Velg Mobil Penyok, Mending Reparasi atau Beli Velg Baru?

By Reka Harnis - Maret 31, 2021

Velg adalah salah satu komponen mobil yang sering mengalami kerusakan. Lalu, jika velg mobil penyok, apa solusinya?

velg mobil penyok

Komponen kaki-kaki pada mobil beresiko rusak karena fungsinya yang harus menopang mobil. Salah satu yang sering terjadi adalah velg mobil penyok.

Lantas, bila velg mobil penyok, mana yang lebih baik, direparasi atau ganti baru?

Jika kerusakannya tergolong ringan, seperti munculnya baret pada permukaan velg, kamu bisa melakukan reparasi. Sebab dari segi performa, velg masih bisa bekerja dengan baik, hanya tampilannya saja yang berubah.

Sementara, apabila velg mobil penyok atau peyang, sebaiknya dibawa ke bengkel spesialis press velg yang terpercaya bila ingin melakukan reparasi.

Namun sebenarnya, velg mobil yang penyok atau peyang juga tidak cukup diperbaiki dengan press saja, melainkan butuh dibubut dan dipapas agar kondisinya tetap simetris.

Baca juga: Hal yang Menyebabkan Setir Mobil Berbunyi Saat Belok

Lain hal jika velg mobil sudah pecah, sebaiknya langsung ganti dengan velg baru agar kondisinya tetap prima dan seimbang dengan velg lainnya.

Sebab, sebaik apapun velg yang sudah diperbaiki, tidak disarankan untuk dipakai terlalu lama karena kekuatannya akan jauh berbeda dengan sebelumnya.

Maka dari itu, lebih baik mencegah kerusakan daripada harus merogoh kocek dalam-dalam untuk melakukan reparasi atau mengganti velg mobil dengan yang baru.

Baca juga: Ini Penyebab Mobil Susah Distarter Saat Pagi Hari

Nah, untuk menghindarinya, yuk simak beberapa penyebab velg mobil penyok berikut ini.

Berita Terkait

Author