Tempat Makan Soto Terenak di Jakarta Saat Musim Hujan

Butuh makanan hangat saat musim hujan? Soto bisa jadi solusinya. Untuk itu, berikut 5 rekomendasi soto terenak di Jakarta versi Sejalan.

Saat musim hujan seperti sekarang, biasanya orang merasa lebih cepat lapar dan cenderung ingin menyantap makanan yang dapat menghangatkan badan. Salah satu pilihannya adalah makan soto. Ini adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berkuah seperti sop, berisi daging sapi, ayam, atau kambing.

 

Penyajiannya pun terkadang berbeda-beda. Ada yang disajikan dengan lontong, nasi, ketupat, mie, dan bihun. Tercatat, Indonesia memiliki 40 variasi soto dari Sabang hingga Merauke. Tapi, kamu tak perlu jauh-jauh berkeliling tanah air untuk mencicipi varian soto yang ada di Indonesia.

 

Bagi kamu warga Jakarta, kini sudah banyak yang menjual berbagai macam varian soto khas Indonesia. Berikut 5 rekomendasi makan soto terenak di Jakarta, yang mungkin bisa kamu coba untuk menghangatkan badanmu di musim hujan.

 

1. Soto Ayam Ambengan Pak Sadi

Soto ayam ini telah berjualan sejak tahun 1971. Awalnya Pak Sadi (yang bernama asli Bapak Hasni Sadi) berjualan soto ayam ambengan di daerah Surabaya. Sekarang, soto ini telah ada di Jakarta dengan lebih dari 12 cabang yang tersebar di Jakarta.

 

Soto Ambengan Pak Sadi pernah meraih penghargaan di ajang World Street Food Congress Food sebagai Masters of the Year di tahun 2013, dan mengalahkan para jajanan kaki lima dari berbagai negara di dunia.  Kamu bisa makan Soto Ayam Ambengan Pak Sadi dengan harga Rp 40 ribu.

 

2. Soto Kudus Blok M

Ingin mencicipi cita rasa soto kudus yang legendaris? Kamu bisa mencoba Soto Kudus Blok M. Soto Kudus ini telah ada sejak tahun 1978, lho! Cita rasanya yang khas dengan suwiran ayam yang gurih, bawang putih, serta nasi yang dicampur dengan kuah rasanya cocok banget buat menghangatkan kamu di musim penghujan.

 

Selain itu, juga terdapat beberapa dish yang disajikan di atas meja makan kamu saat makan soto, mulai dari sate kerang, sate telur puyuh, tahu dan tempe bacem. Ada juga otak goreng serta kerupuk gendar. Semangkuk soto kudus mungil ini dijual dengan harga Rp 23.500 untuk setiap porsinya.

 

3. Soto Mangkuto, Pasar Baru

Apakah kamu salah satu pecinta soto Padang? Jika iya, maka kamu harus mencoba Soto Padang H. St. Mangkuto yang berlokasi di Jalan Pintu Air, Pasar Baru. Soto padang yang ada sejak tahun 1942 ini racikannya tak pernah berubah hingga kini.

 

Aroma kaldu dari soto padang yang menggoda, bisa bikin kamu tambah semangat untuk menikmati Soto Mangkuto ini. Kelezatan Soto Mangkuto membuat tempat ini sangat ramai, khususnya disaat jam makan siang.

 

Bahkan, pemilik Soto Mangkuto, yaitu Nelly Mangkuto, pernah diundang ke Istana Negara untuk menyajikan soto padang di sana. Selain soto padang, ada sate padang yang menjadi menu tambahan. Semangkuk soto padang di Soto Mangkuto harganya Rp 38.000 per porsi.

 

4. Soto Sulung Koperia, Radio Dalam

Satu lagi soto legendaris yang tak kalah enaknya, yaitu Soto Sulung Koperia. Ini merupakan racikan soto khas Jawa Timur yang berisi hati, babat, usus, dan daging sapi dengan kuah yang berwarna kuning kental.

 

Rumah makan yang berada di wilayah Radio Dalam Raya ini ternyata sudah adan sejak 20 tahun lalu. Selain soto sulung, di tempat ini juga tersedia rawon, soto ayam, dan juga ada sop buntut. Satu porsi soto sulung yang terasa gurih ini seharga Rp. 29.000,-  saja. Untuk menikmati soto sulung ini, sebaiknya jangan datang terlalu malam ya, karena soto sulung selalu habis bahkan sebeum jam 8 malam.

 

5. Soto Tangkar Bang Samsudin

Terakhir adalah Soto Tangkar Bang Samsudin. Seperti yang diketahui, soto tangkar adalah makanan khas Betawi. Sekilas, penampakan soto tangkar dan soto betawi terlihat mirip, tetapi terdapat perbedaan pada warna kuahnya.

 

Soto tangkar memiliki kuah yang berwarna kuning pekat kemerahan, hal itu karena menggunakan kunyit dan cabai sebagai bumbu dasarnya. Kamu bisa menikmati semangkuk Soto Tangkar Bang Samsudin dengan daging bertekstur lembut seharga Rp. 25ribu.

 

Nah, itulah rekomendasi tempat makan soto enak di Jakarta versi Sejalan yang pas banget nemenin kamu saat hujan.Kamu juga bisa mampir ke sana setelah jam pulang kantor.

 

Tapi jangan lupa, kalau kamu mau berangkat ataupun pulang kantor tanpa khawatir ongkos yang mahal, kamu bisa cari tumpangan di aplikasi Sejalan.

 

Sejalan akan mengantarkan kamu ke tempat tujuan yang sejalan dengan Kapten, termasuk ke tempat makan soto. Untuk itu, yuk download aplikasi Sejalan dan booking perjalanannya!