka nggak bisa, ya, nggak apa-apa, tak ada sanksinya juga.”jelas Nandang

 

Oleh karenanya, ketika Anda ingin membentuk satu kelompok, buat tujuan dengan jelas. Jangan sampai keberadaan kelompok Anda menjadi beban bagi anggota maupun sebaliknya. Sebab, tindakan ini akan berpengaruh pada visi-misi yang ingin komunitas Anda capai.

 

Ciptakan kenyamanan di kalangan internal

Kenyamanan merupakan komponen penting yang harus diterapkan di komunitas otomotif Anda. Sedapat mungkin kenyamanan ini dijadikan sebagai visi utama sehingga membuat para anggota Anda merasa betah berada di komunitas.

 

Dengan mengusung konsep ‘One Family‘, TOSCA mengaplikasikan kenyamanan versi mereka dengan sistem terbuka dan transparan secara kekeluargaan.  Setiap anggota diajarkan untuk menyelesaikan masalah secara musyawarah dan kekeluargaan. Jadi, bila ada masalah di antara mereka, paling tidak masalah tersebut langsung diselesaikan sambil ngopi bersama.

 

Buat program kerja dan agenda pertemuan

Bagi sebagian orang, alasan utama yang membuat mereka memutuskan untuk bergabung dalam komunitas ialah untuk bersenang-senang dan menyalurkan hobi. Di komunitas, Anda dapat menemukan orang-orang yang satu frekuensi dengan Anda, baik dari segi obrolan hingga hobi yang bisa dilakukan bersama. Bersama merekalah Anda bisa saling bersinergi satu sama lain.

 

Bahkan, tak jarang ada pula komunitas yang menjadi wadah bagi anggota untuk mengukir prestasi bersama. Artinya, Anda tak hanya bisa menyalurkan hobi saja, tetapi turut memberikan kesempatan kepada diri Anda untuk bisa berkembang.

 

Menariknya lagi, Anda juga bisa mengikuti berbagai kegiatan seru, di antaranya seperti kopdar, family fun, touring, arisan keluarga, dan kegiatan sosial.

Bangun kerja sama eksternal

Keberhasilan komunitas tak hanya diukur dari seberapa seringnya Anda mengadakan kegiatan. Namun, bisa juga dilihat dari bagus atau tidaknya hubungan komunitas tersebut dengan pihak luar. Tentu, keberadaan pihak luar tak bisa dihindari begitu saja, keberadaannya bisa menjadi pendorong berkembangnya komunitas Anda.

 

“Acara-acara yang TOSCA buat tak jarang turut melibatkan pihak eksternal. Kita sering ngadain kerja sama dengan beberapa perusahaan untuk gabung dan ambil bagian di kegiatan kita. Namun, TOSCA lebih memilih perusahaan-perusahaan nasional. Biar memajukan usaha dalam negeri,” tutup Nandang.

 

Itulah resep sukses membangun komunitas ala TOSCA yang bisa Anda terapkan di komunitas Anda. Namun perlu diingat, keberadaan komunitas otomotif bisa menjadi bagian yang paling menyenangkan dalam menyalurkan hobi sehingga anggota akan merasa betah bergabung di komunitas. Jadi, selamat mengembangkan komunitas Anda.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.