Suku Cadang Mobil Ini Wajib Rutin Diganti, Apa Saja?

By Arris Riehady - Desember 28, 2018

Tiap pemilik mobil pasti ingin kendaraannya itu selalu dalam kondisi yang prima. Apalagi kalau mobil tersebut dipakai sebagai penunjang aktivitas sehari-hari.

Selain perlu rajin perawatan berkala dan servis rutin, ternyata ada suku cadang yang rutin harus diganti.

Perawatan berkala dan servis rutin merupakan kewajiban pemilik mobil. Salah satu tujuannya adalah menjaga kondisi mobil agar tetap prima dan bebas dari masalah saat digunakan.

Dalam perawatan berkala dan servis rutin pun kadang disarankan malah kadang diwajibkan untuk mengganti suku cadang. Meski telah teruji oleh pabrikan, ternyata suku cadang sendiri memiliki masa pakai.

Terlambat mengganti suku cadang bisa jadi menimbulkan kerusakan yang lebih besar pada mobil. Yang lebih parah, pemilik mobil harus mengeluarkan uang lebih besar untuk memperbaikinya.

Berikut adalah suku cadang yang rutin diganti dan usia pakai relatif cepat.

Oli mesin dan filter oli

Sepertinya sudah tidak perlu ditanyakan mengapa oli mesin dan filter oli menjadi suku cadang yang rutin diganti dan usia pakai relatif cepat.

Fungsi oli mesin sendiri sangatlah vital, yaitu melumasi bagian dalam mesin dan menjaga agar bagian dalam mesin bekerja dengan baik tanpa benturan dan terhindar gesekan antar komponen.

Sementara filter oli berfungsi untuk menyaring kotoran yang timbul dari dari gesekan mesin dan menyaring karbon, sebelum oli mesin disirkulasikan ke seluruh bagian mesin

Semakin sering mobil dipakai, maka semakin berat pula beban kerja oli mesin dan filter oli. Terlebih jika sering terjebak macet dalam kondisi stop and go dan mobil sering melakukan perjalanan jauh.

Pabrikan menyarankan untuk mengganti oli mesin pada 1.000 kilometer pertama di mobil baru. Seterusnya disarankan untuk rutin mengganti oli mesin filter oli tiap 10.000 kilometer.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!