kompresor ac mobil

Cek Faktanya! AC Bikin Boros dan Letoy Mesin Mobil?

mematikan AC mobil, Cek Faktanya!

Cek Faktanya! Pernah nggak, sih, kamu merasa boros bensin saat menyalakan AC mobil? Mungkin pernah dengar mitos kalau AC mobil membuat mesin bekerja lebih berat dan boros bahan bakar. Tapi, benarkah demikian? Yuk, kita bongkar mitos dan fakta seputar pengaruh AC pada performa mobil!

Fakta: AC Memengaruhi Sedikit Konsumsi BBM

Memang benar, menyalakan AC akan sedikit meningkatkan konsumsi bahan bakar mobil. Kenapa? Karena kompresor AC membutuhkan tenaga dari mesin mobil untuk mengoperasikannya. Semakin di ngin udara yang ingin kamu capai di dalam kabin, semakin keras pula kompresor AC bekerja dan semakin banyak pula energi yang di ambil dari mesin. Peningkatan konsumsi bahan bakar ini biasanya berkisar antara 5-10%.

Tapi, Nggak Perlu Matikan AC Selalu!

Meskipun membuat sedikit boros bensin, kamu tidak perlu selalu mematikan AC mobil saat berkendara. Apalagi di negara beriklim tropis seperti Indonesia di mana cuaca panas hampir sepanjang tahun. Menyetir dalam keadaan kepanasan bisa membuat kamu tidak fokus dan mudah lelah saat mengemudi. Selain itu, membuka jendela mobil juga bisa meningkatkan hambatan angin dan malah bisa membuat konsumsi BBM semakin boros.

Baca Juga : Tak Perlu Mahal, Dapatkan Vios Pilihanmu di SEVA dengan Harga Bersahabat

Tips Hemat BBM Meski Pakai AC

Kalau kamu tetap ingin menikmati kenyamanan AC tapi juga ingin irit bahan bakar, ada beberapa tips yang bisa kamu praktekkan:

  • Rawat AC secara rutin. AC yang tidak terawat akan bekerja lebih berat dan membutuhkan lebih banyak energi. Lakukan service AC mobil secara perkala untuk menjaga performanya.
  • Gunakan suhu AC yang wajar. Semakin di ngin suhu yang di atur, semakin banyak energi yang di butuhkan AC. Atur suhu AC pada tingkat yang masih nyaman untukmu, biasanya sekitar 24-26 derajat Celcius.
  • Jangan biarkan mesin mobil idle lama saat AC menyala. Membiarkan mobil idle dalam waktu lama tidak baik untuk mesin dan juga boros bahan bakar. Jika kamu harus parkir lama dan ingin tetap menikmati AC, aktifkan fitur idle stop & start (jika mobilmu memilikinya).

Kesimpulan

Menyalakan AC memang sedikit mempengaruhi konsumsi bahan bakar mobil. Namun, hal ini tidak perlu di jadikan alasan untuk selalu mematikan AC dan mengorbankan kenyamanan kamu saat berkendara. Dengan menerapkan tips hemat di atas, kamu tetap bisa menikmati sejuknya AC tanpa khawatir kantong jebol!

Selamat berkendara dengan nyaman!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *