Selain SIM A dan C, Ternyata Ada 12 Jenis SIM di Indonesia

By Reka Harnis - July 13, 2020

Indonesia punya 12 jenis SIM yang berlaku? Apa aja sih? Yuk simak ulasannya berikut ini.

jenis SIM

Seperti yang tertulis pada pasal 1 nomor 23 Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, seorang pengendara kendaraan bermotor (ranmor) bisa dikatakan sebagai pengemudi ketika sudah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Jenis SIM yang umum diketahui berlaku di Indonesia adalah SIM A dan C. Namun, tahukah kamu kalau sebenarnya ada 12 jenis SIM yang berlaku di Indonesia?

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan, penggolongan SIM sendiri terbagi menjadi dua, yaitu perorangan dan umum. 

Baca juga: Ini Perbedaan Smart SIM dengan SIM Konvensional

Perbedaannya yaitu pada SIM umum, yakni tidak ada SIM C (sepeda motor) dan SIM D (penyandang cacat), selebihnya masih sama.

Sebagaimana yang tertulis dalam Peraturan Kepala Kepolisian Nomor 9 tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi, SIM terbagi menjadi 5 jenis, yakni SIM A, SIM B I, SIM B II SIM C, dan SIM D.

Tetapi, jika dikategorikan ke dalam penggolongan dari masing-masing jenis SIM tersebut, kemudian ditambah dengan SIM Internasional, maka jumlahnya ada 12 jenis SIM yang berlaku di Indonesia. 

Berikut ini adalah jenis surat izin bermotor perorangan dan yang umum.

Berita Terkait

Author