Tempat Nongkrong Komunitas Mobil Era 90-an yang Paling Hits

Pada era 90-an banyak komunitas otomotif yang menghabiskan waktu untuk sekedar kopdar santai di tempat nongkrong paling hits di Jakarta. Nah, buat sekedar nostalgia, yuk, simak di mana saja lokasi itu.

Aktivitas kumpul atau yang kop darat (kopdar) memang sudah tren di kalangan pecinta otomotif sedari dulu. Bahkan, di era 1990-an banyak geng otomotif, khususnya mobil, seringkali mengada agenda rutin untuk sekadar nongkrong dan menghabiskan waktu bersama.

 

Bedanya, jika di tahun ini komunitas mobil lebih sering mengadakan agenda rutin di coffee shop atau restoran, di era 90-an mereka lebih akrab dengan tempat nongkrong seperti Parkit dan Teater Mobil Ancol yang sering mengadakan kegiatan otomotif dan duduk-duduk santai .

 

Nah, untuk kembali mengenang romansa tempat nongkrong komunitas mobil  pada tahun 90-an, yuk, simak uraian berikut!

 

Parkir Timur Senayan (Parkit)

Di era 90-an, Parkit menjadi salah satu tempat paling hits di Jakarta. Anak muda Jakarta baru akan dikatakan gaul bila sudah pernah nongkrong di tempat ini. Karena keberadaannya yang sering dijadikan sebagai tempat nongkrong, banyak pula komunitas mobil yang turut serta kopdar di sini.

 

Umumnya, kegiatan yang dilakukan komunitas mobil saat nongkrong di tempat ini ialah ngobrol santai atau maduma (makan-duduk-mabuk) menikmati pameran otomotif yang dilakukan oleh komunitas lain. Menariknya, dari kegiatan pameran tersebut, banyak komunitas otomotif yang memperlihat kepiawaian mereka dalam memodifikasi kendaraan.

 

Berada di kawasan Jakarta Selatan, Parkit juga merupakan salah satu tempat yang mudah dijangkau. Selain itu, lokasi parkir yang disediakan di Parkit juga terbilang luas sehingga mereka yang membawa mobil dan kendaraan lain tak repot dalam memarkir kendaraannya.

 

Teater Mobil Ancol

Meski dikenal sebagai salah satu produk budaya pop Amerika, drive-in cinema pada masa kejayaannya di era 90-an juga sempat menghebohkan kehidupan masyarakat Jakarta. Hal itu ditandai dengan banyaknya komunitas mobil yang turut mendatangi tempat drive-in cinema di Ancol sebagai sarana kongkow komunitas.

 

Drive-in cinema pertama kali diresmikan pada tanggal 11 Juli 1970 sebagai satu-satunya tempat nongkrong paling keren di Indonesia. Tempat ini mampu menampung sekitar 850 mobil untuk menonton pertunjukkan film yang diputar.

 

Komunitas yang datang ke tempat ini biasanya ingin sekadar bersantai ria menikmati pemutar film di dalam mobil atau sekedar  menikmati suasana pantai Ancol yang pada saat sangat ikonik dan banyak dijadikan sebagai lokasi syuting.

 

Taman Menteng

Selain kedua tempat di atas, Taman Menteng juga masuk ke jajaran tempat nongkrong komunitas mobil paling hits pada era 90-an. Tempatnya yang dekat dengan jajaran area hiburan rakyat, seperti Kebun Binatang (sekarang sudah dipindahkan ke Pasar Minggu) dan convenience store, asik untuk dijadikan sebagai tempat kumpul.  Karenanya, komunitas yang ingin dicap gaul perlu terlebih dulu nongkrong di tempat ini atau pun di Parkit sebagai bukti eksistensi komunitas tersebut.

 

Selain digunakan sebagai area nongkrong komunitas mobil, Taman Menteng juga sering dijadikan sebagai tempat ‘mojok’ muda-mudi 90-an yang sedang memadu kasih.

 

 

Blok M

Tempat lain yang tak kalah hits di era 90-an ialah Blok M. Kawasan ini juga banyak dikunjungi oleh komunitas mobil untuk sekadar kumpul dan nongkrong-nongkrong santai. Biasanya, kawasan Blok M akan mulai ramai dikunjungi sejak sore hari, apalagi saat malam minggu.

 

Ditambah lagi, 1962, daerah Blok M semakin terkenal sebagai kawasan nongkrong anak muda dan komunitas mobil di Jakarta setelah Indonesia menyelenggarakan Asian Games untuk pertama kalinya. Tempat ini menjadi tempat nongkrong kedua setelah Parkit Senayan.

 

Poster Cafe

Poster cafe menjadi salah satu tempat paling bersejarah yang menandai perkembangan musik indi di Jakarta. Tempat ini biasanya dijadikan sebagai lokasi kumpul dan diskusi santai oleh para remaja Jakarta atau komunitas mobil lainnya sambil menikmati live music dari grup band yang tampil, seperti Club Eighties dan Naif.

 

Serunya lagi, bagi mereka yang mempunyai kelompok musik juga bisa ikut serta untuk tampil membawakan lagu di Poster Cafe tersebut.

 

Akan tetapi, popularitas Poster Cafe hanya bertahan hingga akhir tahun 90-an sehingga membuat para penyuka musik indi ini beralih ke musik kaset di toko kaset Aquarius yang berada di Jalan Mahakam.

 

Itulah empat tempat nongkrong komunitas mobil yang paling hits di era 90-an. Dari keempat tempat tersebut, manakah yang pernah menjadi favorit komunitas Anda? Kunjungi sekalian nostalgia atau biar tau tempat nongkrong orangtua Anda dulu..