Suku Cadang Mobil Ini Wajib Rutin Diganti, Apa Saja?

Tiap pemilik mobil pasti ingin kendaraannya itu selalu dalam kondisi yang prima. Apalagi kalau mobil tersebut dipakai sebagai penunjang aktivitas sehari-hari.

Selain perlu rajin perawatan berkala dan servis rutin, ternyata ada suku cadang yang rutin harus diganti.

Perawatan berkala dan servis rutin merupakan kewajiban pemilik mobil. Salah satu tujuannya adalah menjaga kondisi mobil agar tetap prima dan bebas dari masalah saat digunakan.

Dalam perawatan berkala dan servis rutin pun kadang disarankan malah kadang diwajibkan untuk mengganti suku cadang. Meski telah teruji oleh pabrikan, ternyata suku cadang sendiri memiliki masa pakai.

Terlambat mengganti suku cadang bisa jadi menimbulkan kerusakan yang lebih besar pada mobil. Yang lebih parah, pemilik mobil harus mengeluarkan uang lebih besar untuk memperbaikinya.

Berikut adalah suku cadang yang rutin diganti dan usia pakai relatif cepat.

Oli mesin dan filter oli

Sepertinya sudah tidak perlu ditanyakan mengapa oli mesin dan filter oli menjadi suku cadang yang rutin diganti dan usia pakai relatif cepat.

Fungsi oli mesin sendiri sangatlah vital, yaitu melumasi bagian dalam mesin dan menjaga agar bagian dalam mesin bekerja dengan baik tanpa benturan dan terhindar gesekan antar komponen.

Sementara filter oli berfungsi untuk menyaring kotoran yang timbul dari dari gesekan mesin dan menyaring karbon, sebelum oli mesin disirkulasikan ke seluruh bagian mesin

Semakin sering mobil dipakai, maka semakin berat pula beban kerja oli mesin dan filter oli. Terlebih jika sering terjebak macet dalam kondisi stop and go dan mobil sering melakukan perjalanan jauh.

Pabrikan menyarankan untuk mengganti oli mesin pada 1.000 kilometer pertama di mobil baru. Seterusnya disarankan untuk rutin mengganti oli mesin filter oli tiap 10.000 kilometer.

Filter udara

Meski dapat dibersihkan saat perawatan berkala dan servis rutin, tapi nyatanya filter udara memiliki batas usia dan wajib diganti.

Berfungsi menyaring kotoran atau debu dari udara luar, filter udara yang kotor dapat menghambat suplai udara yang masuk ke ruang bakar.

Ya, rajin membersihkan filter udara juga dapat menghemat konsumsi bahan bakar pada mobil.

Filter udara disarankan untuk dibersihkan tiap 10.000 kilometer dan wajib diganti tiap 40.000 kilometer. Bisa juga lebih cepat jika mobil sering lewat jalan yang berdebu.

Bila filter udara tidak dibersihkan dan terlalu kotor, debu atau kotoran dari luar bisa masuk dan menghambat suplai udara yang masuk ke ruang bakar. Akibatnya konsumsi bahan bakar jadi lebih boros.

Busi

Suku cadang yang satu ini memang kecil, tapi kalo sudah bermasalah berpengaruh besar pada kinerja mobil.

Busi yang terganggu kinerjanya dapat membuat konsumsi bahan bakar pada mobil menjadi lebih boros akibat pembakaran yang kurang optimal pada ruang mesin.

Tugas busi lah yang memantik api agar pembakaran pada ruang mesin dapat berjalan.

Karena itu, agar pembakaran lebih sempurna, pemilik mobil disarankan untuk rajin mengecek busi. Jika sudah kotor, bisa dibersihkan, namun lebih optimal diganti sekalian yang baru.

Penggantian busi biasanya dilakukan pada jarak pemakaian 20.000 kilometer.

Aki

Tanda-tanda aki atau accu mobil yang melemah dan perlu diganti adalah tidak adanya koneksi remote ke sistem alarm, bunyi klakson tidak nyaring, lampu indikator dashboard lemah atau tidak menyala sama sekali, dan pada akhirnya mesin tidak dapat dinyalakan.

Melemahnya aki mengakibatkan tidak adanya pasokan tenaga ke sistem kelistrikan mobil. Untuk itu, periksa kondisi aki secara berkala. Bahkan ganti suku cadang tersebut bila diperlukan.

Aki biasanya akan melemah saat masuk tahun kedua atau ketiga penggunaan mobil dalam keadaan normal. Artinya tidak ada tambahan perangkat elektronik dan aksesoris kelistrikan lain.

Filter AC

Filter AC yang kotor dan berdebu dapat menggangu kinerja AC. Ketika kinerja AC terganggu, suhu kabin akan sulit dingin, dan lama-lama AC pun bisa rusak.

Jangan lupa untuk selalu merawat dan membersihkan filter AC. Jika memang sudah dianjurkan untuk ganti, sebaiknya lakukanlah pergantian filter AC secara berkala.

Umumnya filter AC direkomendasikan diganti tiap 20.000 kilometer.

Kampas rem

Rem merupakan komponen yang wajib dicek secara berkala agar tetap aman saat berkendara. Perawatan yang biasanya dilakukan adalah melihat kondisi kampas rem, apakah butuh penggantian atau tidak.

Untuk mengecek ketebalan kampas rem dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, jika terdengar bunyi decitan dari bagian rem, kemungkinan besar kampas rem mobil sudah tipis dan menyebabkan bunyi gesekan antara dua logam.

Lalu, kampas rem yang habis juga dapat terdeteksi ketika sedang menginjak pedal rem. Biasanya, pada saat melakukan pengereman, pijakan pedal rem akan terasa lebih dalam dari biasanya.

Cara selanjutnya adalah dengan melihat ketinggian minyak rem.  Apabila volume minyak rem di bawah garis normal, ada baiknya langsung mengecek kondisi kampas rem.

Pasalnya, kampas rem yang tipis dapat menyebabkan kurangnya minyak rem yang berada di reservoir.

Idealnya, kampas rem sebagai suku cadang yang rutin diganti tiap 20.000 pemakaian mobil.

Servis 40.000 kilometer

Pada saat mobil memasuki pemakaian di angka 40.000 kilometer, biasanya akan banyak suku cadang yang rutin diganti. Mobil pun telah waktunya servis besar.

Selain yang telah disebutkan di atas, suku cadang yang diganti karena sudah memasuki batas usia antara lain tie rod, balljoint, evaporator, bearing roda, fan belt, kampas kopling, oli transmisi, air radiator, bahkan ban.

Biasanya pemilik mobil yang apik sudah hafal kapan harus mengganti suku cadang yang rutin diganti. Usianya ada yang berdasarkan tahun, pemakaian, serta ada juga yang berdasarkan jarak tempuh kilometer penggunaan mobil.

Ingat, gunakan selalu suku cadang orisinal yang direkomendasikan pabrikan. Suku cadang orisinal sudah terbukti lebih awet dan presisi, sehingga aman untuk mobil kesayangan Anda.

Selain itu, jika waktu Anda sangat terbatas untuk menunggu giliran di bengkel resmi, lakukan pemesanan booking service di muka melalui Seva.id untuk menghemat waktu.