Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Resmi Menyapa Indonesia

Kolaborasi bertajuk Sinergi Untuk Negeri menjadi saksi kemunculan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky di Indonesia. Apa saja varian yang akan ditawarkan?

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Setelah ditunggu-tunggu pecinta otomotif di dalam negeri, akhirnya Toyota Raize dan Daihatsu Rocky resmi diperkenalkan kepada publik.

Pengenalan kedua produk anyar ini bersamaan dengan berlangsungnya peresmian kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu bertajuk Sinergi Untuk Negeri secara virtual lewat channel YouTube ToyotaIndonesia dan Daihatsu Sahabatku.

Peresmian ini juga dihadiri oleh Chief Executive Officer of Toyota Motor Corporation Asia Region, Yoichi Miyazaki; President of Daihatsu Motor Company, Soichiro Okudaira; Presiden Direktur PT Astra International Tbk., Djony Bunarto Tjondro, dan Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Baca juga: Hasil Uji Tabrak Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Presiden Direktur PT Astra International Tbk., Djony Bunarto Tjondro, mengatakan, kami bangga telah menjadi bagian dalam mengembangkan produk Toyota dan Daihatsu di Indonesia selaras dengan cita-cita Astra, yakni Sejahtera Bersama Bangsa.

“Astra berharap produk kolaborasi baru ini akan memberikan semakin banyak pilihan bagi konsumen di Indonesia sebagai solusi mobilitas berkualitas yang merupakan hasil semangat bersama Astra, Toyota, dan Daihatsu,” tambahnya.

Seperti diketahui, sebelum Toyota Raize dan Daihatsu Rocky dikenalkan, kedua pabrikan asal Jepang ini sudah beberapa kali berkolaborasi menghasilkan produk yang tidak hanya sukses di dalam negeri, tetapi juga diekspor.

Misalnya adalah Avanza-Xenia di tahun 2003, Rush-Terios tahun 2006, Agya-Ayla tahun 2012, dan Calya-Sigra di tahun 2016.

Baca juga: Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Meluncur Tahun Ini?

Lalu, apa saja fitur yang menjadi andalan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky kali ini?

Daihatsu Rocky

Mesin turbo

Mengusung konsep Sport Utility Vehicle (SUV) kompak lima penumpang, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky akan memiliki dua varian mesin saat dipasarkan.

Pilihannya adalah mesin berkapasitas 1.200 cc empat silinder normally aspirated dan mesin baru berkapasitas 1.000 cc tiga silinder dengan turbo.

Menariknya, mesin turbo berkode 1KR-VET ini diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 97 daya kuda dengan torsi 140 Nm. Tenaga dan torsinya hampir mirip dengan mesin berkapasitas 1.500 cc normally aspirated.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Daihatsu Rocky Terbaru, Berminat?

Mesin turbo ini bisa dibilang mesin yang baru dihadirkan oleh Toyota dan Daihatsu di Indonesia. Tidak hanya itu, mesin ini juga sama dengan yang digunakan pada kedua mobil tersebut di Jepang.

Toyota Raize

Desain Raize-Rocky

Secara dimensi, sebagai compact SUV, dimensi Toyota Raize dan Daihatsu Rocky terbilang mirip, dengan panjang 3.995 milimeter, lebar 1.695 milimeter, tinggi 1.620 milimeter, wheelbase 2.525 milimeter, serta radius putar 5 meter.

“Kami percaya dengan desain yang sporty dan stylish akan menjadi pilihan yang tepat untuk pelanggan Indondesia di segmen yang sedang berkembang yaitu SUV,” kata Chief Executive Officer of Toyota Motor Corporation Asia Region, Yoichi Miyazaki.

Baca juga: Sejarah Daihatsu Taft, dari Kancil hingga Rocky

Masuk ke bagian interior, meski bodinya kompak, keduanya tetap mengakomodasi penumpang dengan nyaman dengan leg room yang luas serta kapasitas bagasi mencapai 369 liter.

“Daihatsu Rocky adalah compact SUV dengan total konsep desain terkini, temasuk struktur rangka dasar dan sistem penggerak mesin yang menghasilkan kelegaan dalam bodi yang kompak, dan peningkatan drastis dalam performa maupun keseluruhan kualitas,” President of Daihatsu Motor Company, Soichiro Okudaira.

Raize-Rocky

Varian dan harga Raize-Rocky

Baik Toyota Raize dan Daihatsu Rocky nantinya masing-masing rencananya akan hadir dengan enam varian.

Baca juga: Unitnya Terbatas, Kini Toyota GR Yaris Sudah Bisa Dipesan

Varian Toyota Raize adalah sebagai berikut.

Toyota Raize 1.2 G MT

Toyota Raize 1.2 G CVT

Toyota Raize 1.0T G MT

Toyota Raize 1.0T G CVT

Toyota Raize 1.0T S CVT

Toyota Raize 1.0T S CVT TSS

Sementara itu, varian Daihatsu Rocky ada di bawah ini.

Daihatsu Rocky 1.2 M MT

Daihatsu Rocky 1.2 M CVT

Daihatsu Rocky 1.2 X MT

Daihatsu Rocky 1.2 X CVT

Daihatsu Rocky 1.0T R MT

Daihatsu Rocky 1.0T R CVT.

Nah, untuk harga Toyota Raize dan harga Daihatsu Rocky secara resmi akan diumumkan saat launching keduanya pada 30 April 2021.

Berapa ya kira-kira harga yang pantas untuk keduanya?