Search Cars

Travel & Lifestyle

Perbedaan Google Maps dan Waze yang Jarang Orang Tahu

Ada dua aplikasi yang memiliki fungsi serupa, yakni sebagai petunjuk arah atau navigasi. Manakah yang lebih baik? Ini perbedaan Google Maps dan Waze.

perbedaan Google Maps dan Waze

Navigasi kini menjadi lebih praktis dan mudah, dengan adanya teknologi yang membantu Kamu untuk menentukan arah dan rute jalan dari tempat kita berada ke tempat tujuan.

 

Di Indonesia ada dua aplikasi yang kondang, yakni Google Maps dan Waze. Kedua aplikasi ini saling bersaing untuk memberikan layanan navigasi perjalanan yang terbaik. Meskipun bersaing, kedua aplikasi ini merupakan produk dari Google.

 

Baca juga: Update Sekarang dan Dapatkan Fitur-Fitur Terbaru WhatsApp

 

Berbagai fitur disediakan oleh Google Maps dan Waze untuk bersaing memberikan layanan yang terbaik. Namun jika dipertandingkan face to face, berikut adalah perbedaan Google Maps dan Waze.

perbedaan Google Maps dan Waze

User interface

Perbedaan Google Maps dan Waze pertama dari segi tampilan. Google Maps didesain layaknya hanya mementingkan nilai fungsional saja tanpa terlalu mementingkan estetika. Penggunaan warna pun sederhana dan mudah dimengerti. Mengingat tujuannya untuk dapat digunakan secara umum.

 

Baca juga: Deretan Game Balap Terbaik yang Wajib Diunduh dan Dimainkan

 

Sementara tampilan aplikasi untuk pengguna Waze lebih interaktif dengan berbagai ikon yang fun dan memiliki warna yang lebih playful serta tampilan tiga dimensi.

 

Baca selanjutnya.

perbedaan Google Maps dan Waze

Fitur

Untuk fitur, kedua aplikasi sama-sama menampilkan jarak, rute, waktu, kondisi rute yang akan ditempuh, serta pilihan rute alternatif.

 

Keunggulan fitur Google Maps adalah ketersediaan rute perjalanan untuk motor, kereta, jalan kaki, sepeda, bus, dan ride service. Detail yang dimiliki oleh Google Maps pun lebih banyak seperti rest area, tempat ibadah, tempat makan, pom bensin (SPBU), dan masih banyak lagi.

 

Untuk fitur, bisa dibilang Waze mengungguli Google Maps karena bisa menunjukan kondisi jalan yang sedang ada razia polisi. Rute yang ditampilkan Waze lebih sesuai dengan waktu nyata, sehingga segala kejadian yang terjadi di jalan merupakan kejadian saat itu juga.

 

Baca juga: Aliran Modifikasi Audio Mobil yang Nendang di Kuping

 

Waze memiliki fitur untuk memberikan informasi kepada pengguna Waze lainnya. Menampilkan lebih banyak animasi 3D yang memberikan kesan milenial. Selain itu sekarang sudah ada fitur untuk terhubung dengan spotify, sehingga dapat memutar lagu tanpa perlu pindah aplikasi.

 

Baca selanjutnya.

perbedaan Google Maps dan Waze

Segmentasi pasar

Dengan tampilan yang lebih menarik, Waze mengincar kaum milenial sebagai usernya, sedangkan Google Maps lebih ke umum sehingga siapa saja dapat menggunakannya.

 

Maka dari itu, user interface dibuat sesimpel mungkin sehingga mudah untuk digunakan.

 

Terlihat dari berbagai fitur yang ditawarkan aplikasi Waze lebih memiliki banyak fitur dengan animasi yang menarik dan desain minimalis yang sesuai dengan generasi milenial.

 

Baca juga: Regulasi Kendaraan Listrik Dihitung Berdasarkan Gas Emisi

 

Penyematan Spotify dalam aplikasi tersebut pun memberi nilai plus untuk bisa menarik anak muda menggunakannya.

 

Baca selanjutnya.

perbedaan Google Maps dan Waze

Penggunaan kuota dan kemampuan menangkap sinyal

Dalam penggunaan data dan kemampuan sinyal, Google Maps lebih unggul. Terbukti dari Google Maps yang mampu menangkap sinyal di daerah terpencil yang susah sinyal. Sedangkan di perkotaan Waze lebih akurat.

 

Penggunaan data untuk mengakses aplikasi ini lebih irit dibandingkan dengan Waze, bahkan Google Maps mampu digunakan dalam kondisi offline, karena software tersebut sudah menyimpan informasi saat kondisi online.

 

Baca juga: Arti Penting di Balik Nomor Rangka Mobil

 

Ya, itulah perbedaan Google Maps dan Waze. Mana yang lebih baik? Masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan.

 

Silakan download dan install aplikasi mana yang paling nyaman kamu gunakan.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.