Search Cars

Travel & Lifestyle

Cara Memilih Kacamata Hitam yang Aman dan Nyaman untuk Mengemudi

Bagaimana cara memilih kacamata hitam yang nyaman dan aman untuk mengemudi? Berikut tipsnya.

kacamata hitam untuk mengemudiMemilih kacamata hitam untuk mengemudi sejatinya tidak bisa sembarangan, lantaran kaca mata hitam yang digunakan saat berkendara haruslah disesuaikan dengan spesifikasi khusus agar aman dan nyaman ketika digunakan saat mengemudi.

 

Meski memiliki fungsi yang sama, kacamata hitam biasa dan kacamata untuk mengemudi memiliki fitur yang berbeda.

 

Namun, apa saja perbedaannya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Fitur UV Protection

Kacamata hitam untuk mengemudi harus memiliki fitur UV Protection untuk mengurangi paparan radiasi sinar matahari langsung ke mata Anda. Fitur UV Protection akan membuat Anda nyaman berkendara saat siang hari untuk waktu yang cukup lama.

 

Kacamata dengan fitur UV Protection dapat dilihat dari adanya label yang bertuliskan Progressive Lenses.

Lensa Polarisasi

Selain harus memiliki fitur UV Protection, kacamata hitam untuk mengemudi juga harus dapat menghalau cahaya silau atau glare. Kebanyakan kacamata hitam biasa hanya dapat meredam sedikit cahaya silau, berbeda dengan kacamata hitam untuk mengemudi yang menggunakan lensa polarisasi.

 

Baca juga: Tips Memilih Warna Lensa Kacamata untuk Mengemudi

 

Polarisasi adalah fitur lensa yang dapat secara efektif menghilangkan efek silau. Fitur ini akan membantu Anda dengan mengurangi refleksi terang dari cahaya maupun sorotan lampu di mobil depan.

 

Selain mengurangi silau, lensa ini juga dapat membantu Anda mengurangi kelelahan mata karena memberikan daya penglihatan yang lebih tinggi dan lebih jelas.

Pilih warna lensa yang tepat

Memilih warna lensa juga merupakan hal yang penting diperhatikan ketika memilih kacamata hitam untuk mengemudi. Warna pada lensa kacamata mempengaruhi mata Anda dalam mendeteksi warna-warna yang ada di jalan raya.

 

Hal ini sangat penting mengingat saat berkendara Anda haruslah dapat mengidentifikasi tanda, sinyal, dan lampu lalu lintas.

 

Oleh karena adanya perbedaan intensitas cahaya pada siang dan malam hari, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk membeli dua kacamata mengemudi yang khusus Anda gunakan saat siang dan saat malam tiba.

 

Umumnya, kacamata mengemudi yang digunakan pada siang hari menggunakan lensa berwarna gelap seperti abu-abu dan coklat, sementara untuk malam hari kacamata mengemudi menggunakan lensa dengan warna kekuningan.

tips memilih warna lensa kacamata

Kecocokan dan kenyamanan

Jika Anda ingin membeli kacamata hitam untuk mengemudi ada baiknya untuk juga memperhatikan dari sisi kecocokan dan juga kenyamanan. Pertimbangkan untuk memilih kacamata mengemudi sesuai bentuk wajah serta ukurannya.

 

Hindari memilih kacamata yang terlalu berat, terlalu besar, atau terlalu kecil dibanding ukuran wajah dan kepala Anda.

 

Baca juga: Saat Berkendara, Mending Neduh atau Terobos Hujan?

 

Kemudian, kacamata mengemudi terdiri dari beragam ukuran. Agar Anda merasa nyaman, cobalah untuk memilih berdasarkan ukuran hidung. Pilihlah kacamata yang tidak terlalu ketat atau terlalu longgar.

 

Jadi, kacamata hitam bukan hanya sekedar untuk menunjang penampilan, tetapi juga demi menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.