Search Cars

Tips & Rekomendasi

Terobos Banjir, Cek Tips Ini Agar Rem Anda Tidak “Blong”

rem tangan

Curah hujan khususnya di Jakarta sudah lumayan tinggi. Hampir setiap hari selalu turun hujan, bahkan bisa seharian penuh. Biasanya, kalau sudah begini genangan air di jalan semakin banyak, malahan bisa menjadi banjir.

Jika jalanan sudah tergenang air dan pilihan terbaiknya adalah menerobos genangan, sebaiknya jangan lupakan kondisi rem setelah itu.

Menurut Sanusi, Workshop Head Isuzu Astra Biz Centre BSD, rem akan kehilangan daya cengkramnya jika basah setelah melewati genangan air. “Rem kalau kena basah biasanya tidak menggiigit, jadi jangan langsung ngebut dan jangan terlalu yakin rem itu normal,” ujar Sanusi.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Setelah itu, bagian mobil apa yang harus diperhatikan pada saat musim hujan? Berikut tipsnya yang mungkin bisa menjadi referensi Anda agar dapat berkendara lebih aman dan nyaman.

1. “Kocok rem” setelah melewati genangan air

Menurut Sanusi, setelah melewati genangan air yang cukup tinggi atau melewati banjir, kondisi rem akan berbeda dengan kondisi normal karena setelah masuk ke dalam genangan air menyebabkan kotoran-kotoran tersebut menyelinap ke dalam rem dan membuat rem kurang pakem.

Bagaimana mengatasinya?

“Sebaiknya melambatkan kendaraan lalu mengocok rem dengan cara tekan pedal rem berulang kali agar kondisi rem bisa panas, gigit lagi, dan kembali normal,” ungkap Sanusi.

rem mobil bunyi2. Pastikan rem sudah bekerja normal sebelum berkendara kembali

Setelah itu, pastikan rem sudah bekerja dengan sempurna seperti sebelum melewati genangan air. Caranya, berjalanlah dengan kecepatan rendah lebih dulu agar bisa merasakan daya cengkram rem, dan pastinya menjaga keamanan dalam mengemudi.

“Pastikan kampas rem menempel dengan baik dengan piringan, lalu kan remnya panas, agar airnya juga cepat hilang,” kata Sanusi.

3. Bersihkan dengan air

Setelah sampai di rumah, lebih baik rem dibersihkan dengan air atau langsung bawa ke tempat cuci mobil agar kotoran yang tersisa bisa segera dibersihkan. Perlu diingat, bahwa kotoran dari genangan air bisa menyebabkan cakram berkarat, bahkan terkikis karena mengandung kerikil-kerikil kecil.

Jika perlu, bersihkan piringan rem dengan sabun dan bilas sampai bersih agar kotoran yang masih menempel bisa hilang. Sanusi mengatakan, membersihkan rem dengan sabun tidak menjadi masalah asalkan dibilas sampai bersih.

jarak ideal pengereman mobil4. Lakukan perawatan di bengkel resmi

Kalau kotoran di rem masih bandel, lebih baik segera mengunjungi bengkel resmi terdekat agar ditangani lebih lanjut. Biasanya, membersihkan kotoran-kotoran bandel yang berada di dalam rem akan dilakukan pembongkaran agar rem lebih bersih.

5. Sekalian periksa komponen lain di bengkel resmi

Jika sudah di bengkel resmi, tidak ada salahnya memeriksa bagian mesin dan bagian lainnya, seperti lampu-lampu serta karet wiper yang juga merupakan bagian vital dari visualisasi pengendara tetapi sering dilupakan.

Apalagi di musim hujan seperti sekarang ini, pengemudi lebih membutuhkan pandangan yang jelas untuk menembus derasnya hujan yang turun.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.