Search Cars

Tips & Rekomendasi

Penyebab Kerusakan dan Cara Merawat Hidrolik Pintu Bagasi Mobil

Merawat hidrolik pintu bagasi mobil merupakan salah satu yang harus dilakukan pemiliknya. Yuk, simak caranya berikut ini.

hidrolik pintu bagasi

Sebagian orang merasa lebih nyaman berkendara dengan mobil, terlebih jika harus bersama keluarga dan menempuh perjalanan yang jauh.  

Salah satu hal yang erat kaitannya dengan kenyamanan berkendara menggunakan mobil yakni kapasitas, mulai dari kapasitas kabin hingga bagasi.

Kapasitas bagasi yang luas membuat mobil jauh lebih praktis untuk membawa barang jika dibandingkan dengan kendaraan roda dua.

Namun, tidak sedikit pemilik mobil yang lupa dengan perawatan bagasi. Padahal, jika bagasi terabaikan, akan membuatnya tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca juga: Melirik Kapasitas Bagasi Toyota Corolla Cross yang Lapang

Salah satu masalah yang sering timbul pada bagasi adalah terletak pada pintu bagasi, dimana hidrolik pintu bagasi tidak berfungsi secara maksimal.

Rata-rata pintu bagasi mobil dibuka dengan cara diarahkan ke arah atas. Mulai dari MPV, sedan, hatchback, LCGC dan jenis lain sebagainya.

Ada beberapa gejala yang menandakan terjadinya kerusakan pada hidrolik pintu bagasi, beberapa di antaranya ialah jika pintu bagasi bisa turun dengan sendirinya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya kerusakan pada hidrolik pintu bagasi, salah satunya adalah cara membuka dan menutup pintu bagasi.

Baca juga: Kelebihan Platform TNGA di Mobil-Mobil Toyota Masa Kini

Jika cara membuka dan menutup pintu bagasi dilakukan dengan kasar bahkan hingga membantingnya, bukan tidak mungkin hidrolik pintu mobil menjadi rusak.

Supaya tidak terjadi hal tersebut, pemilik mobil wajib memahami cara merawat yang tepat.

Buka dan tutup pintu bagasi secara perlahan

Biasakan membuka dan menutup pintu bagasi secara perlahan. Tujuannya supaya pegas hidrolik tidak mudah rusak. Jika pegas hidroliknya rusak, maka pintu bagasi tersebut akan melemah dan mudah untuk turun ke bawah. 

Sebab, ada sebagian orang yang tidak sadar jika menutup pintu bagasi dengan tenaga yang berlebihan, atau ada yang menutup pintu bagasi dengan cara dibanting.

Bersihkan poros shock hidrolik

Mengingat komponen kendaraan ini memang tidak bisa terlepas dari debu dan kotor, maka langkah berikutnya untuk adalah dengan cara membersihkan bagian shock hidrolik bagasi.

Sebaiknya, bersihkan agar kotoran dan debu tidak lagi menempel dengan gunakan lap kering dan teksturnya lembut.

Atau, kamu juga bisa menggunakan chamois untuk membersihkannya. Jangan menggunakan lap atau kain bertekstur kasar supaya tidak menimbulkan baret.

Hindari menggunakan amplas

Masih berkaitan dengan cara membersihkan, salah satu cara yang harus dihindari adalah jangan membersihkan kotoran yang ada di batang as dengan amplas.

Jika permukaan batang as tersebut tidak rata, kerja dan mekanisme di bagian hidrolik akan jadi terganggu.

Perawatan shock hidrolik pintu bagasi mobil yang tepat membuat kondisi keamanan di dalam bagasi menjadi terjamin, apalagi bila mobil yang kamu beli adalah mobil bekas.

Oleh sebab itu, lakukanlah cara merawat hidrolik pintu bagasi mobil dengan tepat, teratur, dan konsisten supaya kerusakan bisa dihindari.

Atau, bila tidak ingin repot mengecek mobil bekas yang ingin dibeli, kamu bisa menggunakan fitur Pilihan Expert Seva.id. Mobil bekas yang tersedia di Pilihan Expert dijamin berkualitas, layaknya mobil baru.

Pasanya, semua mobil bekas di Pilihan Expert sudah melalui berbagai macam pengecekan oleh mekanik profesional, sehingga kondisinya terjaga dengan baik.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.