Mitos atau Fakta, Kaca Film Mobil Bikin AC Lebih Dingin?

By Reka Harnis - July 12, 2020

Pernah dengar kalau kaca film mobil bisa bikin AC mobil lebih dingin? Benar atau tidak, ya?

kaca film mobil

Para pemilik kendaraan mungkin sudah tak asing lagi dengan kaca film mobil. Penggunaan kaca film seakan sudah menjadi kebutuhan wajib setiap pemilik mobil. Selain untuk memaksimalkan penampilan mobil, kaca film juga berperan sebagai komponen proteksi.

Namun, pernahkah kamu mendengar kalau aksesoris yang satu ini dapat membuat kabin mobil terasa lebih sejuk?

Kesejukan pada kabin mobil memang tercipta karena adanya air conditioner atau AC, namun kaca film ternyata ampuh membuat kabin terasa lebih sejuk karena materialnya yang mampu mengurangi intensitas sinar matahari yang masuk ke dalam kabin.

Perbedaan suhu kabin akan terasa ketika tidak diproteksi dengan kaca film mobil. Sebab, tidak ada tameng atau pelindung yang akan menyaring pancaran panas akibat teriknya sinar matahari. 

Baca juga: Beresiko Fatal, Hindari Menggunakan 5 Aksesoris Mobil Ini

Tidak hanya itu, kemampuannya menepis gelombang ultraviolet atau UV dan gelombang inframerah atau IR juga mampu membuat konsumsi BBM menjadi lebih irit, karena sifatnya yang membuat kerja AC tidak terlalu terforsir,

Namun, tak semua produk kaca film mobil memiliki kemampuan tersebut. Setiap kaca film tentunya memiliki material yang berbeda, sehingga memiliki kemampuan yang berbeda-beda pula.

Berita Terkait

Author