Search Cars

Travel & Lifestyle

Selain Berhemat, Ini Alasan Lain Kenapa Perlu Membeli Baju Preloved

Membeli baju preloved (bekas) tak hanya membuat kamu lebih berhemat anggaran saja, tetapi ada faktor lain yang membuat barang-barang second hand saat ini diburu.

Tampil menarik dan modis di hari raya tentu menjadi harapan semua orang, terlebih para perempuan. Berbagai cara pun dilakukan agar bisa tampil sesuai keinginan. Salah satunya dengan melakukan dengan membeli baju baru.

 

Ditambah lagi, untuk tampil modis juga tak selalu menguras dompet. Tak sedikit di antara kamu yang memanfaatkan promo menarik dari suatu brand untuk membeli barang yang dibutuhkan. Bahkan, ada juga yang membeli pakaian preloved—baju yang pernah dipakai seseorang—dengan harga yang cenderung lebih murah.

 

Meski begitu, setidaknya ada faktor lain yang membuat orang ingin membeli baju preloved yang banyak diburu pembeli.

 

Mengurangi jumlah sampah pakaian

Banjirnya produk pakaian meningkatkan volume sampah polyester yang sulit diurai. Sampah polyester pakaian tersebut membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dicerna kembali. Sifatnya yang tak alamiah itu membuat pakaian tak bisa didaur ulang dan cenderung dibuang begitu saja bila sudah tidak dipakai.

 

Baca juga: Sedotan Plastik Bahaya untuk Kesehatan!

 

Belum lagi munculnya industri fast fashion yang juga kerap membuat gunungan sampah di tempat pembuangan akhir sampah. Industri ini terbilang produksi dalam membuat pakaian dalam sebulannya sehingga bisa mengakibatkan banyaknya sampah pakaian.

 

Karena itu, dengan belanja pakaian preloved (second hand), kamu bisa mengurangi terjadinya penumpukan sampah. Bahkan, lantaran pakaian yang tadinya ingin dibuang itu, kamu memanfaatkannya kembali dengan membeli pakaian preloved.

 

Ramah lingkungan

Selain mengurangi jumlah sampah pakaian, membeli barang preloved juga dipercaya dapat menghambat terjadinya polusi udara yang dihasilkan dari pabrik pakaian (konveksi). Pasalnya, saat pakaian baru dibuat, banyak zat kimia yang berujung pada pencemaran lingkungan, seperti zat beracun yang ada di kain polyester. Kain tersebut ketika dicuci akan mengeluarkan zat mikrofiber yang dapat meningkatkan kadar plastik dan merusak biota laut.

 

Menjual barang branded

Meskipun baju yang dijual terbilang ‘bekas pakai’, tetapi jangan salah, banyak penjual baju preloved yang menawarkan barang-barang branded atau high-end dan masih terlihat baru serta berkualitas. Selain itu, ada juga barang preloved yang baru sekali pakai, tetapi sudah dijual kembali karena tak ingin numpuk begitu saja di lemari.

 

Jadi, bila kamu ingin membeli baju baru dan branded, kamu bisa memanfaatkan baju preloved untuk gunakan sehari-hari dan di hari raya nanti.

 

Banyak penjual

Tak jauh berbeda dengan baju baru yang ada di mal-mal, baju preloved juga banyak dijual di pasaran. Bahkan, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah melalui internet dan di berbagai platform online.

 

Contohnya, toko pakaian preloved dari Tinkerlust.com. Toko baju preloved ini tak hanya menjual baju-baju second hand saja, tetapi menjual juga perlengkapan perempuan lainnya, seperti tas, sepatu, make up, dan aksesoris.

 

Namun, bila kamu mau berburu langsung dan sambil jalan-jalan, kamu bisa belanja di pasar Cimol, Gedebage, Bandung. Pasar ini sudah terkenal sebagai pusatnya pakaian murah, tetapi masih layak pakai.

 

Baca juga: Serunya Jalan Bareng Sejalan yang Wajib Kamu Coba!

 

Kamu bisa mengunjungi pusat belanja pasar Cimol tersebut dengan bareng Sejalan. Sejalan menawarkan perjalanan yang lebih seru bareng Kapten Sejalan maupun shuttle. Jadi, sambil kamu berburu pakaian preloved untuk lebaran nanti, kamu juga bisa sekalian liburan ke tempat-tempat seru yang ada di Bandung.

 

Nah, untuk itu, bagi kamu yang membeli pakaian preloved secara langsung di pasar Cimol misalnya, kamu bisa jalan bareng Sejalan, ya. Cukup download dan pesan tiket perjalananmu bersama Sejalan agar lebih hemat dan seru.

 

Tunggu apa lagi? Yuk, pakai Sejalan

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.