Tips Bawa Sepeda di Mobil Secara Aman dan Nyaman

By Arris Riehady - July 1, 2020

Tidak hanya menjaga kebugaran, bersepeda sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Suka bepergian? Ini tips bawa sepeda di mobil.

bawa sepeda di mobil

Bersepeda bisa jadi alternatif untuk olahraga selain berlari. Tidak hanya itu, tren bersepeda mulai menjamur belakangan ini untuk menjaga kebugaran serta daya tahan tubuh.

Pilihan jenis sepeda pun beragam, ada full bike dan folding bike atau sepeda lipat. Jenis folding bike juga banyak dicari orang, karena bisa dilipat dan berbentuk kecil serta bisa dibawa kemana saja.

Karena bentuknya yang ringkas, ada juga pencinta sepeda lipat yang selalu bawa sepeda di mobil. Jadi sewaktu-waktu dibutuhkan, sepeda tersebut dapat langsung dipakai.

Sepeda lipat bisa diandalkan kala terjebak kemacetan dan ada keperluan mendadak. Saat terjebak di kemacetan, pemiliknya dapat memarkiran mobil di tempat aman, lalu menuju lokasi dengan menggunakan sepeda tersebut. Mudah dan cepat.

Baca juga: Jalur Sepeda Jadi Solusi Atasi Macet dan Polusi DKI Jakarta

bawa sepeda di mobil

Ya, sepeda jenis ini memiliki ciri utama rangka yang dapat dilipat. Rangka pada sepeda lipat biasanya terdapat satu batang yang menghubungkan batang tempat duduk dengan batang kepala atau garpu depan.

Ukuran bannya tidak sebesar sepeda batang atau full bike. Sepeda lipat memiliki ukuran 16 inci hingga 20 inci. Sementara harganya berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 5.000.000.

Namun ada juga sepeda Brompton, sepeda lipat buatan tangan asal Inggris yang harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Sistem pengunci panel pada sepeda lipat dengan harga yang lebih murah biasanya sedikit agak goyang, mungkin ini dikarenakan dari bahannya. Sedangkan pada sepeda lipat yang lebih mahal sistem penguncinya akan terasa rigid atau kaku.

Baca juga: Aturan Memasang Roof Rack yang Aman

Suka bepergian? Ini tips bawa sepeda di mobil.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!