Search Cars

Travel & Lifestyle

Pengen Liburan tapi “Mager”, Coba “Staycation” Saja

Friends vacation

Di tengah kesibukan dan kepenatan aktivitas sehari-hari, Anda pasti memerlukan liburan untuk sedikit mengendurkan urat saraf. Namun, sering kali, rencana liburan tersebut berbenturan dengan padatnya jadwal atau malah jadi malas bergerak (mager).

Selain itu, liburan juga memerlukan biaya yang tidak sedikit, apalagi jika Anda memutuskan untuk bepergian ke luar kota, ke luar pulau, atau bahkan ke luar negeri. Anda harus memikirkan biaya tiket pesawat, akomodasi, transportasi di tempat tujuan, makan, hingga kebutuhan lainnya semacam beli oleh-oleh dan biaya tiket masuk ke sebuah atraksi.

Keluarga berlibur

Bayangkan juga berapa jumlah uang yang akan dikeluarkan jika Anda pergi sekeluarga. Jika ingin liburan singkat, hemat namun tetap seru dan berkesan, kini ada yang namanya staycation.

Menurut Google Dictionary, staycation adalah liburan yang dilakukan di negara sendiri, bukan di luar negeri, atau liburan yang dilakukan di rumah dan melibatkan perjalanan ke atraksi-atraksi lokal yang berada di sekitar area tempat tinggal, atau dengan kata lain, menjadi turis di kota sendiri. Bahasa singkatnya, staycation kependekan dari kata stay dan vacation.

Beberapa hal seru ini bisa Anda lakukan saat ber-staycation-ria di kota sendiri.

1. Bersepeda keliling kota

Kalau Anda termasuk pecinta olahraga, opsi ini bisa dilakukan. Di akhir pekan saat car-free day mungkin jadi waktu yang tepat. Kalau tidak mau jauh-jauh, bersepeda keliling taman kota bersama keluarga juga bisa.

Backyard party

2. Piknik di taman

Ada banyak taman cantik di sekitar tempat tinggal Anda. Yang perlu dilakukan hanyalah membuka mata dan melihat sekeliling. Anda juga bisa mengajak beberapa teman atau anggota keluarga dan mengadakan potluck dengan membawa bekal makanan bervariasi.

3. Mengunjungi museum

Museum bukan berarti tempat yang membosankan untuk menghabiskan waktu staycation Anda. Di Jakarta saja ada lebih dari 50 museum, belum lagi di beberapa kota lain yang juga memiliki museum yang seru, seperti Museum Angkut di Malang.

Young people at music event

4. Menikmati festival dan event seru

Banyak festival seru yang sedang dan akan berlangsung di Jakarta, Bandung, Bali, atau Jogja. Cek di Internet festival apa saja yang akan diselenggarakan di kota Anda dan pergilah bersama teman-teman atau keluarga.

5. Rekreasi di taman bermain (amusement park) atau water park

Jakarta punya Dunia Fantasi, Taman Mini Indonesia Indah, atau Jungleland. Bandung dan Makassar punya Trans Studio, di Yogyakarta ada Kids Fun, dan Malang punya Hawaii Waterpark Malang.

wisata yang dekat dari jakarta6. Pergi ke pantai di sekitar kota

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Itu artinya, Anda bisa menemukan banyak pantai. Di area Jakarta Anda bisa pergi ke Pantai Anyer, yang berlokasi di Banten dan hanya sekitar empat jam perjalanan. Sementara di Jawa Barat ada Pantai Batu Karas, dan tentunya banyak pantai indah jika Anda tinggal di Bali.

Tetap mau liburan tapi “mager” jauh-jauh dari kota Anda, jangan lupa lakukan aktivitas di atas, selamat ber-staycation..

 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.