Tips Renovasi Rumah dengan Biaya yang Terbatas

21 June 2019

Biaya renovasi rumah memang tidak murah, namun ada cara agar  tetap bisa melakukannya menggunakan dana yang terbatas seperti di bawah ini.

renovasi rumah

Merawat rumah agar tetap nyaman untuk dihuni wajib dilakukan oleh setiap pemiliknya. Oleh karena itu, bila ada kerusakan, sudah seharusnya segera diganti oleh pemilik. Tetapi, jika kerusakannya terjadi di beberapa titik, biasanya pemilik rumah akan melakukan renovasi.

 

Tentunya, ketika ingin merenovasi, pemilik rumah harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Untuk itu, perlu adanya strategi atau rencana pembangunan agar semuanya berjalan dengan lancar.

Apalagi ketika ingin melakukan renovasi rumah tua, kebutuhan yang diperlukan biasanya akan lebih banyak. Modal renovasi rumah juga akan mengikuti kebutuhan tersebut.

 

Maka dari itu, sebelum merenovasi rumah Anda ada baiknya untuk menyimak beberapa tips renovasi rumah berikut ini, yang mungkin dapat membantu Anda dalam membuat perencanaannya.

 

Buat rincian prioritas

Hal pertama yang harus dilakukan untuk merenovasi rumah dengan biaya yang terbatas yaitu membuat rincian prioritas. Tujuannya adalah untuk mengalokasikan dana renovasi kepada bagian-bagian yang penting terlebih dulu.

 

Jangan lari dari rincian prioritas yang dibuat karena akan membuat dana semakin bertambah. Misalnya, ketika ingin merombak bagian atap, ada keinginan untuk langsung membuat satu lantai lagi pada rumah Anda.

 

Tentunya, biaya yang dikeluarkan semakin besar, bahkan jauh lebih besar dari yang sudah direncanakan sebelumnya.

 

Catat juga semua bahan bangunan yang dibutuhkan dan masukkan ke dalam rincian prioritas Anda agar terencana dengan baik.

Lakukan survei ke toko bagunan

Setelah memiliki rincian prioritas, Anda bisa langsung melakukan survei ke toko-toko bangunan. Untuk hal ini, Anda harus memiliki waktu yang cukup agar bisa berkeliling ke banyak toko bangunan dan membandingkan mereka satu sama lain.

 

Cek segala bahan kebutuhan, mulai dari kualitas, kuantitas, ketersediaan barang, sampai dengan harga terbaik. Buat catatan berbeda antara satu toko dengan toko lainnya supaya lebih mudah saat membandingkannya.

 

Sebaiknya, toko tersebut tidak jauh dari lokasi rumah Anda, agar pengiriman barang-barang dapat dilakukan dengan mudah dan proses pengerjaan renovasi rumah otomatis menjadi lebih cepat.

 

Pilih toko yang lengkap

Pilihlah toko bangunan yang memenuhi barang-barang kebutuhan Anda. Bila ada beberapa toko yang menyediakannya, pilih toko yang memberikan harga sesuai dengan budget Anda.

 

Kalau bisa, ajak toko bangunan itu menjadi rekanan, karena akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk mengangsur pembelian material di toko tersebut.

 

Anda dan toko material tentunya sama-sama diuntungkan, karena barang yang di toko dapat terjual dan Anda pun dapat menyicil saat membayar barang-barang kebutuhan renovasi.

 

Hitung semua rencana pengeluaran

Apabila sudah memilih toko material yang cocok, Anda dapat menghitung semua pengeluaran yang diperlukan untuk renovasi. Jangan sampai ada yang tertinggal saat menghitung dana yang diperlukan, mulai dari material kecil seperti paku, sampai dengan material besar.

 

Selain itu, buat juga rencana pengeluaran untuk membayar tenaga pekerja yang akan merenovasi rumah Anda. Tentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah Anda sampai prosesnya selesai.

 

Dengan begitu, Anda dapat menentukan berapa gaji dan segala kebutuhan untuk pekerja, mulai dari biaya makan, kopi, dan lain-lain.

 

Atau, jika tidak ingin repot memikirkan itu, Anda dapat menggunakan jasa kontraktor bangunan saat melakukan renovasi. Anda bisa diuntungkan dari sisi kenyamanan proses pembangunan dan hasil. Namun, harganya rata-rata akan lebih mahal dibandingkan menggunakan tenaga pekerja bangunan lepas.

 

Siapkan dana tidak terduga

Walaupun sudah membuat rencana pengeluaran, tidak ada salahnya bila Anda juga menyiapkan dana tidak terduga untuk mengantisipasi tambahan-tambahan dana di luar dari rencana pengeluaran.

 

Dana ini berguna untuk mengganti barang-barang yang mungkin rusak saat digunakan, seperti paku bengkok, batu yang pecah, kekurangan semen atau pasir, dan lain sebagainya. Jadi, Anda tidak pusing lagi memikirkan dana untuk mengganti semua kejadian yang diluar rencana tersebut.

 

Hal yang perlu diingat adalah tentukan semuanya di awal, jangan sampai ada yang terlewat. Perencanaan yang matang akan menentukan biaya dan hasil dari renovasi rumah Anda.

 

Semoga beberapa tips di atas dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah dengan budget yang minim.

 

Jangan lupa, ingatkan pekerja untuk selalu hati-hati dan diawasi dalam proses pengerjaannya ya.

SHARE