Search Cars

Otomotif

Mobil Jenis Station Wagon akan Jadi Tren Modifikasi 2019?

Tidak sampai sebulan lagi tahun 2019 akan datang. Pastinya akan banyak tren baru yang bermunculan, termasuk dari industri modifikasi mobil. Jika pada tahun ini banyak mobil modifikasi yang mengedepankan fungsionalitas, mungkin di 2019 akan ada sedikit perubahan.

 

Menurut salah satu penggemar mobil modifikasi di Indonesia, Kiki Anugraha, tren mobil modifikasi dengan menggunakan wide body kit masih akan bertahan di 2019. Perbedaannya adalah pada jenis mobil yang dimodifikasi.

 

“Kalau pandangan saya, (modifikasi) wagon mulai jadi trend,” ujar Kiki saat dihubungi oleh Seva.id.

Ia melanjutkan, bukan hanya modifikasi pada body kit saja, mungkin pada tahun depan jenis modifikasi mobil station wagon juga akan menggunakan roof rack dan roof box. Artinya, akan ada penambahan aksesoris untuk mempercantik tampilan mobil.

 

“Mulai banyak yang modif pol-polan station wagon,” kata Kiki.

 

Terlihat unik memang, jenis station wagon yang tidak memiliki ground clearence tinggi lalu disematkan roof box di atasnya sebagai variasi. Bukan tidak mungkin tren ini akan diikuti oleh sebagian modifikator dalam negeri.

 

Lalu, Kiki mengatakan, bahwa modifikasi station wagon sekarang ini berbeda dengan sebelumnya.

 

“Dulu, orang beli wagon hanya mempertahankan OEM (Original Equipment Manufacturer) look, tapi sekarang tidak,” jelasnya.

Misalnya adalah mobil station wagon milik Kiki, yang menyabet gelar the best pada salah satu kontes modifikasi di Indonesia beberapa waktu lalu. Mobilnya sudah tidak lagi mempertahankan OEM look, tetapi lebih memiliki karakter tersendiri.

 

Station wagon jarang terlihat di Indonesia

Sebagai informasi, station wagon atau estate adalah jenis mobil berbasis sedan, tetapi memiliki ukuran yang terlihat lebih panjang dan tidak memiliki ‘buntut’. Bentuk bagian belakangnya menyerupai hatchback. Oleh karena itu, pintu bagasi station wagon umumnya terbuka ke atas.

 

Perbedaannya dengan hatchback adalah station wagon memiliki pilar yang lebih banyak dan overhang belakang yang lebih panjang daripada hatchback. Oleh karena itu, station wagon dapat mengangkut lebih banyak barang karena ruang bagasinya yang luas.

 

Mobil jenis station wagon memang jarang terlihat di tanah air. Masyarakat Indonesia sepertinya lebih menyukai mobil yang memiliki ground clearence tinggi seperti Multi Purpose Vehicle (MPV) atau Sport Utility Vehicle (SUV).

Padahal station wagon merupakan mobil yang memiliki ruangan cukup luas (triple cabin) sehingga cocok untuk dijadikan sebagai mobil keluarga. Salah satu mobil station wagon yang pernah diluncurkan di Indonesia adalah BMW 530i Touring M Sport.

 

Walaupun begitu, bukan tidak mungkin station wagon malah akan menjadi tren di 2019, bahkan menjadi tren modifikasi. Hal ini cukup menarik untuk ditunggu. Selain menampilkan sesuatu yang berbeda, station wagon juga bisa menjadi warna baru bagi dunia modifikasi Indonesia.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.