Melirik Sejarah BMW X1, SAV BMW Paling Digemari di Indonesia

By Arris Riehady - August 2, 2020

Mengapa SAV BMW ini menjadi salah satu yang paling digemari di Indonesia? Ini sejarah BMW X1 selengkapnya.

menentukan BBM yang tepat

BMW X1 menekankan konsep mobil atletis yang kompak tanpa menghilangkan unsur desain tampilan Sports Activity Vehicle (SAV) khas keluarga BMW Seri X.

Secara global, seperempat portofolio dari BMW Seri X yang terjual merupakan BMW X1. Sejak generasi pertama, BMW X1 telah terjual lebih dari 1.700.000 unit.

Sementara di Indonesia, BMW X1 menyumbang 6% dari total penjualan 2.500 unit BMW Indonesia selama 2019. Pada semester pertama 2020, BWW X1 membukukan jumlah terbanyak yakni 142 unit.

BWM X1 pun sudah dirakit secara lokal di Indonesia. Ini merupakan bukti nyata dari komitmen BMW terhadap pasar Indonesia.

Baca juga: Mengenal BMW Seri 3 dari Masa ke Masa

Pada saat yang sama, hal ini tentunya pertegas standar tinggi yang diterapkan di BMW Production Network 2, Gaya Motor Sunter, dalam hal proses, kontrol kualitas, dan teknologi terdepan.

Sebelum itu, yuk mengenal sejarah BMW X1 hingga bisa jadi SAV yang semakin digemari di Indonesia.

sejarah BMW X1

Generasi pertama

Sejarah BMW X1 dimulai ketika pertama kali mobil konsepnya dikenalkan di Paris Motor Show pada tahun 2008.

Setahun kemudian, BMW X1 dengan kode E84 resmi diluncurkan. Produksi mobil ini dimulai di pabrik BMW Leipzig bulan Oktober 2009, diikuti Chennai, India, Shenyang, China (BMW-Brilliance Automotive Ltd), dan Kaliningrad, Rusia (Avtotor).

Dari segi eksterior desainnya membulat di bagian depan dan mengotak di bagian belakang, namun tetap gahar khas SAV BMW di masa itu.

Mobil ini berbagi platform dengan BMW Seri 3 (E91) Touring sehingga memiliki wheelbase yang sama, yaitu 2.760 milimeter.

Baca juga: Keunggulan Teknologi dan Fitur BMW di X Series

Mesinnya dipasang memanjang karena mobil ini menggunakan penggerak roda belakang berkapasitas 1.500 cc dan 2.000 cc.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!