Penyebab dan Cara Menangani Headlamp Mobil yang Redup

By alexanderardian1 - September 17, 2019

Biasanya, ada beberapa komponen di mobil yang membuat headlamp menjadi redup. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Penyebab dan Cara Menangani Headlamp Mobil yang RedupHeadlamp atau lampu utama merupakan komponen yang sangat penting bagi mobil. Fungsi dari headlamp mobil adalah untuk memberi penerangan pada pengemudi saat  jalan dalam kondisi gelap. Untuk itu, cahaya yang dihasilkan oleh headlamp sangat dibutuhkan, apalagi pada malam hari. Pengemudi pun tidak bisa bergantung hanya dengan penerangan yang diberikan lampu jalan.

 

Besar sekali kemungkinan, Anda akan menemui keadaan di mana lampu kendaraan dalam kondisi cahaya yang redup. Banyak sekali penyebab yang memungkinkan keadaan tersebut dapat terjadi. Beberapa penyebab dan bagaimana cara menangani headlamp mobil redup bisa Anda simak di bawah ini.

 

Kualitas bohlam menurun

Kualitas bohlam sangat berpengaruh terhadap cahaya yang dihasilkan mobil, khususnya pada lampu mobil yang belum menggunakan LED. Hal itu ikut mempengaruhi daya tahan bohlam tersebut. Kualitas bohlam yang kurang baik otomatis akan memberikan cahaya yang redup pula.

 

Baca juga: 3 Jenis Lampu Mobil yang Harus Diketahui

 

Solusinya adalah dengan membeli bohlam lampu berkualitas yang baik. Namun, biasanya kualitas berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan. Semakin tinggi kualitasnya, semakin mahal juga harga bohlam tersebut.

 

Sekring mengalami gangguan

Dalam beberapa kasus, sekring lampu yang mengalami gangguan membuat headlamp mobil menjadi redup atau bahkan mati. Untuk mengeceknya, Anda bisa melihat sekring yang tersambung dengan lampu, kemudian pastikan apakah sekring tersebut mengalami gangguan atau tidak.

 

Bila benar ada gangguan, Anda bisa melilitkan 2 serabut tembaga di dalam kabel ke terminal yang satu dan lainnya. Lalu, pasang kembali sekring lampu dan coba lagi untuk menghidupkan lampu mobil. Namun, jika memang benar sekring putus maka harus diganti dengan yang baru.

 

Relay mati

Relay adalah sebuah benda berbetuk kotak yang menghubungkan kabel dengan sumber listrik. Biasanya, relay yang mati atau mengalami gangguan juga menyebabkan pancaran sinar yang dihasilkan headlamp menjadi redup.

 

Baca juga: Ganti Lampu Utama dari Bohlam ke LED, Apa Saja Dampaknya?

 

Cara untuk mengecek apakah relay mengalami gangguan atau tidak,  Anda cukup menggoyangkan kabel saat mobil dalam posisi diam dan keadaan lampu menyala.

 

Lalu, bisa juga dengan menggunakan kabel lain yang tidak tersambung dengan relay. Kemudian, gunakan kabel tersebut sebagai penyambung langsung antara lampu dan sumber listrik, Bila masih tidak berhasil, mungkin Anda harus menggantinya dengan yang baru.

 

Lampu mobil kusam

Penyebab dan Cara Menangani Headlamp Mobil yang RedupKemungkinan terakhir yang membuat headlamp redup adalah kondisi permukaan headlamp mobil yang kusam. Hal ini dapat terjadi karena kondisi lingkungan yang kotor dan cuaca yang berubah-ubah, sehingga mengakibatkan lampu mobil kotor dan berdebu, baik di bagian dalam maupun luar.

 

Baca juga: Cara Mengubah Mika Mobil yang Kusam Menjadi Baru

 

Perbedaan suhu antara lampu mobil dengan kondisi alam di luar juga dapat mengakibatkan berembunnya lampu mobil. Solusi dari masalah ini adalah dengan membersihkan headlamp secara rutin. Jika sudah terlanjur kusam, kalian dapat membawanya ke tempat pencucian mobil.

 

Itulah beberapa penyebab dan solusi untuk menangani masalah headlamp mobil yang redup. Untuk itu, lakukanlah perawatan rutin terhadap kendaraan Anda agar tidak merugikan diri sendiri saat berkendara. Headlamp yang mati tiba-tiba saat berkendara di kondisi gelap dapat mengakibatkan resiko berbahaya.

Berita Terkait

Author