Review Toyota New Agya 2018: Kecil-Kecil Cabe Rawit

By Arris Riehady - Agustus 3, 2021

Walaupun sudah 2021, Toyota New Agya 2018 masih banyak diburu di bursa mobil bekas. Apa alasannya?

Toyota New Agya

Toyota Agya adalah low cost green car (LCGC) atau mobil terjangkau ramah lingkungan pertama di Indonesia. Mobil ini diperkenalkan dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012.

Namun, baru pada tanggal 9 September 2013 Toyota Agya resmi dijual di tanah air.

Nama Agya diambil dari bahasa Sanskerta, yang berarti “cepat”. Pada 7 April 2017, versi facelift mobil ini diluncurkan, dan Toyota New Agya pun lahir.

Baca juga: Resmi! Tampilan, Fitur, dan Harga Terbaru Toyota New Agya Facelift

Berbeda dengan generasi sebelumnya, Toyota New Agya 2018 dibekali dengan mesin baru baru berkapasitas 1.197cc berteknologi Dual VVT-i.

Seva.id berkesempatan menjajal mobil perkotaan ini beberapa waktu yang lalu. Unit yang dipinjamkan oleh Auto2000 ini adalah Toyota New Agya tipe TRD Sportivo bertransmisi otomatis.

Tipe ini adalah tipe tertinggi Toyota New Agya 2018. Berikut impresi kami.

Toyota New Agya

Toyota new Agya 2018: Lincah!

Lincah adalah hal yang pertama kami rasakan saat mengemudikan mobil dengan dimensi panjang 3.660 milimeter, lebar 1.600 milimeter, dan tinggi 1.520 milimeter ini.

Toyota New Agya 2018 TRD Sportivo kami kemudikan dengan rute Jakarta – Bogor. Saat macet, mobil ini meliuk dengan lincahnya.

Baca: Kuliner Legendaris Ini Ada di Bogor, Jajal Yuk!

Untuk berpindah jalur pun bukan hal yang sulit. Apalagi ketika diajak melewati jalan sempit.

Tidak hanya itu, mobil ini juga sangat nyaman ketika pengemudi ingin parkir dengan ruang yang terbatas.

Saat ingin berwisata kuliner di Bogor contohnya, kami tidak pusing keluar masuk dan memarkirkan mobil ini di jalan sempit.

Toyota New Agya

Senyap dan kencang

Sedangkan di jalan tol, kami pikir kabin akan berisik dengan suara-suara dari luar, ternyata suara itu dapat diredam dengan cukup baik.

Baca juga: Begini Tanda Karet Pintu Mobil yang Harus Segera Diganti

Memang tidak sempurna, tetapi dalam kecepatan tinggi, sekitar 100 kilometer per jam, suara musik yang dihasilkan dari audio head unit dan empat speaker-nya masih terdengar baik, tidak bercampur dengan suara bising ban, suara kendaraan lain, atau suara raungan mesin.

Ada yang bilang kalau shockbreaker-nya keras dan tidak nyaman? Nyatanya, semua masih bisa ditolerir. Tidak ada hentakan keras baik saat melewati jalan rusak atau speed bump.

Selain itu, di luar dugaan, mobil ini dapat dipacu hingga 120 kilometer per jam dan tetap stabil!

Baca juga: 5 Penyebab Mobil Limbung yang Berbahaya Bagi Pengemudi

Tidak ada gejala setir bergetar atau bodi mobil yang limbung. Tentunya, kami melakukannya saat jalan tol kosong dengan kondisi yang aman.

Toyota New Agya

Kecil, tapi lega

Meski dari luar dimensinya terlihat mungil, tapi saat masuk ke kabin kesan lapang dan nyaman sangat terasa.

Pada bagian depan, Toyota New Agya 2018 menggunakan jok berjenis semi bucket seat untuk memberikan sandaran mantap dan nyaman bagi pengemudi serta penumpang depan.

Busa joknya tebal dan sandarannya pas di punggung, sehingga pengemudi tidak cepat pegal saat menempuh perjalanan jauh atau macet.

Baca juga: Kenapa Pewangi Mobil Bisa Bikin Mabuk Darat?

Untuk ergonomi berkendara, dengan pengemudi berpostur tinggi 168 sentimeter, mobil ini kami nilai nyaman dan dapat memberikan pandangan luas ke depan.

Pengemudi sudah bisa mengatur posisi menyetir yang nyaman, hanya dari pengaturan jok saja.

Kaki penumpang juga diberikan ruang yang lega di jok belakang, sehingga lutut tidak “mencium” jok baris depan. Tentu ini akan memberikan kenyamanan ekstra, bukan?

Toyota New Agya
Fitur lengkap

Toyota New Agya TRD Sportivo sebagai tipe tertinggi bisa dibilang merupakan city car dengan fitur keselamatan terlengkap di kelasnya.

Ada seat belt tiga titik untuk seluruh penumpang, fitur pengait kursi bayi (ISOFIX), dua air bag di bagian depan, side impact beam sebagai perlindungan dari benturan samping, hingga ABS yang menjaga rem tidak terkunci saat pengereman mendadak.

Baca juga: Cara Kerja Rack Steer Mobil dan Mendeteksi Kerusakannya

 

Tidak hanya itu, pengemudi akan dimanjakan dengan fitur-fitur menarik dan banyaknya ruang penyimpanan untuk barang bawaan.

Pada sektor hiburan dalam kabin, tersedia head unit audio yang dapat dikoneksikan dengan smartphone melalui koneksi USB, AUX, dan bluetooth.

Sistem audio Toyota New Agya TRD Sportivo turut didukung fitur audio steering switch. Praktis!

Toyota New Agya

Eksterior eye-catchy

Mengusung tagline Have Fun Go Max, Toyota New Agya hadir sebagai pilihan LCGC perkotaan dengan desain yang segar.

Dari depan, lampu utama berproyektor dengan LED light guide berdesain modern siap menerangi perjalanan saat malam atau kurang cahaya. Fog lamp ikut terpasang pada bumper dengan desain sporty.

Baca juga: Cara Membeli Mobil yang Sesuai dengan Budget, Ini Solusinya

Sementara bagian belakangnya dihiasi dengan lampu rem, sein, dan lampu mundur LED, berpadu dengan spoiler bertuliskan TRD serta bumper yang juga sporty.

Beralih ke sisi samping, terlihat Toyota New Agya TRD Sportivo ditopang dengan two tone machining alloy wheel berukuran 14 inci.

Secara keseluruhan dengan unit yang dipinjamkan berpoles cat merah, kami suka desain eksterior Toyota New Agya TRD Sportivo ini. Benar-benar sporty dan eye-catchy!

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!