Permenhub yang Mengatur Aktivitas Bersepeda Resmi Dirilis

By Reka Harnis - September 25, 2020

Sempat menjadi perbincangan, Permenhub baru yang mengatur aktivitas bersepeda resmi dirilis.

Permenhub yang mengatur aktivitas bersepeda

Setelah sempat ramai menjadi perbincangan dalam beberapa waktu terakhir, melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, pemerintah akhirnya resmi merilis Permenhub yang mengatur aktivitas bersepeda. 

Banyaknya masyarakat yang mulai menggemari olahraga bersepeda menjadi salah satu alasan dibuatnya aturan ini.

Regulasi bersepeda terdapat di dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan. Regulasi itu terbit sejak diundangkan tertanggal 14 Agustus 2020.

PadaPermenhub yang mengatur aktivitas bersepeda ini diatur mengenai persyaratan teknis. Kemenhub membagi dua jenis sepeda berdasarkan penggunaannya, yakni untuk kepentingan umum dan olahraga.

Baca juga: Mengingat Kembali Regulasi Jalur Khusus Sepeda di Jakarta

Sepeda untuk kepentingan umum arahnya cenderung untuk kepentingan sehari-hari, seperti aktivitas di dalam kompleks atau ke sekolah.

Sementara sepeda untuk kepentingan olahraga, terdapat beberapa syarat dan teknis yang wajib dipatuhi di dalam Permenhub yang mengatur aktivitas bersepeda.

Berbeda dengan motor yang diwajibkan memakai helm, kedua pembagian kategori tersebut membuat penggunaan helm untuk pesepeda bersifat opsional.

Kebijakan ini diambil karena pemerintah tidak ingin memberatkan pengguna sepeda, misalkan hanya keluar sebentar namun harus menggunakan helm.

Baca juga: 6 Menu Makanan Setelah Bersepeda yang Kaya Nutrisi

Meskipun begitu, demi keselamatan dan kenyamanan, tetap ada persyaratan di dalam Permenhub yang mengatur aktivitas bersepeda, seperti memiliki spakbor, bel, rem, lampu, alat pemantul cahaya berwarna merah, alat pemantul cahaya berwarna putih atau kuning dan juga pedal.

Tetapi, khusus untuk penggunaan spakbor, tidak diwajibkan bagi beberapa jenis sepeda, seperti sepeda balap dan sepeda gunung.

Berita Terkait

Author