SIM Bisa Jadi Pengganti KTP Saat Bayar Pajak Kendaraan?

By Reka Harnis - September 16, 2020

KTP hilang atau lupa bawa saat bayar pajak kendaraan, bisakah digantikan dengan SIM? Yuk simak ulasannya berikut ini.

bayar pajak kendaraan

Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) serta buku pemilik kendaraan (BPKB), Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopi keseluruhannya, adalah syarat wajib yang harus dipenuhi para pemohon perpanjangan pajak kendaraan.

Namun, kadang salah satu dari syarat wajib tersebut tidak bisa dipenuhi pemohon karena satu dan lain hal. Misalnya bila KTP pemohon hilang.

Jika hal itu terjadi, bisakah KTP digantikan dengan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang nama dan alamatnya sama saat bayar pajak kendaraan?

Sesuai dengan Peraturan Kapolri (Perkap) nomor 5 tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor (Regident), semua syarat wajib tersebut harus dipenuhi pemohon, termasuk KTP, yang tidak bisa digantikan dengan SIM.

Baca juga: Mudahnya Mengurus STNK Online Tanpa Harus Keluar Rumah

Dalam pasal 79 disebutkan mengenai aturan penerbitan STNK baru sebagaimana dimaksud dalam pasal 78 ayat (1) huruf a, yakni menjelaskan mengenai aturan dalam penerbitan STNK baru, yaitu mengisi formulir.

Pada pasal (1) huruf b dijelaskan bahwa syarat penerbitan STNK baru adalah melampirkan tanda bukti identitas. Untuk perorangan adalah KTP dan surat kuasa bermaterai cukup bagi yang diwakilkan.

Meskipun identitas tersebut memiliki nama serta alamat yang sama dengan STNK maupun BPKP, KTP tetap tidak bisa digantikan dengan identitas lainnya ketika bayar pajak kendaraan.

Berita Terkait

Author