Search Cars

Travel & Lifestyle

Mengungkap Kisah Mistis Jembatan Bolong di Mamuju

Kecelakaan yang kerap terjadi di Jembatan Bolong, Mamuju, Sulawesi, sering dikaitkan dengan kisah mistis oleh warga sekitar.

jembatan bolong

Sulawesi bukan hanya terkenal dengan kuliner dan destinasi wisata alamnya yang memanjakan mata, namun juga memiliki cerita misteri yang tak kalah menyeramkan. Salah satunya adalah kisah mistis di Jembatan Bolong yang terletak di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

 

Jembatan Bolong atau biasa disebut Jembatan Kuning merupakan jalan penghubung antara Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene. Jembatan yang dibangun di atas Sungai Takandeang ini terkenal akan kisah-kisah mistis, misalnya adalah penampakan makhluk astral.

 

Selain itu, sering terjadi kecelakaan lalu lintas karena ruas jalan yang sempit serta tikungan tajam, ditambah dengan penerangan yang sangat minim ketika hendak melewati jembatan tersebut.

Kadang, warga setempat mengaitkan kecelakaan itu dengan kisah mistis, apalagi bila terjadi pada malam Jumat. Konon, kecelakaan yang terjadi diakibatkan karena ‘penunggu’ jembatan sedang meminta tumbal atau sedang usil mengganggu pengendara yang lewat.

 

Menurut cerita, beberapa pengendara yang lewat terkadang mengalami mesin mati secara tiba-tiba, atau bahkan sang penunggu jembatan menampakkan dirinya ketika ada yang melewati jembatan tersebut. Agar tetap aman, pengendara motor maupun mobil yang hendak melewati jembatan disarankan untuk membunyikan klaksonnya sebagai isyarat.

 

Baca juga: Pesona Mamuju, Daerah yang Pernah Diusulkan Jadi Ibu Kota Indonesia

 

Walaupun terkenal akan keangkerannya di malam hari, jembatan yang juga menjadi penghubung 2 daerah di Kecamatan Tappalang ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Lokasinya yang berada di kaki pegunungan serta pemandangannya yang memanjakan mata, tak jarang membuat para pengendara yang lewat berhenti sejenak untuk sekedar berfoto dan beristirahat.

 

Jembatan Bolong kini sudah di renovasi

Pemandangan indah itu dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan untuk menarik para turis datang dan menikmati panorama alam di sekitar Jembatan Bolong. Oleh karena itu, Jembatan Bolong di renovasi pada 2014. Diharapkan, dengan peningkatan sarana jalan dan jembatan ini dapat mengurangi tingkat kecelakaan.

Setelah di renovasi, Jembatan Bolong kini semakin ramai. Selain karena banyak puluhan lampu yang kini telah terpasang, tak jarang juga para warga sekitar yang membuka warung sederhana di pinggir jalan. Pemkab Mamuju juga telah membangun Masjid Musafir Jembatan Bolong di pinggir jalan yang diresmikan pada 14 Mei 2018 lalu.

 

Dengan kehadiran tempat ibadah ini, kisah mistis di Jembatan Bolong perlahan mulai menghilang. Namun, hal itu tidak membuat turis yang datang untuk mengetahui kisah mistis yang melekat pada jembatan ini berkurang.

 

Baca juga: Mamose, Tradisi Tebas Badan Khas Mamuju

 

Buat kamu yang penasaran dengan kisah ‘mistis’ atau sekedar ingin menikmati pemandangan di Jembatan Bolong, jangan bingung untuk pergi kesana. Caranya gampang banget, kamu bisa pesan tiket bus di aplikasi Sejalan. Kamu juga bisa menikmati diskon Rp. 50.000,- setiap kamu memesan tiketnya di aplikasi Sejalan.

 

Jadi, kamu tidak perlu repot-repot membeli tiket di loket bus. Mudah kan?

 

Nah, tunggu apalagi, ayo download Sejalan dan nikmati kemudahan serta promo yang diberikan.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.