Search Cars

Tips & Rekomendasi

Milenials Ingin Beli Mobil, Ini Tipsnya

Kebutuhan anak muda perkotaan sekarang bukan cuma sekedar fashion, tapi juga kendaraan pribadi. Bahkan daya beli mereka terhadap kendaraan, khususnya milenials, cukup tinggi dibandingkan dengan generasi lainnya.

 

Di sisi lain, harga  kendaraan pribadi sekarang, misalnya mobil, masih berada di atas Rp 80 jutaan. Tetapi, animo anak muda untuk memiliki mobil memang tidak pernah surut.

 

Menurut data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), sepanjang Januari sampai Agustus 2017 pasar domestik mobil mencapai 715.291 unit. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan penjualan pada periode yang sama pada tahun 2016 yang mencatatkan jumlah penjualan sebanyak 690.300 unit.

 

Dua merek Astra Group bertengger di puncak dengan Toyota sebagai pemimpin pasar, yang membukukan penjualan dengan total 261.599 unit. Posisi dua diisi oleh Daihatsu dengan penjualan 124.726 unit.

 

Lalu, apa yang membuat daya beli millenials terhadap mobil bisa cukup baik pada umur yang masih muda? Misalnya, gaji millenials saat ini antara Rp 6 juta sampai Rp 8 jutaan per bulan, bagaimana mereka bisa membeli mobil tetapi juga tetap memenuhi kebutuhannya?

 

Untuk itu, simak tips berikut ini, mungkin bisa jadi referensi Anda dalam memutuskan mobil yang ingin dimiliki.

 

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Tipe mobil beragam, ada SUV, MPV, hatchback, dan lain-lain. Jadi, sebelum membeli mobil tentukanlah tipe mobil yang Anda inginkan agar sesuai dengan kebutuhan.

 

2. Pertimbangan cicilan mobil  dengan gaji

Hitung kemampuan keuangan Anda sebelum membeli mobil dan pastikan juga cukup untuk membayar uang muka atau DP (down payment) sekitar 25 sampai 30 persen karena akan menentukan besarnya cicilan per bulan.

 

3. Lakukan simulasi kredit

Setelah mempertimbangkan besaran gaji, lakukan simulasi kredit agar dapat mengetahui cicilan yang harus dibayar sesuai dengan kebutuhan Anda. Lalu, hindari uang cicilan yang lebih besar dari kemampuan keuangan Anda. Setelah itu, lakukan perbandingan harga serta program kredit dari beberapa perusahaan leasing.

 

4. Cari leasing terpercaya

Saat memilih leasing pertimbangkan hal-hal seperti persyaratan pengajuan, bunga yang dibebankan, kemudahan pembayaran, asuransi, proses mendapatkan BPKB, dan pastinya keamanan agar tidak tertipu oleh leasing gadungan.

 

5. Hitung biaya perawatan mobil

Nah, jangan lupakan hal ini. Memang terlihat agak sepele, tapi sangat penting untuk ke depannya. Setiap mobil punya biaya perawatan yang berbeda-beda sesuai dengan tipenya termasuk biaya-biaya untuk komponennya. Lalu juga biaya bensin, parkir, pajak, dan biaya-biaya rutin lainnya. Ini akan menjadi pengeluaran rutin Anda selama memiliki mobil tersebut.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.