Search Cars

Travel & Lifestyle

Mengenal Warna Cat Rumah dan Efek Psikologis yang Ditimbulkan

Memasuki tahun 2019, ada berbagai hal yang dapat Anda lakukan, salah satunya dengan mengecat rumah dan menata ulang perabotan yang ada. Aktivitas ini akan memberikan kesan baru sehingga Anda tidak akan merasa bosan.

 

Penggunaan warna-warna baru dan menarik pun akan menimbulkan beragam efek psikologis yang positif. Lantas, apa saja warna cat rumah 2019 yang bisa dijadikan pilihan? Yuk, cek daftarnya berikut ini:

Warna Abu-abu sebagai Warna Netral

Abu-abu merupakan salah satu warna netral yang seringkali digunakan orang dalam proses pewarnaan. Pasalnya, penggunaannya ini dapat menciptakan kontras yang baik. Warna ini pun dapat dipadukan dengan warna lain namun tidak membuat warna tersebut tenggelam.

 

Adapun turunan dari warna abu-abu yakni silver muda yang bisa memberikan kesan romantis. Olehnya itu, penerapan warna silver muda pun dianjurkan. Turunan lain dari warna abu-abu dengan nuansa kecoklatan yang lebih earthy akan memberikan nuansa yang nyaman. Penggunaannya pun cocok untuk dapur atau ruang tengah rumah.

 

Warna Ungu untuk Membangkitkan Kreativitas

Untuk warna yang satu ini jarang sekali dipakai sebagai warna interior rumah, apalagi nuansanya yang gelap. Meski demikian, warna ungu tua sebenarnya memiliki vibe yang menyenangkan. Pemakaian warna-warna ungu dan turunannya sebenarnya dapat Anda lakukan untuk mengubah mood sebuah ruangan yang sudah membosankan.

 

Salah satu di antaranya adalah Vibrant Purple Shade untuk membangkitkan kreativitas dan memberikan kesan royal.  Turunan-turunan warna ini dapat pula digunakan untuk menghiasi ruang belajar atau ruang kerja.

 

Warna Merah Memberikan Energi

Adapun warna solid yang kerap kali digunakan dalam dunia fashion yaitu merah. Secara umum, warna ini memang mempunyai sifat untuk membangkitkan gairah. Untuk penggunaan warna merah pada cat rumah bisa memancarkan kesan romantis di setiap ruangan yang ada.

 

Ketika menggunakan warna merah dengan cukup, maka akan muncul kesan dramatis. Sebaliknya, jika warna merah yang digunakan hanya sedikit, maka akan memberikan kehangatan.

 

Ada berbagai turunan dari warnah merah yang bisa dijadikan pilihan dekorasi untuk menciptakan sebuah mood tertentu. Sebagai contoh, Blood Pink yang bersifat fleksibel.

 

Untuk warna dengan kesan Punchy yang terang sangat pas untuk dimanfaatkan sebagai penghantar kesan glamor dan berenergi. Sementara warna Peony Pink cocok untuk digunakan pada ruangan seorang anak perempuan.

 

Warna Hijau Sebagai Warna Alam

Bisa jadi warna hijau merupakan salah satu warna cat rumah terbaik. Hal ini disebabkan oleh kesannya yang mengingatkan pada kehidupan serta sifat-sifat kebaruan yang seringkali disamakan dengan alam. Hijau pun dapat diimplementasikan dengan mudah di seluruh ruangan.

 

Beberapa kesan yang dihadirkan, yakni antara lain dramatis, menenangkan, sehingga membuat ruangan terasa lebih sejuk. Turunan dari warna hijau, yaitu hijau limau dan hijau seledri mampu menimbulkan kelembutan dan menerangi ruangan.

 

Warna Kuning Pembangkit Kreativitas

Warna cat rumah lainnya yang kerap digunakan adalah warna kuning, Pasalnya, warna ini dianggap bisa menstimulasi perasaan bahagia dan semangat. Penggunaan warna kuning matahari justru dapat dimanfaatkan untuk membangkitkan kreativitas, meningkatkan kemampuan mengingat, hingga merangsang sistem saraf agar bekerja secara optimal.

 

Jika Anda ingin ruangan tetap gaya namun bersifat netral, tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu turunan dari warna kuning, yakni kuning muted. Warna ini pun juga bisa memberikan ilusi ruangan yang semakin luas.

 

Nah, itu tadi beberapa referensi cat rumah yang bisa Anda jadikan pilihan. Selalu ingat bahwa warna yang Anda terapkan akan memengaruhi kondisi psikologis orang-orang yang berada di ruangan tersebut. Jadi, selamat mencoba!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.