Tips Cara Test Drive dan Jajal Fasilitas di GIIAS 2019 yang Lengkap

By Arris Riehady - Juli 23, 2019

Tentu sebagai pameran otomotif terbesar di Indonesia, fasilitas GIIAS 2019 meliputi test drive mobil-mobil terbaru. Begini caranya!

Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 atau GIIAS 2019 resmi dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla pada 18 Juli 2019.

 

Daya tarik sebuah ajang pameran otomotif tentu saja kendaraan yang dipajang oleh ATPM. Momen GIIAS pun tidak dilewatkan oleh ATPM untuk menjual dan mengenalkan mobil-mobil terbarunya.

 

Agar pengunjung serta calon pembeli semakin yakin akan mobil yang akan dimilikinya, fasilitas GIIAS 2019 pun meliputi test drive mobil-mobil terbaru.

 

Baca juga: Deretan Mobil Baru yang Mejeng di GIIAS 2019

fasilitas giias 2019

Cara test drive

Cara untuk melakukan test drive pun sangat mudah! Kami, Seva.id pun sudah melakukannya. Pertama, kunjungi booth ATPM mobil yang ingin di-test drive. Pada kesempatan ini, kami mengunjungi booth Daihatsu dan hendak mencoba Daihatsu Grand New Xenia.

 

Kemudian, Anda bisa tanyakan pada sales ketersediaan mobil tersebut di fasilitas GIIAS 2019. Jika memang Anda niat membelinya, jangan segan untuk tanyakan harga, fasilitas cicilan, hingga negosiasi harga. Sales pun akan mengantar Anda ke area test drive.

 

Jika unit tersedia, kebetulan pada test drive fasilitas GIIAS 2019 ada unit Daihatsu Grand New Xenia varian R Deluxe dengan mesin 1.500 cc. Di area test drive, Anda akan diminta mengisi data diri yang meliputi nama, nomor telepon, email, dan nomor SIM A oleh crew GIIAS 2019.

 

Ya, untuk Anda yang ingin test drive diwajibkan memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) A untuk mobil. Sementara untuk test ride motor harus punya SIM C.

 

Saat sudah melengkapi data diri ada verifikasi berupa barcode pada email. Barcode ini akan di-scan oleh crew tersebut, baru Anda akan diantar oleh sales ke tempat mobil berada.

 

Selama test drive Anda akan didampingi oleh sales yang siap menjelaskan semua fitur yang ada di dalam mobil dan seorang crew yang akan menunjukkan jalan.

toyota prius phev

Area test drive

Ada tiga area test drive fasilitas GIIAS 2019. Test Drive A meliputi mobil-mobil seperti merek Honda, Daihatsu, Toyota, Wuling, Mitsubishi, Mazda, dan lainnya yang booth-nya ada di Hall 1 sampai Hall 3a.

 

Ada juga Test Drive B yang berisi mobil-mobil yang ada di Hall 5 sampai Hall 8 seperti Suzuki, Isuzu, Nissan, Datsun, dan lain sebagainya. Di sini pun Anda bisa test drive mobil-mobil yang spesial sepertu Daihatsu Tanto, Toyota Prius PHEV (plug-in hybrid electric vehicle) mobil listrik Toyota, Toyota Prius Hybrid, Toyota C-HR Hybrid, dan BYD E6  mobil listrik yang jadi armada taksi.

 

Khusus untuk MINI dan BMW, keduanya menempati area test drive khusus yang berada di BMW Group Pavilion.

 

Untuk test drive ada beberapa area yang bisa jadi bahan pertimbangan untuk menilai sebuah mobil. Selain jalan lurus untuk mencoba performa mobil, ada pula jalan berliku untuk merasakan handling mobil, ramp menanjak dan menurun digunakan untuk mencoba kekuatan serta sistem rem, hingga polisi tidur yang berjejer untuk kenyamanan suspensi.

 

Biasanya usai test drive, Anda akan diajak kembali menuju booth mobil untuk melakukan negosiasi harga oleh sales. Lantas apa jadinya jika Anda tidak jadi ingin membeli? Tentu tidak masalah, konsumen bebas untuk memilih mobil idamannya. Tidak ada paksaan sedikit pun dari sales.

 

Lalu kalau hanya ingin test drive saja tanpa beli apa bisa? Bisa saja, namun tetap dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

Beda layout

Selain tema besar Future in Motion, ada hal lain yang berbeda dengan GIIAS tahun ini dibanding dengan tahun sebelumnya, yakni layout hall dan penempatan booth dari perserta pameran kini dibalik.

 

Tahun lalu, Hall 1-3 ditempati oleh booth-booth kendaraan komersial serta industri pendukung seperti aksesoris, dan Hall 3a-10 diisi oleh booth-booth milik ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek).

 

Maka layout hall dan penempatan booth GIIAS 2019 ini kebalikannya. Booth-booth milik ATPM kini menempati Hall 1-6. Sementara, booth-booth kendaraan komersial serta industri pendukung seperti aksesoris berada di Hall 7-10.

 

Tentu, untuk pengunjung dan pecinta otomotif yang rutin ke GIIAS tiap tahunnya penempatan dan layout baru tersebut memberikan nuansa baru sehingga tidak membosankan.

GIIAS 2019

Untuk keluarga yang membawa anak-anak, fasilitas GIIAS 2019 juga meliputi area bermain anak yang disediakan oleh masing-masing booth, seperti kids corner di booth Astra Financial yang punya banyak permainan interaktif, Daihatsu dengan kid’s corner, atau booth Mitsubishi yang menggandeng KidZania dengan simolator mengemudi dan anak bisa mendapatkan “SIM A”.

 

Baca juga: Ada Hadiah iPhone Hingga Travel Bag dari Astra Financial di GIIAS 2019

 

Masih banyak fasilitas GIIAS 2019 yang memanjakan dan bisa dinikmati pengunjung. Tidak khawatir kelaparan karena terdapat area food truck dan food spot.

 

Yuk, langsung datang saja ke GIIAS 2019 di ICE, BSD City, yang akan berlangsung hingga 28 Juli 2019!

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!