Meluncur di Jepang, Ini Varian dan Harga Toyota Yaris Cross

Toyota kembali meluncurkan SUV kompaknya di Jepang. Nah, berapa harga Toyota Yaris Cross dalam rupiah?

toyota yaris cross

Setelah meluncurkan Toyota Corolla Cross, pada 31 Agustus 2020, Toyota Motor Corporation kembali meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) model terbarunya, yakni Toyota All New Yaris Cross atau Toyota Yaris Cross.

Konsep Toyota Yaris Cross sebenarnya sudah muncul di Indonesia, yang melekat pada Toyota Yaris Heykers di tahun 2016 dan berhenti diproduksi pada tahun 2018.

Baca juga: Ini Perbedaan Fitur, Harga, dan Varian Toyota Corolla Cross

Uniknya, ketika pertama kali diluncurkan, Toyota Vitz secara resmi hanya digunakan di Jepang, sementara di Eropa mobil ini dikenal sebagai Toyota Yaris.

Lalu, di Australia, Selandia Baru, Kanada, dan beberapa negara Asia diberi nama Toyota Echo Hatchback.

Kini, nama mobil hactchback tersebut secara global disamakan menjadi Toyota Yaris. Begitu pula dengan varian kompak SUV atau cross-nya yang diberi nama Toyota Yaris Cross,

Lantas berapa harga Toyota Yaris Cross saat diluncurkan di Jepang?

toyota yaris cross

Harga Toyota Yaris Cross

Harga Toyota Yaris Cross di Jepang berkisar antara 1.798.000 yen untuk varian terendah hingga 2.815.000 yen untuk varian tertinggi.

Baca juga: Sejarah Toyota Starlet hingga Berevolusi Menjadi Toyota Yaris

Lebih lengkap berikut harga dan varian Toyota Yaris Cross.

toyota yaris cross

Kalau dikurs ke nilai rupiah saat ini, artinya harga Toyota Yaris Cross varian tertinggi sekitar Rp 386.000.000, dan untuk yang varian terendah Rp 247.000.000.

Menarik ya! Lantas apakah Toyota Yaris Cross akan hadir juga di Indonesia? Kita tunggu saja.

Satu yang pasti, yaitu PT Toyota Astra Motor lewat akun Instagram @toyotaid sudah memberikan bocoran kalau Toyota Yaris terbaru akan diluncurkan pada 8 September 2020 nanti.

toyota yaris cross

Mesin Toyota Yaris Cross

Mesin Toyota Yaris Cross di Jepang bervariasi, ada yang bensin dan hybrid. Mesin bensinnya berkode M15A-FKS berkapasitas 1.500 cc Dynamic Force Engine bertenaga 120 ps dan torsi 145 Nm dengan transmisi direct shift CVT.

Sementara untuk mesin hybrid menggunakan kapasitas 1.500 cc tiga silinder Dynamic Force Engine dengan teknologi Toyota Hybrid System II serta dikombinasikan dengan transmisi e-CVT.

Mesin ini menghasilkan tenaga 91 ps dan torsi 120 Nm. Sedangkan untuk motor listriknya menghasilkan tenaga 80 ps dan torsi 141 Nm di depan dan 5,3 ps dan torsi 5,3 Nm di belakang.

Baca juga: Fitur Toyota Sienta Welcab yang Memudahkan Penggunanya

Yaps, ada dua varian penggerak pada Toyota Yaris Cross baik mesin bensin dan hybrid, 2WD (penggerak roda depan dan 4WD (penggerak empat roda).

Toyota Yaris Cross Hybrid juga diklaim akan menjadi kompak SUV hybrid pertama dengan penggerak empat roda yang dapat diatur secara elektris sesuai medan jalan yang dilaluinya.

toyota yaris cross

Fitur keamanan Toyota Yaris Cross

Soal keamanan, fitur Toyota Yaris Cross pun dijejali dengan teknologi terkini. Selain ISOFIX serta sabuk pengaman tiga titik untuk pengemudi dan seluruh penumpang, terdapat airbag, Blind Spot Monitor, Secondary Collision Brake, dan S-VSC with lateral wind control.

Baca juga: Fitur dan Harga Kijang Innova TRD Sportivo Limited Saat Diluncurkan

Tidak hanya itu, ada juga Toyota Safety Sense yang meliputi Pre-collision Safety System, Low Speed Acceleration Control, The Emergency Steering Assist, Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist (LTA), Adaptive High-beam System (AHS), dan Road Sign Assist (RSA).

Fitur keamanan Toyota Yaris Cross tersebut akan berbeda pada tiap variannya.

Dari segi varian, mesin, dan fitur keamanan, Toyota Yaris Cross bisa dibilang yang terdepan di kelasnya. Apalagi jika ada varian 4WD hadir di Indonesia, tentu akan menjadi salah satu nilai jual yang tidak dimiliki oleh brand lain di kelas kompak SUV.