Melirik Calon Mobil Dinas Presiden Jokowi, Bermesin Buas dan Tahan Bom

BMW sebagai salah satu peserta tender mobil dinas presiden menghadirkan mobil dengan kualitas paling atas di kelasnya. Bagaimana spesifikasi BMW Series 7 sebagai calon mobil presiden itu?

Seperti yang diketahui BMW Group menjadi salah satu peserta tender mobil dinas presiden yang dilakukan oleh Sekretariat Negara beberapa waktu lalu. Di ajang tender ini, BMW menawarkan mobil seri tertingginya yang sudah didesain sejak tahun 2005 oleh Karim Habib, Head of BMW Designer, yaitu BMW Seri 7 Security Vehicle F02.

 

Mobil yang diklam sebagai tipe tertinggi di kelasnya, ditawarkan untuk digunakan oleh Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin sebagai mobil dinas kepresidenan.

 

Dengan dibekali desain yang keren dan keamanan yang super canggih, BMW juga telah mengantongi berbagai kriteria umum mobil yang layak untuk presiden, seperti antipeluru, antiranjau, dan kebal terhadap bom.

 

Kira-kira seperti apa spesifikasi BMW Seri 7 Security Vehicle F02 secara khusus? Simak uraian Seva.id berikut ini.

Eksterior

Bagian eksterior merupakan bagian yang paling pertama dilihat. Di bagian ini, BMW mendesain semua mobil yang ada di seri 7 dengan desain yang tajam namun tetap menunjukkan sisi elegan melalui guratan halus di sisi bagian depan.

 

Mobil yang didesain sejak 2005 lalu dan diproduksi pada 2008, menghadirkan generasi pertamanya, yaitu F01 dan f02, yang menjadi generasi paling baru.

 

Dikutip dari Okezone.com, bagian eksterior yang paling kentara dari mobil F02 terbaru ini ialah bagian depan. Mobil tersebut telah mengalami perubahan facelift dengan menambah grill dan ukuran sedikit lebih panjang.

Dapur pacu

BMW Series 7 Security Vehicle F02  juga dibekali dengan dapur pacu yang buas. Untuk tipe ini sendiri, BMW menghadirkan tiga mesin besar dengan performa layaknya supercar, yakni V12 6,0 liter, V8 berkapasitas 4,4 liter, dan I8 dengan kapasitas 3,0 liter.

 

Dengan mesin yang gahar tersebut, BMW Series 7 Security Vehicle F02  bisa melesat dengan cepat, khususnya presiden, yang ada di dalamnya untuk lolos dari serangan yang mengintai keselamatannya saat berkendara.

 

Melalui kekuatan dapur pacu yang dibekalinya, BMW juga menunjukkan bahwa calon mobil RI1 tak kalah unjuk gigi dengan mobil saingannya, yang sudah lebih dulu jadi mobil dinas , yaitu Mercedes-Benz S600.

Fitur keamanan kelas atas

Bicara soal fitur keamanannya, BMW juga banyak menawarkan berbagai fasilitas keamanan di dalamnya. Selain beberapa fitur keamanan yang disingung sebelumnya, secara khusus BMW menghadirkan desain mobil BMW Security Vehicle yang bisa menghalau tiga risiko besar. Misalnya, tindakan kriminal dari peluru nyasar kaliber 0,44 magnum, peluru sekelas AK-47, dan ledakan granat.

 

Diketahui dari berbagai sumber, sedan terbaik di kelasnya ini sudah lolos uji balistik level VR9. Baja balistik berada  di kerangka mobil sehingga bisa mengamankan penumpang dari tubrukan, tembakan, dan pengeboman yang tak akan membuat mobil rusak atau tembus ke penumpang.

 

Simak video di bawah untuk melihat kemampuan BMW Series 7 Security Vehicle F02:

 

Lalu, keamanan standar internasional lainnya yang ada di BMW Series 7 Security Vehicle F02 yang ada seperti roda dan ban yang bisa berjalan, walaupun bocor. Selain itu, ada juga tabung oksigen darurat di bagian kabin mobil seperti mobil dinas Presiden AS Donald Trump, “The Beast”.

 

Jadi, dengan spesifikasi BMW Series 7 Security Vehicle tersebut apakah BMW sudah layak jadi mobil dinas presiden Joko Widodo?