Toyota 2000GT, Mobil JDM Legendaris yang Banyak Diburu

By Arris Riehady - Juli 17, 2020

Mobil JDM dan JDM look itu ternyata berbeda. Apa bedanya? Simak ulasannya dan ketahui Toyota 2000GT mobil JDM yang legendaris berikut ini.

Toyota 2000GT

Mobil JDM (Japanese Domestic Market) merupakan model mobil yang hanya dijual untuk pasar domestik Jepang dan tidak ada di negara lain.

Lantas apa istimewanya mobil JDM? Seperti diketahui, Jepang merupakan rumah bagi banyak produsen otomotif, termasuk mobil.  Biasanya sebelum diluncurkan secara global, mobil dari merek otomotif Jepang akan dikenalkan lebih dulu untuk pasar lokal Negeri Sakura tersebut.

Bisa juga, bila mobil tersebut dikhususkan untuk pasar global, makan Jepang akan memiliki variannya sendiri dengan model, spesifikasi, serta fitur yang berbeda. Inilah yang kemudian disebut sebagai mobil JDM.

Contoh dari mobil JDM adalah Toyota Great Corolla atau kerap disebut Greco. Greco versi JDM memiliki beberapa varian seperti Levin GT Apex AE101, Ceres, dan BZ-Touring Wagon.

Baca juga: SevaMagz Vol. 5: Toyota di Hati Kita

Mobil JDM bisa dibeli oleh masyarakat Indonesia dengan cara impor melalui jalur importir umum (IU). Walau diimpor dalam keadaan utuh atau completely built-up (CBU), karena regulasi ada beberapa fitur dan kapasitas mesin yang dikurangi.

Selain itu, mobil JDM yang bisa diimpor biasanya adalah mobil bekas yang usianya sudah mencapai 25 tahun.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!