Search Cars

Tips & Rekomendasi

Saran dari Dokter Supaya Tidak Lelah Berkendara Jarak Jauh

budget mudik lebaran 2022

Berkendara jarak jauh sudah pasti membuat badan Anda maupun penumpang mobil cepat lelah. Banyak faktor yang membuat hal tersebut terjadi, misalnya kurang persiapan pra-perjalanan, berkendara non-stop melebihi kemampuan fisik, serta menghadapi kondisi kemacetan parah.

Banyak orang yang bertanya-tanya adakah cara atau strategi jitu agar Anda bisa meminimalisasi kelelahan saat berkendara jarak jauh? Jawabannya ADA!

Berdasarkan penuturan dr. Dwi Lelandari, Sp,KFR, Rehabilitation Medicine Specialist Mayapada Hospital Jakarta Selatan, untuk berkendara jarak jauh dibutuhkan persiapan lengkap baik sebelum maupun sesudah berkendara. Mengapa hal ini menjadi penting? Simak penjelasan berikut ini :

Lalu hal apa saja yang perlu dilakukan? Berikut ulasannya :

asuransi kesehatan

Menjaga kondisi sebelum melakukan perjalanan jarak jauh mutlak adanya. Caranya bisa dengan menjaga durasi waktu tidur cukup, olahraga, dan banyak mengonsumsi buah serta vitamin.

“Untuk pengemudi yang ingin melakukan perjalanan jauh disarankan melakukan istirahat terlebih dahulu paling tidak 6 jam sebelum mengemudi perjalanan jauh. Jika perjalanannya lebih dari 4 jam, kira-kira per 2-4 jam, itu 15 menit istirahat ringan,” terang dr Lela.

Selain waktu tidur, asupan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan gas juga termasuk daftar yang wajib dihindari saat berkendara jarak jauh. Makanan berkarbohidrat tinggi dan mengandung gas berlebih dapat memicu rasa kantuk saat berkendara.

“Buah sayuran dan jus-jus lebih diperbanyak, khususnya yang mengandung vitamin C agar kondisi fisik lebih fit saat berkendara,” saran dr Lela.

  • Tentukan Waktu Berkendara Yang Pas

pengiriman di siang hari

Mungkin bagi Anda berkendara di pagi hari atau malam hari terasa sama saja. Namun faktanya dari sisi kesehatan, waktu berkendara ternyata memiliki pengaruh dalam mempercepat tingkat kelelahan seseorang kala berkendara.

“Saat berkendara di pagi hari terkadang kita berada di posisi melawan sinar matahari, di mana sinar matahari itu kadang mempercepat tingkat kelelahan kala berkendara. Namun saat di malam hari juga sama berpengaruhnya dalam mempercepat kelelahan fisik akibat efek efek pencahayaan dari lampu mobil depan, apalagi kalau ditambah dengan kondisi hujan yang mengakibatkan kondisi fisik jadi lebih tegang, sehingga tubuh semakin cepat lelah,” terang dr Lela.

Jika Anda merupakan pengendara dengan jam terbang rendah, bisa dikatakan waktu berkendara di pagi dan siang hari jauh lebih aman karena tingkat risiko lebih sedikit. Namun apabila Anda merupakan pengendara dengan jam terbang tinggi sekaligus terbiasa berkendara jarak jauh, maka waktu berkendara bisa disesuaikan dengan kondisi fisik Anda. Meskipun begitu waktu yang paling disarankan untuk berkendara adalah pagi atau siang hari, karena biasanya tubuh akan lebih produktif di waktu tersebut.

  • Posisi Duduk Menentukan Tingkat Kenyamanan

jok kulit mobil

Posisi duduk kala mengemudi selain menentukan kenyamanan selama berkendara, juga menentukan seberapa tingkat kelelahan bisa diminimalisir.

“Untuk posisi duduk sebenarnya tergantung kenyamanan masing-masing individu, namun direkomendasikan untuk posisi duduk yang baik adalah posisi tegak 90 derajat, karena kalau terlalu landai ke belakang otomatis akan terasa beban pada bagian leher dan bahu karena area tersebut akan melayang akibat tidak tertopang oleh headrest,” jelas dr Lela.

Untuk meningkatkan kenyamanan selama berkendara, disarankan menggunakan car neck pillow serta memanfaatkan fitur lumbar support pada jok mobil Anda. Selain mensupport lekuk leher hingga lekuk pinggang secara nyaman, kedua perangkat ini mampu meminimalisir efek kaku atau spasm yang terjadi akibat otot yang tegang pada kedua area tersebut, serta mengurangi efek kantuk selama berkendara.

  • Selalu Ingat Waktunya Istirahat

tidur di mobil

Patut disadari setiap aktivitas yang melibatkan fisik pastinya ada batasan waktu tertentu. Sama seperti berkendara, ada batasan waktu seberapa lama menyetir kendaraan. Memberikan ruang bagi tubuh untuk beristirahat sejenak merupakan hal yang tepat.

“Jika berkendara dengan durasi non-stop selama 4 jam, disarankan untuk mengambil waktu istirahat ringan selama 30-40 menit atau melakukan tidur sejenak di tempat peristirahatan. Selama durasi waktu istirahat ringan disarankan untuk melakukan terapi berupa stretching peregangan otot leher, bahu dan kaki. Bisa juga dengan tidur baik posisi rileks atau full rebah jika memungkinkan karena ini sangat berdampak untuk tubuh,” saran dr Lela.

  • Manfaatkan Penumpang Depan

penumpang

Jika Anda berkendara bersama pasangan atau teman yang duduk di depan, Anda bisa memanfaatkannya sebagai navigator maupun co-driver apabila Anda sudah merasa lelah dan harus melanjutkan perjalanan.

“Adanya penumpang depan turut membantu konsentrasi bagi pengemudi saat berkendara. Semisal pengemudi sudah mulai berkurang konsentrasi akibat mulai mengantuk, bisa menggantikan posisinya, atau menjadi navigator dengan membantu mengingatkan agar tidak mengantuk, memberikan suplemen dan cemilan apabila pengemudi mengantuk, serta memberikan kondisi jalanan di depan,” tambah dr Lela.

ac penumpang

Nah itu dia beberapa saran yang dapat dipraktikan ketika Anda memiliki rencana melakukan perjalanan yang jauh. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan konsentrasi saat berkendara, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

dr. Dwi Lelandari, Sp,KFR,
Rehabilitation Medicine Specialist Mayapada Hospital Jakarta Selatan

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.